Pertamina Dukung Pelestarian Ekosistem Kepulauan Seribu

WhatsApp Image 2017-09-26 at 21.21.42

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist)

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) pada 26 hinnga 27 September 2017. Dalam Rakornas ini, salah satu agenda adalah semangat Indonesia Incorporated dalam penandatanganan kerja sama Kemenpar, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta PT Pertamina untuk destinasi Kepulauan Seribu. 

Dalam kerja sama ini, PT Pertamina berkomitmen untuk turut melestarikan ekosistem di sekitar Kepulauan Seribu dengan menjaga biota laut indah se­perti terumbu karang dan ikan serta menanam mangrove yang akan menarik pengunjung dan meningkatkan ekowisata.
 
“Kami dari Pertamina ingin turut berpartisipasi dalam menjaga alam sekaligus pariwisata. Kita semua menyadari, saat ini wisatawan mancanegara maupun domestik tertarik dan selalu ingin kembali ke alam. Jika alam sudah menye­diakan ekosistem, maka tugas kita menjaga dan me­ningkatkan kualitasnya se­hingga alam akan tetap ter­jaga keberlangsungannya,” ujar Direktur Utama PT Pertamina Elia Massa Manik saat dihubungi, Minggu (24/9/2017).
 
Menurutnya, keindahan alam ini pada akhirnya juga dapat dimanfaatkan sebagai ekowisata dan membuka lapangan kerja bagi penduduk sekitar sehingga dapat me­ningkatkan perekonomian masyarakat kepulauan. Dia mengatakan, Pertamina sebagai bagian dari masyarakat Kepulauan Seribu menyadari bahwa tugas men­jaga dan meningkatkan kualitas lingkungan adalah bagian dari kinerja Pertamina.

Karenanya Pertamina juga melakukan penanaman 10.000 pohon bibit mangrove dan pengadaan 100 tempat sampah organik dan non organik di Pulau Pramuka. “Jika selama ini kami menjalankan operasional kami dengan berhati-hati agar selalu ramah lingkungan, kali ini kami mengambil ba­gian untuk meningkatkan kualitas lingkungan dengan mendukung aktivitas eko­wisata di Kepulauan Seribu. Kami berharap dukungan ini akan memberikan dampak positif bagi lingkungan Kepulauan Seribu tidak hanya bagi ekosistem lautnya tapi juga kepada masyarakat yang merasakan efek dari peningkatan wisata di Kepulauan Seribu,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Senin (25/9/2017). 
 
Dalam implementasinya, nanti nelayan dan pemandu wisata akan dilibatkan sebagai jaringan pemelihara rumah ikan sekaligus sebagai sasaran edukasi mengenai pentingnya menjaga habitat ikan yang baru agar tetap steril bagi kegiatan perikanan dan wisata selama satu tahun penuh masa pertumbuhan dan perawatan koloni rumah ikan ini.
 
Sementara Menteri Pariwisata Arief Yahya Arief Yahya berharap semua pihak, termasuk BUMN terus mencari titik sinergi yang saling menguntungkan, dengan sektor pariwisata dan masyarakat. Ekosistem pariwisata itu harus dibangun bersama, dengan pentahelix, yakni Akademician, Business, Community, Government dan Media.

“Dan selalu menggunakan prinsip, semakin dilestarikan, semakin mensejahterakan,” kata Arief Yahya. Pembenahan taman nasional itu, menurut Arief Yahya, menggunakan prinsip-prinsip pengembangan pariwisata berkelanjutan sesuai rujukan dari Badan PBB untuk Pariwisata Dunia (UNWTO).

“Hutan tropis dan taman nasional memiliki nilai lebih buat Wonderful Indonesia dalam pelestarian alam,” pungkas Menpar Arief Yahya. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

Heritage

Wonderful Joy Flight, Cara Helicity Promosikan Wonderful Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan CEO PT Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja (Ist) Manajemen PT Whitesky Aviation telah resmi menjadi official partner Wonderful Indonesia. Karenanya CEO

Slideshow

PT Pelindo III Borong Penghargaan Pelayanan Prima Sektor Transportasi

PT Pelindo III mendapat penghargaan dari Kementerian Perhubungan yang diserahkan langsung Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Ist)  Kinerja pelayanan PT Pelabuhan Indonesia III mendapat apresiasi dari Kementertian Perhubungan (Kemenhub).  Apresiasi

Slideshow

Pariwisata Indonesia, Primadona Baru Perekonomian Nasional

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya menyampaikan pariwisata Indonesia kini menjadi primadona baru perekonomian nasional. Hal tersebut disampaikan Arief Yahya dalam konferensi pers 3 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Slideshow

Menentukan Gaya Hidup di Usia Emas

Senior Living (Ist) Ayo daftarkan diri Anda dalam Gathering ‘Senior Living & Baby Boomer Lifestyle’. Membahas segala sesuatu yang harus direncanakan oleh Senior dalam menentukan gaya hidup di usia emas.

Travel Operator

BNI Ikut Promosikan Pariwisata Kota Tua

Gedung BNI di kawasan Kota Tua (Ist) Bank pelat merah, PT Bank Negara Indonesia (BNI) mengaku ikut serta mempromosikan destinasi wisata Kota Tua Jakarta sehingga wisatawan pun semakin tertarik berkunjung

Heritage

Sambut HUT RI ke-72, Hotel Horison NJ Semarang Tawarkan Promo Menarik

Promo Hotel Horison NJ Semarang (Ist) Dalam rangka memperingati Kemerdekaan RI ke-72, Hotel Horison NJ Semarang kembali menghadirkan berbagai promo menarik, dari promo kamar hingga Food & Beverage dengan mengangkat