Perlu Dicarikan Solusi Transportasi untuk Wisatawan Jika Bandara Ditutup

yoseph umarhadi di rumahnya

Yoseph Umarhadi (kanan) (Ist)

Pemerintah perlu memikirkan untuk mencari solusi transportasi alternatif bagi wisatawan jika bandar udara yang ada di sekitar destinasi wisata di Indonesia ditutup karena terjadi erupsi gunung berapi.

Dengan menyediakan kemudahan transportasi darat atau laut maupun kereta api akan membuat wisatawan bisa segera keluar dari bandara untuk menuju daerah terdekat yang tidak mengalami dampak erupsi gunung berapi dan kembali ke tujuan masing-masing, termasuk turis asing juga bisa kembali ke negara mereka masing-masing.

Demikian tanggapan anggota Komisi V DPR Yoseph Umarhadi ketika dihubungi patainanews.com pada hari ini (13/12/2015). Seperti diketahui belum lama ini, Gunung Baru Jari di Lombok mengalami erupsi dan berdampak terhadap Bandara Internasional Lombok (BIL) dan Bandara Ngurah Rai di Bali.

Letusan Gunung Baru Jari, yang merupakan anak Gunung Rinjani, mengakibatkan hujan abu di tujuh desa dan penutupan sementara bandara di Denpasar dan Lombok.

“Pemerintah harus menyediakan transportasi darat, laut maupun kereta api untuk mengangkut keluar wisatawan yang ada di bandara. Namun, sebelum diangkut keluar bandara, selama wisatawan masih ada di bandara, maka kebutuhan wisatawan harus dilayani dengan baik agar mereka tidak mengalami trauma,” ucap Yoseph yang juga politisi PDI Perjuangan ini. (Gabriel Bobby)

 

 



About author



You might also like

Tourism

DPR Dukung Menteri Pariwisata Datangkan 20 Juta Wisman

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mendukung upaya Menteri Pariwisata Arief Yahya yang berusaha mewujudkan target Presiden Joko Widodo untuk mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia hingga 2019 mendatang. Demikian

Travel Operator

Banten Andalkan Tanjung Lesung Memikat Wisman

Direktur Utama PT Banten West Java (BWJ) Poernomo Siswoprasetijo (kiri), Staf Ahli Menteri Pariwisata Bidang Multikultural Esthy Reko Astuty, dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banten Eneng Nurcahyari (kedua dari kanan) Banten

Tourism

Menanti PATA Travel Mart 2016

  Chairman PATA Indonesia Chapter SD Darmono Indonesia tahun depan mendapatkan kepercayaan menjadi tuan rumah pameran pariwisata dan kegiatan perdagangan bertaraf internasional yang diselenggarakan oleh Pacific Asia Travel Association (PATA).

Destinations

Batik Khas Karawang Bakal Mendunia

Press conference Karawang Fashion Culture 2018 Pemerintah kabupaten Karawang mendukung Karawang Fashion Culture 2018 yang merupakan upaya desainer nasional Handy Hartono memperkenalkan Batik khas Karawang ke masyarakat Indonesia hingga dunia.

Cuisine

Menteri Pariwisata Gencar Promosikan Wisata Bahari RI

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kemeja batik) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya mempromosikan 10 destinasi pariwisata bawah laut Indonesia kepada sekitar 200 pelaku industri marine tourism Asia dalam event ADEX –Asian

Destinations

Agustus, Lomba Foto Bawah Laut di Lembata

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) merencanakan akan menggelar lomba foto bawah laut internasional pada bulan ini. Adapun kegiatan itu akan dilakukan di Lembata nanti tanggal 22 hingga 25 Agustus.