Perlu Upaya Bersama Pertahankan Pertumbuhan Tinggi Pariwisata ASEAN dengan MRA TP

acara kemenpar

Jumpa Pers MRA TP (Ist)

Perlu upaya bersama untuk mempertahankan pertumbuhan pariwisata ASEAN yang meningkat, antara lain melalui peningkatan layanan pariwisata berkualitas oleh tenaga profesional sebagaimana diharapkan dalam implementasi MRA TP (Mutual Recognition Arrangement on Tourism Professional).

“Tingginya pertumbuhan pariwisata ASEAN yang dalam lima tahun terakhir ini mencapai 8% membawa dampak terhadap meningkatnya permintaan tenaga profesional. Namun di sini lain, penyebaran tenaga profesional pariwisata di ASEAN belum merata. Forum menyarankan agar dilakukan studi tentang kesenjangan keterampilan serta mengidentifikasi langkah-langkah MRA TP terkait untuk mengisi kesenjangan tersebut,” demikian salah satu joint media statement Konferensi ASEAN MRA TP yang dibacakan Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan Kementerian (Kemenpar) Ahman Sya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Selasa (9/8/2016).

Ahman Sya mengatakan, untuk meningkatkan tenaga profesional pariwisata di negara anggota ASEAN perlu memfasilitasi dan mendukung partisipasi potensi pelatihan dan institusi pendidikan negara masing-masing.

Selain itu, perlu memperkuat kolaborasi antara industri, pelatihan dan lembaga pendidikan, dan pemerintah melalui Dewan Profesional Pariwisata Nasional (NTPB) di negara masing-masing untuk memfasilitasi pertukaran praktik terbaik, menyelaraskan dan memperbarui kompetensi pariwisata regional atau internasional

“Tenaga profesional pariwisata bersertifikat di bawah MRA TP akan mendukung negara anggota dalam mengembangkan ASEAN menjadi tujuan pariwisata kualitas seperti yang ditunjukkan dalam Rencana ASEAN Tourism Strategic 2016-2025,” kataAhman Sya.

Adapun Konferensi ASEAN MRA-TP yang berlangsung dua hari (8-9/8/2016) dibuka secara resm ioleh Menteri Pariwisata Arief Yahya yang pada kesempatan tersebut sekaligus meluncurkan implementasi rencana kerja MRA 2016-2025 untuk profesional di bidang pariwisata.

Arief Yahya mengatakan, konferensi MRA TP menjadi sarana penting dalam mempromosikan dan memperkenalkan sistem registrasi tenaga kerja bidang pariwisata atau ASEAN Tourism Professional Registration System(ATPRS) di tengah Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

“Pengenalan ATPRS diharapkan dapat memicu rekrutmen tenaga kerja Indonesia maupun negara anggota ASEAN dari asosiasi hotel dan profesional pariwisata serta dapat meningkatkan kapasitas kemandirian dari sekretariat regional,” kata Arief Yahya.

Adapun ASEAN MRA merupakan pengaturan antarnegara ASEAN yang dirancang untuk memfasilitasi pergerakan tenaga kerja yang berkualitas dan bersertifikat antarnegara anggota ASEAN.

“Saat ini tenaga kerja pariwisata Indonesia yang sudah tersertifikasi sebanyak 288.000 tenaga kerja dan program sertifikasi ini terus dilakukan,” katanya.

Konferensi MRA TP yang diikuti 500 peserta dan dihadiri Menteri Pariwisata dan Kebudayaan Malaysia Dato Seri Mohamed Nazri Abdul Aziz. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Destinations

Mengenal Indonesia di Museum

Museum Nasional (Ist) Berkunjung ke museum ketika akhir pekan sepertinya menjadi hal menarik bagi sebagian orang di kota-kota besar, seperti Jakarta. Tak salah memang mencoba jalan-jalan ke museum untuk mengetahui

All About Indonesia

Ayu Hermanu Juara Alfamidi Womanpreneur Award 2017

Ayu Hermanu (kiri) (Ist) Traveling ternyata bisa menciptakan peluang bisnis. Ya, bermula dari suka traveling bersama keluarga keliling berbagai destinasi wisata di Indonesia menimbulkan ide bisnis bagi Ayu Hermanu. Sosok

Tour Package

Taiwan Travel Fair Didukung Travel Agent Indonesia

Taiwan (Ist) Saat pemerintah tengah bekerja keras merealisasikan target Presiden Jokowi bisa mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara berkunjung ke Indonesia hingga 2019 mendatang, negara lain juga gencar melakukan promosi pariwisata

Festival

Akhir Pekan Traveling ke Pulau Pahawang

Pasir putih yang bersih menggoda wistawan untuk bermain di bibir pantai Pulau Pahawang (A Bobby Pr) Masih ingat film Finding Nemo? Film itu mengisahkan petualangan Ikan Nemo dan Ikan Dori.

Destinations

KORG Butuh Bantuan Menteri Pariwisata Promosikan Budaya Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) KORG Indonesia mengaku membutuhkan bantuan Menteri Pariwisata Arief Yahya untuk ikut mempromosikan beragam budaya Indonesia hingga ke mancanegara. Upaya KORG Indonesia ikut mempromosikan budaya negeri

Tourism

PATA Travel Mart 2016 di ICE Bukti Kesiapan Pariwisata Indonesia Sambut Wisatawan Mancanegara

Segera ikut PATA Travel Mart 2016 (Ist) Acara bergengsi The 39th PATA Travel Mart (PTM) 2016 akan diselenggarakan di Indonesia, tepatnya di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Banten. Event