Pertamina Dukung Pelestarian Ekosistem Kepulauan Seribu

WhatsApp Image 2017-09-26 at 21.21.42

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist)

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) pada 26 hinnga 27 September 2017. Dalam Rakornas ini, salah satu agenda adalah semangat Indonesia Incorporated dalam penandatanganan kerja sama Kemenpar, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta PT Pertamina untuk destinasi Kepulauan Seribu. 

Dalam kerja sama ini, PT Pertamina berkomitmen untuk turut melestarikan ekosistem di sekitar Kepulauan Seribu dengan menjaga biota laut indah se­perti terumbu karang dan ikan serta menanam mangrove yang akan menarik pengunjung dan meningkatkan ekowisata.
 
“Kami dari Pertamina ingin turut berpartisipasi dalam menjaga alam sekaligus pariwisata. Kita semua menyadari, saat ini wisatawan mancanegara maupun domestik tertarik dan selalu ingin kembali ke alam. Jika alam sudah menye­diakan ekosistem, maka tugas kita menjaga dan me­ningkatkan kualitasnya se­hingga alam akan tetap ter­jaga keberlangsungannya,” ujar Direktur Utama PT Pertamina Elia Massa Manik saat dihubungi, Minggu (24/9/2017).
 
Menurutnya, keindahan alam ini pada akhirnya juga dapat dimanfaatkan sebagai ekowisata dan membuka lapangan kerja bagi penduduk sekitar sehingga dapat me­ningkatkan perekonomian masyarakat kepulauan. Dia mengatakan, Pertamina sebagai bagian dari masyarakat Kepulauan Seribu menyadari bahwa tugas men­jaga dan meningkatkan kualitas lingkungan adalah bagian dari kinerja Pertamina.

Karenanya Pertamina juga melakukan penanaman 10.000 pohon bibit mangrove dan pengadaan 100 tempat sampah organik dan non organik di Pulau Pramuka. “Jika selama ini kami menjalankan operasional kami dengan berhati-hati agar selalu ramah lingkungan, kali ini kami mengambil ba­gian untuk meningkatkan kualitas lingkungan dengan mendukung aktivitas eko­wisata di Kepulauan Seribu. Kami berharap dukungan ini akan memberikan dampak positif bagi lingkungan Kepulauan Seribu tidak hanya bagi ekosistem lautnya tapi juga kepada masyarakat yang merasakan efek dari peningkatan wisata di Kepulauan Seribu,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Senin (25/9/2017). 
 
Dalam implementasinya, nanti nelayan dan pemandu wisata akan dilibatkan sebagai jaringan pemelihara rumah ikan sekaligus sebagai sasaran edukasi mengenai pentingnya menjaga habitat ikan yang baru agar tetap steril bagi kegiatan perikanan dan wisata selama satu tahun penuh masa pertumbuhan dan perawatan koloni rumah ikan ini.
 
Sementara Menteri Pariwisata Arief Yahya Arief Yahya berharap semua pihak, termasuk BUMN terus mencari titik sinergi yang saling menguntungkan, dengan sektor pariwisata dan masyarakat. Ekosistem pariwisata itu harus dibangun bersama, dengan pentahelix, yakni Akademician, Business, Community, Government dan Media.

“Dan selalu menggunakan prinsip, semakin dilestarikan, semakin mensejahterakan,” kata Arief Yahya. Pembenahan taman nasional itu, menurut Arief Yahya, menggunakan prinsip-prinsip pengembangan pariwisata berkelanjutan sesuai rujukan dari Badan PBB untuk Pariwisata Dunia (UNWTO).

“Hutan tropis dan taman nasional memiliki nilai lebih buat Wonderful Indonesia dalam pelestarian alam,” pungkas Menpar Arief Yahya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Investments

HUT ke-23 Pelindo III, Dedikasi untuk Negeri

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III memperingati hari ulang tahunnya yang ke-23 pada 1 Desember 2015. BUMN kepelabuhanan tersebut kini telah memiliki 17 kantor cabang yang mengelola 43 pelabuhan di tujuh

Cuisine

2017, Sumsel Incar Kunjungan Turis Tiongkok ke Palembang

Gubernur Sumsel Alex Noerdin (kedua dari kanan) (Ist) Pemerintah provinsi Sumatera Selatan berupaya menarik kunjungan wisatawan asal Tiongkok untuk berkunjung ke Palembang pada 2017 mendatang. Adapun maskapai penerbangan nasional, PT

Culture

Kepulauan Seribu, Destinasi Wisata Bahari di Jakarta

Wisatawan ke Kepulauan Seribu (Ist) Daya tarik Jakarta tak hanya sekadar untuk wisata belanja sebab Ibukota RI ternyata juga memiliki destinasi wisata bahari yang tak kalah dengan destinasi lainnya di

Nature

Tiket Pesawat Mahal Dinilai Hambat Ekonomi RI

LA Hadi Faishal (Ist) Ketua Dewan Penasehat Asosiasi Perusahaan Perjalanan Indonesia (Asita) Nusa Tenggara Barat Lalu Abdul Hadi Faishal menegaskan bahwa ia masih menunggu realisasi harga tiket pesawat kembali normal.

Cuisine

Menteri Pariwisata Apresiasi Komitmen Provinsi Babel Jadikan Pariwisata Sektor Unggulan

Menteri Pariwisata Arief Yahya saat acara Peluncuran Toboali City On Fire di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Rabu (17/7/2019) (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengapresiasi komitmen para kepala daerah di

Tour Package

Polygon Dukung Kemajuan Sport Tourism Indonesia

Tour De Maninjau (Ist) Tidak bisa dipungkiri, pariwisata menjadi salah satu  industri penggerak perekonomian Indonesia. Salah satu pariwisata yang terus dikembangkan untuk menunjang perekonomian daerah adalah wisata olahraga (sport tourism).