Presiden Jokowi Hadiri Pesta Laut Mappanretasi 2017

jokowi di tanah bumbu

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana hadir di Pesta Laut Mappanretasi 2017 (Ist)

Ribuan pengunjung sangat antusias mengikuti puncak acara Pesta Laut Mappanretasi 2017, yang digelar di Pantai Pagatan, Kabupaten Tanah Bumbu, Kabupaten Tanahbumbu, Kalimantan Selatan, Minggu (7/5/2017). Hal ini tak lepas dari kehadiran Presiden Jokowi di Puncak Budaya Maritim tersebut.

Adapun Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana hadir mengenakan pakaian tradisional Matahari. Pakaian tersebut merupakan satu dari empat pakaian khas Kalimantan Selatan yang biasa digunakan untuk acara-acara penting. Dilihat patainanews.com dari media sosial facebook Kementerian Pariwisata, Selasa (16/5/2017), selain menerima penghargaan dari Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, Presiden Jokowi juga menyaksikan aneka seni dan budaya unik, seperti Parade Kapal, Lomba Dayung, Masukkiri, Balogo, Habsyian dan berbagai kegiatan tradisonal lainnya.

Presiden Jokowi juga sebagai tamu kehormatan dalam upacara Larung Sesajen tanda Puncak Mappanretasi, di Malibu Kampung kemudian mengikuti Pawai Budaya yang melibatkan suku-suku yang ada di Tanah Bumbu. Ada puluhan kapal nelayan yang terlibat dalam parade kapal ini.

Meski kapal-kapal itu berukuran kecil, setara kapal dengan bobot 10 GT, mereka tampak menarik karena hadir dalam beragam warna dan dihias dengan berbagai aksesoris. “Suatu kehormatan yang luar biasa Bapak Presiden bisa mengikuti Pesta Laut Mappanretasi. Acara ini merupakan tanda syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil tangkapan selama satu musim dan sekarang sudah masuk dalam agenda tahunan Kementerian Pariwisata,” ujar Gubernur Kalimantan Selatan Sahibirin Noor.

Mappanretasi berasal dari Bahasa Bugis, mappanre dan tasi, yang berarti memberikan makan laut. Belakangan Mappanretasi lebih dikenal sebagai pesta laut. Meski tradisi ini turun-temurun dilakukan nelayan keturunan Bugis, Mappanretasi kini sudah dianggap sebagai budaya bagi semua suku yang tinggal di sini.

“Yang unik saat puncak acara Mappanretasi, pada acara tersebut akan dipimpin oleh seorang Sanro, tokoh Bugis Pegatan yang gelarnya diperoleh secara turun-temurun, didampingi oleh 12 dayang-dayang yang terdiri dari 6 laki-laki dan 6 orang perempuan,” terang Sahibirin.

Dalam Pesta Laut Mappanretasi, Presiden dan Ibu Iriana bersama rombongan juga menyerahkan Kartu Indonesia Pintar (KIP), Pemberian Makanan Tambahan (PMT), Program Keluarga Harapan (PKH) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Kecamatan Batulicin, Kabupaten Tanahbumbu.

Sementara Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menyatakan, acara Mappanretasi sudah masuk dalam ruang Budaya Maritim yang bertaraf Nasional dan masuk Calender of Event Kemenpar. Ekspektasi publik begitu besar dari acara ini. Latar belakang kultur yang kuat dan beragam di Tanah bumbu, menurutnya, bisa mengangkat branding image Kalimantan Selatan di lingkup nasional hingga internasional.

”Ini tidak hanya mempromosikan pariwisata, namun dapat pula mempromosikan potensi Tanahbumbu yang meliputi seni dan budaya, kekayaan alam hingga kreativitas masyarakat,” ungkap Menpar Arief Yahya. Hadirnya even ini, menurutnya, bisa membuat Tanahbumbu mendapatkan manfaat positif.

“Di satu sisi festival budaya menjadi penjaga kultur dan keaslian tradisi Tanah bumbu. Pada lingkup yang lain, Tanahbumbu menjadi daerah yang menarik bagi wisatawan untuk berkunjung dan menikmati segala sajian budaya yang dihadirkan,” papar Menpar Arief Yahya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Hotel

18 Negara Ikut Sungailiat Triathlon 2016

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Setelah tiga kali sukses diselenggarakan pada tahun lalu, Pemerintah Kabupaten Bangka, Bangka Belitung (Babel) tahun ini kembali menyelenggarakan event wisata olahraga (sport tourism) Sungailiat Triathlon

Airlines

Raja Arab Saudi akan Kunjungi Bali Dorong Turis Timteng ke Indonesia

Bali jadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing asal Timur Tengah (Ist) Pesona Pulau Dewata rupanya menarik perhatian Raja Saudi Salman bin Abdulazis Al Saud. Dalam kunjungan kenegaraannya ke Indonesia

Tour Package

Garuda Indonesia Siap Sambut Idul Fitri 1439 H

Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala N Mansury tengah menjelaskan mengenai kesiapan Garuda Indonesia Group kepada wartawan Maskapai nasional Garuda Indonesia terus memperkuat capaian tingkat ketepatan wkatu (On Time Performance/OTP) jelang

Festival

El John Menuju Pentas Dunia

Berita Foto: El John Pageants kini semakin percaya diri tampil di pentas dunia demi nama baik Indonesia. El John Pageants terus mendorong generasi muda negeri ini, khususnya kaum perempuan untuk

SightSeeing

Yogyakarta bukan Hanya Malioboro

Menikmati Kalibiru (Ist) Yogyakarta bukan hanya Malioboro, Pantai Parangtritis, maupun Candi Prambanan. Menyaksikan Waduk Sermo yang berselimutkan kabut pada pagi hari dan pemandangan mentari yang terbenam di barat saat senja

World Heritage

Palembang Andalkan Budaya Tarik Minat Wisatawan Berkunjung ke ASIAN GAMES 2018

Logo ASIAN GAMES 2018 (Ist) Palembang di Sumatera Selatan sebagai tuan rumah bersama Jakarta dalam penyelenggaraan ASIAN GAMES 2018, maka Palembang pun serius menyambut event internasional dengan mengemas wisata yang