Presiden Jokowi Mantu di Solo Ikut Promosikan Joglosemar

pernikahan kahiyang

Pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution di Solo (Ist)

Pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution itu adalah peristiwa budaya yang pasti mengundang perhatian dunia, seperti The Royal Wedding, pernikahan anak seorang kepala negara pasti menjadi bahan perbincangan publik, baik offline maupun online.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata Arief Yahya ketika dihubungi patainanews.com, Rabu (8/11/2017). Menurutnya, sebagian besar dari 100 juta pengguna internet dan 250 juta masyarakat Indonesia sudah hampir pasti melihat prosesi pernikahan itu.

“Dari mancanegara pun, pasti banyak yang menyaksikan via media sosial. Impressions-nya pasti sangat tinggi, baik pre, on dan post wedding. Ketika impression netizen mengarah ke Solo, tempat berlangsungnya prosesi pernikahan itu, maka secara digital itu bisa ditangkap sebagai peluang untuk mempromosikan salah satu keunggulan budaya Indonesia,” tuturnya.

Apalagi, lanjutnya Solo adalah salah satu pusat kebudayaan Jawa yang masih kental dengan tradisinya. Karenanya Kemenpar mem-branding 200 becak yang digunakan untuk transportasi tamu undangan dari lapangan parkir ke tempat acara.

“Becak itu ditempel logo Pesona Indonesia di tempat duduk, belakang dan bagian bawahnya sehingga semua media massa yang mengambil gambar, akan ikut ter-publish dengan organik,” ucapnya. Menpar Arief menjelaskan bahwa pihaknya mem-branding becak Solo dengan Pesona Indonesia, brand pariwisata untuk pasar Nusantara.

Sementara pada hari yang bersamaan, Kemenpar juga sedang mengikuti WTM London, World Tourism Mart terbesar kedua di dunia setelah ITB Berlin. “Semua pelaku industri pariwisata besar dari seluruh dunia sedang berkumpul di Inggris,” katanya.

Ia mengungkapkan bahwa impressions-nya juga besar. “Maka kita juga mem-branding Black Cab Taxi, yang khas London itu dengan Wonderful Indonesia. Brand pariwisata Indonesia untuk pasar mancanegara. Baik di Solo maupun di London, benang merahnya sama, berselancar di arus impressions yang besar. Dimana terjadi gelombang impressions yang besar, di situlah efektivitas pesan atau promosi itu efektif,” paparnya.

Baginya, dari sisi tema, pernikahan itu adalah sakral dan peristiwa budaya yang sangat menarik. “Kebetulan budaya atau culture adalah daya tarik utama wisman datang ke Indonesia, dengan komposisi 60%, sisanya 35% nature dan 5% manmade,” paparnya.

Jadi, lanjutnya atraksi budayanya istimewa kelas dunia. “Berada di destinasi yang istimewa di Joglosemar, satu dari 10 Bali Baru. Media impressions-nya tinggi, endorser-nya orang paling top di negara ini,” ujarnya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

SightSeeing

BRI Gelar Fun Bike di Tanjung Lesung

Wisatawan di Tanjung Lesung juga bisa diving (Ist) Bank pelat merah, BRI akan mengadakan fun bike, Sabtu (7/5/2016) di Tanjung Lesung, Banten. Kegiatan dari bank pelat merah ini akan digelar

Nature

patatravelmart2016.com, Pusat Informasi PATA Travel Mart 2016

President/CEO PAT Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (kiri) berpose bersama dengan Head of Sales and Marketing Siti Karmila (tengah) dan President Director Deutshe Mess Venue Operations Aage Hansen (Ist) PATA Indonesia Chapter

Hotel

Penutupan BIL Berdampak Kunjungan Wisatawan Menurun

Wakil Ketua PHRI NTB LA Hadi Faishal (kanan) ketika silaturahmi dengan GM BIL Pujiono Rasmadi (Ist) Penutupan Bandara Internasional Lombok (BIL) di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai dampak erupsi

Slideshow

TPS Ajak Anak Peduli Keselamatan melalui Lomba Gambar

Lomba gambar TPS (Ist) Untuk membentuk perilaku, dibutuhkan kesadaran Kesehatan, dan Keselamatan Kerja (K3). “Jangan salah, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) bukan hanya berlaku di perusahaan atau saat bekerja saja.

Slideshow

18 Negara Ikut Sungailiat Triathlon 2016

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Setelah tiga kali sukses diselenggarakan pada tahun lalu, Pemerintah Kabupaten Bangka, Bangka Belitung (Babel) tahun ini kembali menyelenggarakan event wisata olahraga (sport tourism) Sungailiat Triathlon

Airlines

ICE Kebanggaan Indonesia

Siti Karmila (Ist) Presiden Jokowi diketahui telah meresmikan ICE (Indonesia Convention Exhibition (ICE) yang berdiri di atas lahan seluas 22 hektare di Bumi Serpong Damai, Banten, Selasa (4/8/2015). Ya, ICE