Pesona Putri Pariwisata Indonesia 2018 di BEC 2019

Putri Pariwisata Indonesia 2018 (Ist)

Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) 2019 ajang dengan konsep street fashion carnival. Para peserta tampil dengan deretan kostum unik. Mengawali rangkaian atraksi, tampil Putri Pariwisata Indonesia 2018 Gabriella Patricia Mandolang.

Gabriella Patricia Mandolang tampil sangat cantik. Ia dibalut dengan pakaian adat ala Jawa yang telah dimodifikasi. Dengan dominasi warna merah dan kuning keemasan. Perempuan yang akrab disapa Gaby ini tak lupa membawa selempang kebesarannya.

Staf Khusus Menpar Bidang Media dan Komunikasi Don Kardono kehadiran Gabriella Patricia menjadi nilai lebih.

“Kehadiran Gaby membuat Banyuwangi Ethno Carnival ramah terhadap millennial. Dan terbukti banyak millennial yang hadir dalam BEC 2019. Bukan hanya itu, Banyuwangi Ethno Carnival 2019 juga menjadi trending topik nasional. Dan ini bisa terjadi kalau ada peran dari milenial,” katanya di Banyuwangi, Sabtu (27/7/2019).

Tidak hanya Gabriella Patricia, Banyuwangi Ethno Carnival 2019 juga dimeriahkan dengan penampilan peserta dari Lingga, Kepulauan Riau. Peserta asal Lingga ini menampilkan kostum dengan sentuhan khas daerahnya.

Buat Kabid Pemasaran Area I Kementerian Pariwisata Wawan Gunawan, Banyuwangi Ethno Carnival memang memiliki daya tarik yang luar biasa.

“Pengelolaan dan manajemen event Banyuwangi Ethno Carnival 2019 bisa ditiru daerah lain. Bisa menjadi rujukan buat yang ingin menggelar event serupa. Bisa dilihat bagaimana sebuah event bisa menggerakkan perekonomian masyarakat,” papar Wawan.

Ketua Tim Pelaksana Calendar of Event Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuty menilai Banyuwangi Ethno Carnival sangat layak menjadi Top 10 Wonderful Event.

“Semua tertarik untuk datang dan menyaksikan event ini. Baik wisatawan Nusantara maupun mancanegara. Manajemennya juga bagus. Membuat wisatawan mudah mengatur jadwal sejak jauh-jauh hari,” katanya.

Sementara Menteri Pariwisata Arief Yahya menilai Banyuwangi sangat luar biasa. Karena memiliki 99 event sepanjang 2019. Bahkan 3 event masuk dalam Calendar of Event Kemenpar. 2 event masuk ke 100 event CoE, yaitu Gandrung Sewu dan Tour de Banyuwangi Ijen, dan 1 event lain masuk Top 10 Wonderful Event, yaitu Banyuwangi Ethno Carnival.

“Banyak yang bertanya, bagaimana caranya agar event masuk dalam Calendar of Event Kemenpar. Ada beberapa kriteria. Pertama event harus memiliki creative value. Seperti desain baju harus bagus dan musik juga bagus. Kemudian ada economic value. Artinya, sehuah event harus bisa mensejahterakan masyarakat. Dan yang terpenting adalah CEO commitment. Banyuwangi bisa dicontoh. Karena Bupatinya turun tangan sendiri menangani event seperti ini,” paparnya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Culture

Mitigasi Pariwisata Tunggu Tanggap Darurat Selesai

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menkomar) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Pemerintah terus mengupayakan penangan terbaik bagi korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah

Heritage

PHRI Dorong Pemerintah Terapkan Sistem Open Sky untuk Maskapai Asing

Presiden Jokowi (kiri) (Ist) Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) mendorong upaya pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk menerapkan sistem “open sky” atau kebijakan bersama membuka wilayah udara di Indonesia termasuk

Festival

Dieng Culture Festival 2016 Diminati Turis Asing

Ribuan orang baik wisatawan maupun wisnus memadati Dieng Culture Festival 2016 di Candi Dieng (Ist) Dieng Culture Festival (DCF) 2016 memberi dampak positif bagi perekonomian Banjarnegara dan Wonosobo. Ada sekitar

Investments

Keamanan TPS Ditingkatkan

Pemeriksaan di TPS (Ist) Setelah diberlakukannya status Siaga 1 untuk Surabaya akibat kejadian bom bunuh diri yang terjadi secara berturut-turut di Surabaya dan Sidoarjo pada Minggu dan Senin (13 dan

Nature

Medali Kehormatan untuk Chef William Wongso di Paris

Chef William Wongso (Ist) Chef William Wongso mendapat Medali Kehormatan (Medaille d’Honneur) dari Academie du Pain Indonesia di Paris, Perancis menjadi satu-satunya orang Indonesia yang menjadi member Elite de la

Hotel

Menikmati Traveling di Tanjung Lesung

Foto: Rombongan Kiswanto dari PT Trakindo di Cilandak, Jakarta selatan menikmati traveling ke Tanjung Lesung, Banten, Sabtu (14/10/2017). Tampak keceriaan ketika mereka menyusuri salah satu destinasi wsiata yang termasuk dalam 10