Pesona Nadran, Potensi Wisata Bahari di Banten Selatan

Pesona Nadran (Ist)

Kawasan Banten Selatan kaya akan wisata bahari sehingga bisa menjadi daya tarik wisatawan berkunjung langsung ke destinasi wisata tersebut, termasuk traveling ke Tanjung Lesung.

“Banten selatan yang merupakan buffer zone Tanjung Lesung ini dikenal sebagai destinasi wisata bahari. Jadi jika ini dijadikan destinasi wisata baru, maka mulai dari kuliner dan suvenir khas bisa dibeli wisatawan. Tak hanya itu, wisatawan juga bisa langsug membeli ikan fresh di TPI (tempat pelelangan Ikan) yang ada di sana,” urai Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Pandeglang yang juga merupakan General Manager Tanjung Lesung Hotel & Resort Widiasmanto ketika dihubungi patainanews.com, Rabu (1/8/2018).

Ia menuturkan bahwa akan ada Pesona Nadran yang merupakan tasyakuran laut Nelayan Sidamukti di Pandeglang. “Rencana kegiatan ini digelar pada 20 hingga 26 Agustus mendatang yang tujuannya kami angkat dari pelaku industri pariwisata karena memang memiliki keunikan dan potensi tersendiri dan berada di daerah penyanggga KSPN /KEK Tanjung Lesung,” tuturnya.

Dimana, lanjutnya daerah tersebut seperti penghasil ikan terbesar di wilayah Banten selatan dan ada salah satu hasil laut yang berbeda, yaitu kerang. “Daerah ini merupakan penghasil kerang terbesar,” ucapnya. Menurutnya, kawasan Banten selatan¬†juga memiliki potensi wisata terap sehingga diperlukan pembinaan dan kerja sama dengan semua stakeholder pariwisata, termasuk Kementerian Pariwisata supaya bisa¬† menjadi destinasi wisatan dan aktivitas wisatawan yang ke arah Tlesung.

“Selain memciptakan destinasi wisata baru, ada keuntungan timbal balik keberadaan KEK untuk kesejahteraan masyarakat sekitar. Sebagai penghasil hasil ikan atau seafood diharapkan kedepan tidak hanya ikan-ikan hasil laut di jual ke luar kota tapi sebaliknya orang-orang luar kota bila akan menikmati ikan fresh di pinggir laut bisa menikmayi kuliner di sekitar area ini,” paparnya.

Widi, sapaan akrabnya mengemukakan bahwa semua perlu proses dan pembinaan, seperti Sapta Pesona. “Harapannya adalah rencana kegiatan ini bisa didukung semua pihak, termasuk Kementerian Pariwisata dan dapat menjadi kalender event tahunan pada akhirnya membantu pemerintah dalam kesejahteraan masyarakat,” katanya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Destinations

Geliat Joglosemar Jadi Daya Tarik Hotel

Menikmati Kalibiru, Yogyakarta (Ist) Jaringan hotel internasional di Indonesia terus bertumbuh, ibarat cendawan di musim hujan.     Salah satunya Premier Inn, operator asal Inggris, melebarkan sayapnya ke Yogyakarta.  

Culture

Presiden Jokowi Promosikan Pariwisata Indonesia di Singapura

Presiden Jokowi (Ist) Presiden Jokowi serius menawarkan pariwisata ujung tombak dalam kerja sama dengan Singapura, selain pengembangan ekonomi berbasis digital. Hal itu terekam dalam pembahasan dengan PM Singapore Lee Hsien

SightSeeing

Sumsel Optimistis Turis Tiongkok Jalan-Jalan ke Palembang

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga (kaca mata) berpose bersama wartawan (Ist) Pemerintah provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) optimistis turis asal Tiongkok akan semakin banyak berkunjung ke Bumi

Airlines

Ratu Vashti Annisa Ikut Pemilihan Miss Earth 2018

Ratu Vashti Annisa Yayasan EL JOHN Indonesia melalui EL JOHN Pageants kembali mengirim Putri binaanya ke kontes internasional. Kali ini yang dikirim EL JOHN Pageants adalah Miss Earth Indonesia 2018

Festival

‘Wonderful Indonesia’ Berjaya di ITB Berlin

Wonderful Indonesia berjaya di ITB Berlin (Ist) Internationale Tourismus Boerse (ITB) Berlin, Jerman dikenal sebagai pameran wisata terbesar di dunia. Di ajang promosi wisata bergengsi ini, Indonesia meraih gelar juara.

Slideshow

PATA Indonesia Chapter Raih Award of Excellence

Poernomo Siswoprasetijo (Ist) Kabar baik datang untuk PATA Indonesia Chapter. Ya, PATA Indonesia Chapter akan menerima penghargaan bergengsi dari PATA yang ada di Bangkok, Thaliand. Adapun PATA Indonesia Chapter mendapat