Pesona Nusantara Dukung Promosi Budaya Indonesia

tari kalimantan

Anggi (kedua dari kanan) bersama tim di Tiongkok menari tari Balian Dadas dari Kalimantan (Ist)

Potensi pariwisata Indonesia harus diakui memang beragam. Bahkan, potensi negeri ini tak hanya pariwisata karena masih didukung budaya khas Nusantara.

Ya, Indonesia selama ini dikenal memang kaya akan beragam potensi wisata yang tersebar mulai dari kawasan timur negeri ini hingga wilayah barat yang bisa menarik minat turis asing untuk berkunjung ke Indonesia.

Menariknya negeri ini juga memiliki berbagai budaya yang juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara untuk datang ke Indonesia.

anggi up

Anggi (paling kiri) bersama tim menarikan tari Topeng Kembang Jakarta  (Ist)

Dan, semua potensi ini terus dipromosikan berbagai pihak, termasuk seorang anak muda yang mencintai budaya negeri ini begitu tertarik untuk melestarikan budaya Nusantara dan diberi kepercayaan untuk mengenalkan Indonesia melalui tari-tari Nusantara hingga ke mancanegara.

Ya, Anggita Zahra, mahasiswi fakultas pariwisata Universitas Pancasila ini mengaku ingin ikut serta menjaga warisan budaya negeri ini, khususnya tari tradisional khas Nusantara dengan cara mempromosikan beragam jenis tari khas Nusantara.

“Awalnya saya tidak terlalu tertarik dengan dunia seni. Sejak saya duduk di bangku sekolah dasar, orang tua saya mendaftarkan saya di sebuah sanggar tari tradisional yg berada di daerah Tebet, Jakarta Selatan. Nama sanggar tarinya, yaitu Sanggar Maya Pasundan,” papar Anggi yang juga Ketua UKM Sansekerta (Sanggar Seni Kreativitas Pariwisata) Universitas Pancasila penuh semangat ketika ditemui patainanews.com di Jakarta, Rabu (7/12/2016).

anggi di thailand

Anggi (kanan) ketika mendapat kesempatan menari di Thailand (Ist)

Perempuan kelahiran Jakarta, 17 Agustus 1996 silam ini mengatakan, hingga saat ini sudah sekitar 15 tahun dirinya menekuni tari tradisional sebab mulai belajar menari sejak dini, yakni umur lima tahun.

Anggi, sapaan akrab perempuan berparas cantik ini, menuturkan bahwa mulanya dirinya hanya mengikuti keinginan orang tua saja. Namun, lanjutnya, ia pun semakin menekuni bermacam tari Nusantara, dan mulai tertarik dengan dunia tari.

“Beranjak remaja, saya mulai mengikuti berbagai kegiatan acara menari, baik mengisi acara di dalam kota maupun di luar kota. Sampai pada akhirnya mimpi saya terwujud untuk mengikuti kegiatan Sales Mission di luar negeri, yakni ke Tiongkok, Thailand, Malaysia, dan Singapura,” paparnya.

Anggi mengaku serius menekuni budaya Indonesia. Karenanya dirinya pada Rabu, 7 Desember 2016 memutuskan untuk meluncurkan Pesona Nusantara.

Ia menjelaskan bahwa Pesona Nusantara akan dilengkapi media sosial sehingga semakin banyak orang tahu mengenai Pesona Nusantara.

“Pesona Nusantara mendukung penuh Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia untuk mengembangkan dan mempromosikan beragam pariwisata Indonesia hingga ke mancanegara agar target tahun depan kunjungan 15 juta turis asing ke Indonesia bisa tercapai dan target Presiden Jokowi mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara pada 2019 juga bisa terealisasi,” paparnya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Destinations

Kemenpar Undang Anak Muda Gabung Wonderful Startup Academi

Wonderful Startup Academy (WSA) (Ist) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) langsung tancap gas di 2017. Mulai 15 Januari 2017, kementerian dibawah komando Arief Yahya itu bakal segera memulai program inkubasi bagi bisnis

Slideshow

Ada Logo Wonderful Indonesia di Bus Lower Deck JAS

Bus apron lower deck yang dioperasikan JAS Airport Services di Bandara Soekarno-Hatta Perusahaan yang bergerak di bidang Ground Handling dan Cargo Udara export Import, JAS Airport Service selaku mitra co-branding

Festival

Wonderful Indonesia di ITB Berlin

Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) didampingi President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (kiri) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya mengunjungi ITB Berlin (Internationale Tourismus-Börse Berlin), pameran pariwisata terbesar di dunia. Informasi yang diperoleh

Cuisine

Mendukung Indonesia Jadi Negara Pariwisata Terbaik di Dunia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) CEO PT Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja memberikan apresiasi positif terhadap kinerja Menteri Pariwisata Arief Yahya yang mendapat perhatian dari Presiden Jokowi dalam upaya mengembangkan dan

Cuisine

Solo Great Sale Kaya Pagelaran Budaya

Falentina Cotton, Ketua Ikatan Koko Cici Jakarta (kedua dari kiri) berpose bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam Launching Solo Great Sale 2016 di Jakarta, Selasa

World Heritage

Memotret Kota Lama Semarang

General Manager Hotel Horison NJ Aditya Maulana (kemeja abu-abu dan berkaca mata) tampak serius mendengarkan penjelasan mengenai sejarah kota Semarang di Kampung Batik Semarang di kawasan Kota Lama Semarang (Ist)