Pesona Kota Lama Semarang Menarik Wisatawan

WhatsApp Image 2017-08-09 at 13.27.42

Press Conference Indonesia Travel Mart 2017 (Ist)

Semarang di Jawa Tengah termasuk dalam 10 Bali Baru, yakni Joglosemar (Jogja, Solo, Semarang) dan begitu banyak potensi pariwisata yang tersebar di Ibu Kota Jawa Tengah itu.

Tak hanya itu, Joglosemar juga didukung budaya khas Jawa, dan kearifan lokal yang bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Adapun destinasi wisata Semarang di Jawa Tengah semakin dikenal sejak pemerintah menetapkan Semarang masuk dalam Joglosemar yang merupakan bagian dari 10 Bali baru, yakni 10 destinasi wisata prioritas yang dikembangkan dan dipromosikan pemerintah hingga ke mancanegara.

Pemerintah diketahui serius dan tengah gencar mengembangkan dan mempromosikan 10 Bali baru, termasuk Joglosemar guna menarik minat kunjungan wisatawan mancanegara agar bisa memenuhi target Presiden Jokowi bisa mendatangkan 20 juta turis asing hingga 2019 mendatang.

Sejumlah destinasi wisata di Semarang yang dikenal seperti Kelenteng Sam Poo Kong, dan Lawang Sewu. Semarang rupanya masih memiliki destinasi wisata yang tak kalah menarik, yakni kawasan Kota Lama. Hal tersebut disampaikan Robertus Wahyu W, Ketua DPD ASPPI Jateng kepada patainanews.com di sela-sela Indonesia Travel Mart 2017 yang digelar DPP ASPPI di Jakarta, Rabu (9/8/2017).

“Kota Lama Semarang bisa menjadi pilihan destinasi wisata yang menarik untuk wisatawan yang berkunjung ke Semarang,” ujarnya. Menurutnya, kawasan Kota Lama Semarang perlu terus dipromosikan sehingga semakin banyak turis yang tertarik berkunjung ke Semarang.

Berdasarkan catatan patainaews.com, di kawasan Kota L:ama Semarang ada Gereja Blenduk. Menariknya kawasan Kota Lama memikat hati traveler sebab kawasan Kota Lama menyimpan banyak potensi wisata dan budaya yang tak boleh dilewatkan selama traveler tengah berkunjung ke Semarang.

Tak hanya Gereja Blenduk sebab masih ada Kampung Batik Semarang. Ya, Kampung Batik Semarang bisa dibilang menjadi bukti budaya Jawa masih dipertahankan di Semarang. Adapun Kampung Batik Semarang letaknya tidak jauh dari Hotel Horison NJ Semarang.

Di Kampung Batik Semarang, wisatawan bisa belajar membuat batik. Di Kampung Batik Semarang, traveler juga bisa membeli batik khas Semarang. Batik yang ada di Kampung Batik Semarang merupakan batik khas Semarang lantaran keberadaan Kampung Batik Semarang di Kota Lama sudah sejak lama ada di Semarang.

Di Kampung Batik Semarang, wisatawan juga bisa belajar mengenai sejarah kota Semarang. Ada Stasiun Tawang Semarang yang memudahkan traveling yang berkunjung ke Semarang dengan menggunakan jasa transportasi kereta api. 

Kampung Batik Semarang bisa dibilang memang menjadi saksi bisu perjalanan panjang kota Semarang, termasuk dalam sektor pariwisata dan budaya. Masih ada Pasar Semawis yang identik dengan kawasan Pecinan Semarang yang terkenal dengan wisata kuliner. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Airlines

Melestarikan Tenun Ikat dan Parade Pesona Kebangsaan 2017

Launchig Festival Tenun Ikat dan Parade Pesona Kebangsaan 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Jumat (12/5/2017) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Gubernur

Festival

Avy Loftus Siap Promosikan Batik ke Eropa

Avy Loftus (ketiga dari kiri) (Ist) Setelah sukses menggelar pameran Batik Indonesia di Kanada pada April lalu, Avy Loftus akan menggelar pameran Batik Indonesia lagi di Eropa. Demikian dikatakan Avy

World Heritage

Inovasi Batik Bunda, Model Vintage Motif Kupu-Kupu Tren 2018

Model busana vintage yang dikemas sangat anggun, sporty, elegan, dan feminim dari Bunda Batik karya Heni (Ist) Agustina Nugraheni atau yang akrab dipanggil Heni adalah salah-satu desainer Indonesia yang senang

Heritage

Pemerintah Beri Diskon Biaya Sandar, Kapal Cruise di Benoa Meningkat

Ilustrasi kapal cruise (Ist) Pelabuhan Benoa di Denpasar, Bali Selatan mengalami kenaikan jumlah kunjungan kapal pesiar atau cruise ship yang mengangkut wisatawan mancanegara (wisman). Kendati demikian, itu pun masih jauh

Heritage

Media Inggris Sebut Indonesia ‘Amazing’

Senja hari di Tanjung Lesung, Banten. Tanjung Lesung termasu 10 Bali baru, destinasi wisata prioritas yang dikembangkan dan dipromosikan pemerintah hingga ke mancanegara (Ist) Media massa mancanegara tak henti-hentinya memuji

Hotel

Obama Kembali ke Indonesia

Barack Hussein Obama (Ist) Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Hussein Obama dijadwalkan akan berkunjung ke Indonesia akhir Juni 2017. Informasi yang diperoleh patainaneews.com dari Ayi Putri Tjakrawedana, seorang penulis wanita