Pertumbuhan Pariwisata RI di Atas ASEAN

keris

Indonesia menjadi daya tarik wisatawan mancanegara sehingga Bali sudah dikenal di dunia. Banyak turis asing yang berkunjung ke Pulau Dewata termasuk melihat Keris Bali (www.ninaflynnphotography.com)

Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia  selama satu tahun, mulai Januari hingga Desember 2015 lalu,  mencapai 10.406.759 wisman atau melampaui target yang ditetapkan sebesar 10 juta wisman serta angka proyeksi sebesar 10,017 juta wisman.

Data BPS dan Asdep Penelitian dan Pengembangan Kebijakan Kepariwisataan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menyebutkan, jumlah kunjungan wisman tahun lalu sebesar 10.406.759 wisman terdiri atas wisman melalui 19 pintu masuk (19 point of entry) sebagai foreign visitor sebanyak 9.729.350 wisman atau sebesar 93,49%, lewat pintu perbatasan atau foreigners who enter througt the cross border post sebanyak 370.869 wisman  atau 3,56%, dan kunjungan singkat wisman selama setahun atau other short foreigner visitors in 1 year sebanyak 306.540 wisman  atau sebesasr 2,95%.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam jumpa pers akhir tahun belum lama ini menyampaikan angka proyeksi kunjungan wisman 2015 sebesar 10,017 juta atau tumbuh 7,2%.

Dari angka estimasi  tersebut perolehan devisa pariwisata mencapai US$11,9 miliar atau setara Rp163 triliun dengan perhitungan bahwa rata-rata lama tinggal wisman selama berlibur di Indonesia adalah 8,50 hari dengan pengeluaran sebanyak US$1.190/wisman per kunjungan.

Arief Yahya menyambut baik dengan capaian  kunjungan wisman 2015 sebesar 10,4 juta wisman atau di atas target dengan angka estimasi pertumbuhan 7,2%. Pertumbuhan pariwisata Indonesia tahun 2015 sebesar 7,2% ini di atas pertumbuhan pariwisata dunia sebesar 4,4% dan pertumbuhan pariwisata kawasan ASEAN sebesar 6%.

“Pertumbuhan pariwisata Indonesia jauh lebih baik dibandingkan negara kompetitor Malaysia (pada Januari-Juni 2015 minus -9,4%), dan Singapura (Januari-Desember 2015 tumbuh nol persen), sedangkan Thailand  tumbuh di atas kita sebesar 23% (Januari-Desember 2015),” kata Arief Yahya.

Menpar menjelaskan lebih jauh, pertumbuhan pariwisata 2015 akan menjadi pemicu dalam upaya meraih target kunjungan wisman 2016 sebesar 12 juta wisman,”Target pertumbuhan pariwisata tahun 2016 sebesar 20% berarti empat kali lipat dari pertumbuhan perekonomian nasional sehingga percepatan akselerasi harus dilakukan,” kata  Arief Yahya.

Langkah percepatan akselerasi pariwisata dilakukan antara lain dengan mengembangkan 10 destinasi wisata prioritas (Borobudur, Mandalika, Labuhan Bajo, Bromo-Tengger-Semeru, Kepulauan Seribu, Toba, Wakatobi, Tanjung Lesung, Morotai, dan Tanjung Kelayang) menggunakan konsep single destination single management.

Untuk ini pemerintah akan membentuk badan otoritas nasional dalam mengelola destinasi prioritas tersebut. Struktur badan otoritas tersebut akan terdiri Dewan Pengarah Menko Maritim, Ketua Harian Menpar dengan anggota menteri-menteri terkait termasuk Menpan.

“Dari 10 destinasi prioritas ini kita proyeksikan akan diperoleh  8,5 juta wisman,” kata Arief Yahya seperti dikutip dari press release yang diterima patainanews.com, Senin (1/2/2016).

Adapun terobosan regulasi dilakukan pemerintah dengan  memperbanyak pemberian Bebas Visa Kunjungan (BVS) yang saat ini sebanyak 90 negara (Perpres No 104 Tahun 2015)  tahun ini direncanakan akan ditambah menjadi 174 negara.

Dengan kebijakan BVK ini  diproyeksikan   akan meningkatkan 1 juta wisman dengan devisa sebesar US$ 1miliar pada tahun ini. Deregulasi pariwisata dengan menghapus Clearance Approval for Indonesia Teritory (CAIT/Perpres 105 Tahun 2015) akan meningkatkan jumlah kunjungan perahu pesiar (yacht) ke Indonesia.

Diproyeksikan dalam lima tahun ke depan jumlah kunjungan yacht akan mencapai 5.000 perahu pesiar dengan perolehan  devisa sebesar US$  500 juta.

Sementara deregulasi terhadap azas cabotage untuk cruise atau kapal pesiar asing, dengan membolehkan penumpang naik dan turun di lima pelabuhan di Indonesia, yaitu Belawan, (Medan), Tanjung Priok (Jakarta), Tanjung Perak (Surabaya), Benoa (Bali) dan Soekarno-Hatta (Makassar) akan mendorong naiknya kunjungan wisman kapal pesiar ke Indonesia yang diproyeksikan tahun 2019  jumlah kunjungan cruise asing ke Indonesia mencapai 1.000 kapal pesiar dengan perolehan  devisa mencapai US$ 300 juta.

Target Pariwisata 2016

Target pariwisata tahun 2016  ditetapkan jumlah kunjungan wisman sebesar 12 juta dengan devisa yang dihasilkan diproyeksikan sebesar Rp172 triliun, jumlah perjalanan wisatawan nusantara (wisnus) sebanyak 260 juta perjalanan dengan uang yang dibelanjakan sebesar Rp223,6 triliun sehingga kontribusi pariwisata terhadap perekonomian (PDB) nasional meningkat menjadi 5%, dan jumlah lapangan kerja yang diciptakan menjadi 11,7 juta tenaga kerja.

Sedangkan capaian pariwisata  2015 adalah  jumlah kunjungan wisman sebanyak 10,4 juta,  jumlah perjalanan wisnus 255 juta,  kontribusi pariwisata terhadap PDB Nasional sebesar 4 %, devisa yang dihasilkan sekitar Rp155 triliun, dan lapangan kerja yang diciptakan sebanyak 11,3 juta, angka indek  daya saing naik signifikan 20 poin menjadi ranking 50 dari 141 negara.

Sementara target pariwisata  2019 ditetapkan, yakni  kontribusi terhadap perekonomian (PDB) nasional sebesar 8%, devisa yang dihasilkan sebesar Rp 240 triliun, menciptakan lapangan kerja di bidang pariwisata  sebanyak 13 juta orang, target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sebanyak 20 juta wisman dan pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) sebanyak 275 juta, serta indeks daya saing pariwisata Indonesia berada di ranking 30 dunia. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Heritage

Pelindo III Kembangkan Wisata Bahari Indonesia

  Djarwo Surjanto (Ist) Manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III menyatakan komitmen penuh ikut mengembangkan potensi pariwisata nasional, termasuk wisata bahari sehingga ikut serta mendukung pemerintah mengembangkan pariwisata negeri ini

Nature

Erupsi Gunung Agung, Bandara Ngurah Rai Ditutup

Gunung Agung di Bali (Ist) Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali terhitung mulai hari ini, 28 November 2017 ditutup. Mulai pukul 07.00 WITA hingga pukul 07.00 WITA Rabu, 29 November 2017.

Nature

Danau Toba Menggoda Wisatawan

Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Nurhajizah Marpaung memberikan sambutan pada Launching Calendar of Event Pariwisata Danau Toba 2017, yang diselenggarakan di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta

Heritage

Libur Akhir Tahun ke Bali Nikmati Denpasar Festival 2016

Launching Denpasar Festival 2016 (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya diwakili Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Dadang Rizki Ratman bersama Walikota Denpasar I B Rai Dharmawijaya Mantra melakukan launching

Slideshow

WKB Kian Diminati Masyarakat

  Kuliner khas di WKB (Ist) Keberadaan Warteg Kharisma Bahari (WKB) semakin diminati masyarakat. Kuliner khas Tegal, Jawa Tengah ini buktinya disukai etnis lain, seperti dari Sumatera Utara dan Sumatera

Indonesiaku

Wartawan Tiongkok Terkesan Sepak Bola Gajah

PWI berkunjung ke Tiongkok (Ist) Jianhua Chen tak menyangka ada kesebelasan sepak bola gajah di Lampung. Awalnya, Sekretaris Jenderal Asosiasi Wartawan Zhejiang ini mengira cerita soal sepakbola gajah yang disampaikan