Presiden Jokowi akan Buka PATA Travel Mart 2016 di ICE

AY di ICE

Segera ikut PATA Travel Mart 2016 (Ist)

Penyelenggaraan PATA Travel Mart 2016 tinggal hitungan hari di venue Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Banten, tepatnya pada 7 hingga 9 September mendatang para pebisnis yang bergerak di bidang pariwisata akan melakoni pameran terbesar di kawasan Asia Pasifik itu.

Bertempat di venue ICE di BSD City, Banten, berbagai acara besar akan mengawali perhelatan yang akan dihadiri 60 negara dan ribuan buyers dan sellers tersebut.

”Rencananya pada pembukaan akan ada pak Presiden Jokowi dan Menteri Pariwisata Arief Yahya, para tamu undangan terhormat itu semua akan dihibur dengan berbagai tarian, Angklung Saung Udjo dan persembahan nyanyian dari Elfa Secioria. Semua sedang dalam tahap konfirmasi dan proses koordinasi jelang acara,”ujar Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Asia Pasifik, Vinsensius Jemadu dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Selasa (23/8/2016).

Pria yang biasa disapa Bro VJ itu mengatakan, malam dinner itu akan dilaksanakan pada pukul 19.00 WIB yang diprakarsai Kementerian Pariwisata.

Adapun acara akan dimulai pukul 19.00 hingga pukul 21.30 WIB di ICE, Banten. Sementara rangkain acara PATA Travel Mart 2016 sudah dimulai sejak pukul 09.00 WIB pada 6 September 2016.

Untuk teknis pertama, para seller, buyers serta seluruh media massa internasional dan nasional akan mengisi data registrasi pada pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WIB.

”Untuk keesokan harinya, yakni pada 7 September akan diadakan city tour mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB, akan ada juga blogger forum. Baru setelah itu malamnya ramah tamah semua peserta dan para awak media massa yang teregistrasi, bersama dengan pak Menteri dan pak Presiden,” ujar pria yang hobi makan telur dadar itu.

Kemudian pada 8 September 2016 kegiatan mulai berlangsung intens. Kata VJ, berbagai rangkaian akan dilaksanakan dari pameran, pertemuaan seller dan buyers hingga penyerahan penghargaan PATA dan sebagainya dengan level international.

Seperti diketahui, ajang pariwisata se-Asia Pasik, PATA Gold Awards 2016 memberikan 4 penghargaan pada Indonesia. Hal ini makin memberikan citra baik ‘Wonderful Indonesia’ di mata dunia.

Pengumuman PATA Gold Awards 2016 itu dilakukan di Bangkok sudah sejak Kamis, 21 Juli 2016 lalu. PATA adalah asosiasi pariwisata Asia Pasifik yang terbentuk sejak tahun 1951 dan bermarkas di Thailand.

Perhelatan yang didukung langsung Dinas Pariwisata Pemerintah Macau (MGTO) tersebut, dinilai dari 26 organisasi dan individu yang kategorinya terpisah.

Event ini adalah salah satu ajang yang punya kredibilitas kuat dan diakui oleh industri pariwisata di dunia. Keanggotaan PATA terdiri dari 95 badan turisme pemerintah, negara dan kota, 29 perusahaan penerbangan internasional, bandara dan jalur pelayaran, 63 institusi pendidikan,dan ratusan perusahaan industri travel.

Sedangkan presentasi dan penyerahan penghargaan PATA Gold Awards akan dilaksanakan bersamaan dengan penyelenggaraan di perhelatan PTM 2016.

Di PATA Gold Awards, PATA memberikan 4 Grand Awards dan 29 Gold Awards. Keempat Grand Awards itu mencakup empat kategori, yakni Pemasaran, Pendidikan dan Pelatihan, Lingkungan, dan Pusaka dan Budaya.

Sukses Indonesia meraih 3 Gold Awards tahun ini bisa dijadikan tolok ukur keberhasilan branding Wonderful Indonesia dalam pentas kompetisi pariwisata dunia.

“Award ini memiliki 3 makna sesuai dengan yang diungkapkan pak Menteri, yakni menaikkan confidence sebagai bangsa, mengangkat credibility sebagai negara, dan berfungsi sebagai calibration untuk memotret seberapa hebat Wonderful Indonesia itu. Nah, semuanya akan diserahkan di acara PTM nanti,” ujar VJ.

Dalam PATA Gold Awards 2016, Wonderful Indonesia mendapatkan apresiasi untuk program ‘Gerhana Matahari Total – GMT (Total Solar Eclipse)’ yang berhasil memenangkan penghargaan kategori Marketing – Primary Government Destination.

Kementerian Pariwisata dinilai berhasil melihat potensi turisme yang besar dalam peristiwa alam yang terjadi pada 9 Maret 2016.

Selain itu, VJ juga menjelaskan PATA Gold Awards 2016 itu penting bagi branding Wonderful Indonesia. Dia mengaku menerapkan strategi ‘jemput-bola’, tahun 2016 Indonesia berhasil meningkatkan raihan penghargaan ketimbang tahun 2015 yang hanya mendapatkan 1 Gold Awards. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Travel Operator

Kapal Pesiar ke Indonesia, Kesempatan Besar Promosikan Pariwisata Nusantara

Gifta Oktavia Rappe (Ist) Kunjungan kapal pesiar yang mengangkut rombongan turis asing ke Indonesia, termasuk ke Cirebon di Jawa Barat harus dimanfaatkan untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Demikian penjelasan Gifta Oktavia Rappe,

Hotel

Menteri Pariwisata Ajak Promosikan Destinasi Wisata Nusantara Instagramable

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya mengajak wisatawan Nusantara untuk ikut mempromosikan destinasi wisata yang tersebar di Tanah Air yang Instagramable sehingga destinasi wisata tersebut semakin dikenal

World Heritage

Status Gunung Agung Turun, Bali Aman untuk Wisman

Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama wisatawan mancanegara di Bali (Ist) Status ‘Awas’ Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali turun menjadi ‘Siaga’. Dengan penurunan status tersebut para pengungsi sudah diperbolehkan kembali

Culture

Erupsi Gunung Agung, Wisatawan Masih Bisa Traveling ke Destinasi Wisata Indonesia

Rainier H Daulay (Ist) Erupsi Gunung Agung yang ada di Bali tak perlu membuat industri pariwisata Indonesia panik sebab wisatawan, khususnya turis asing masih tetap bisa datang ke Indonesia untuk

Tourism

Pemuteran Bali Raih Posisi 7 Terbaik Asia 2016 Lonely Planet

Wisata bahari di Pemuteran, Bali (Ist) Pengakuan dunia tentang keindahan pariwisata Indonesia seperti tak ada habisnya. Bali, Labuan Bajo, Raja Ampat, Nihiwatu Sumba dan Pulau Nikoi Bintan sudah sukses dengan

Tourism

Wisatawan Menikmati Pesona Tanjung Lesung

Toto Ruminta bersama keluarga ketika berlibur di Tanjung Lesung (Ist) Destinasi wisata Tanjung Lesung di Pandeglang, Banten rupanya semakin diminati wisatawan. Pesona destinasi wisata yang termasuk dalam 10 Bali baru