Presiden Jokowi Ajak Vote, Video Pariwisata Indonesia Juara Umum di UNWTO

WhatsApp Image 2017-09-15 at 14.56.54

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist)

Keren! Video pariwisata Wonderful Indonesia: The Journey of a Wonderful World akhirnya juara dunia! Dua kategori diborong tuntas, dalam kompetisi video pariwisata dunia yang digelar UNWTO, Lembaga PBB yang bergerak di bidang pariwisata.

Diumumkan saat 22rd General Assembly UNWTO di Intercontinental Century City Convention Center Hotel, Chengdu, Tiongkok, award itu diterima langsung oleh Menpar Arief Yahya. Pria asli Banyuwangi ini sempat berkaca-kaca, begitu dipanggil untuk kali kedua ke atas mimbar.

Agak lama dia terdiam, tidak banyak berkata-kata yang terucap dari bibirnya. Hanya satu frasa, “Membanggakan!” ucap Arief Yahya singkat sambil memegang bendera Merah Putih. Banyak delegasi dari negara-negara anggota UNWTO yang memberi ucapan selamat.

Tapi bukan itu yang membuatnya terharu. Pertama, Indonesia juara dalam dua kategori langsung. Winner UNWTO Video Competition 2017 Region East Asia and Pacific dan kategori People’s Choice Award 2017. Kedua, ini kali pertama dalam sejarah kompetisi video pariwisata UNWTO.

Hanya Indonesia, satu-satunya negara yang mencatat sejarah, mendapatkan juara kedua-duanya. Karena itu, ini momentum kemenangan dari 63 negara peserta dan sangat membanggakan. “Ini surprise buat kita! Kami tidak menyangka di kategori ini juara,” kata Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Jumat (15/9/2017).

Pesaing di Asia Timur dan Pasifik itu, bagus-bagus. Kalau di media sosial, video-video pendek 30 detik yang diviralkan Selandia Baru, Australia, Korea Selatan, dan Jepang itu bagus-bagus. “Video kita sudah lolos dari juri UNWTO yang standar dunia,” kata Arief Yahya.

Ketiga, khusus kategori People’s Choice, yang didapat dari e-voting dari seluruh masyarakat dunia, Indonesia juara! “Terima kasih pada Pak Presiden Jokowi, yang turut mengajak vote melalui akun Facebook-nya. Terima kasih juga pada masyarakat di seluruh dunia yang sudah memilih video Indonesia sehingga juara!,” ucap Menpar Arief Yahya.

Kekuatan Presiden Jokowi mengajak publik dan netizen untuk nge-vote sudah teruji. Dalam waktu 2 x 24 jam, sejak Presiden Jokowi memposting ajakan vote di Facebook, suara yang masuk langsung melejit hampir 50 ribu voters. “Maju serentak tentu kita menang!” lanjut Menpar Arief yang dicuplik dari lirik lagu Maju Tak Gentar karya seniman dan sekaligus pejuang Cornel Simanjuntak.

Kata-kata sakti itu sering diucapkan Arief Yahya untuk mengajak bersatu dalam spirit Indonesia Incorporated. Memang harus diakui, video Indonesia sangat bagus. Destinasi yang diekspose Jakarta Wakatobi, Raja Ampat, Sumatra Utara, Lombok Makasar, dan Banyuwangi. Soundtrack lagu yang ditampilkan juga kelas dunia, What A Wonderful World oleh Louis Armstrong.

Saking bagusnya, video itu meskipun diputar dua kali, saat menerima dua kali awards, masih saja dipuji audience. Bahkan paling riuh tepuk tangannya. Itu juga indikator, bahwa videonya memang berkualitas. Yang pasti, Menpar Arief menyebut kemenangan ini adalah branding yang kuat.

Dia menyebut, makna kemenangan itu adalah 3C. “Secara internal menaikkan Confidence Level. Secara ekaternal memperkuat Credibility. Dan sudah lolos dari Calibration melalui global standart atau kriteria yang berkelas dunia,” ungkap Arief. Congratulation! 

Hasil Lengkap: 
Juara Hasil Voting terbanyak: Indonesia
(People’s Choice Award)

Juara video terbaik Regional:

1. Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for Africa – Tunisia.
2. Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for Americas – Chili.
3. Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for East Asia and the Pacific – Indonesia.
4. Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for Europe – Swiss.
5. Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for Middle East – Mesir.
6. Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for South Asia – Bhutan. (Gabriel Bobby) 

About author



You might also like

World Heritage

Menuju Karawang Fashion Culture 2018

Berita Foto; Pemerintah kabupaten Karawang, Jawa Barat bersama desainer ternama Handy Hartono sepakat mengelar Karawang Fashion Culture 2018 bertempat di venue Resinda Park Mall yang akan digelar mulai 2 hingga 6

All About Indonesia

Panitia HPN 2017 Persiapkan Kehadiran Presiden Jokowi di Ambon

Panitia HPN 2017 bersama Menteri Sekretaris Negara Pratikno (tengah) (Ist) Panitia Hari Pers Nasional (HPN) 2017 telah menyiiapkan kehadiran Presiden Jokowi di acara puncak perhelatan Hari Pers Nasional (HPN) 2017 di

World Heritage

Korsel Tertarik Kembangkan Pariwisata Indonesia

Foto bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama delegasi Indonesia, termasuk Presiden Direktur PT Jababeka Tbk Budianto Liman (keempat dari kiri) dengan Minister of Culture, Sports and Tourism of Republic of

SightSeeing

Signing Blue WWF

Suasana MoU Signing Blue yang dihadiri President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo  Penandatanganan nota kesepahaman Signing Blue yang digagas oleh WWF ternyata tidak hanya di Indonesia sebab juga dilakukan di

Slideshow

Emirates Terbang Dua Kali Sehari ke Bali

Pulau Dewata Bali (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya kembali dibikin sumringah dengan kabar penambahan frekuensi penerbangan Emirates dari Dubai ke Ngurah Rai Bali. Ya, maskapai penerbangan Emirates resmi meluncurkan penerbangan

Nature

Peran Pelindo III Besar dalam Kembangkan Pariwisata RI

Direktur Utama PT Pelindo III Djarwo Surjanto (Ist) Manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III ternyata memiliki peran besar dalam mendukung upaya pemerintah mengembangkan potensi pariwisata Indonesia hingga ke mancanegara guna