Presiden Jokowi Mantu di Solo Ikut Promosikan Joglosemar

pernikahan kahiyang

Pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution di Solo (Ist)

Pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution itu adalah peristiwa budaya yang pasti mengundang perhatian dunia, seperti The Royal Wedding, pernikahan anak seorang kepala negara pasti menjadi bahan perbincangan publik, baik offline maupun online.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata Arief Yahya ketika dihubungi patainanews.com, Rabu (8/11/2017). Menurutnya, sebagian besar dari 100 juta pengguna internet dan 250 juta masyarakat Indonesia sudah hampir pasti melihat prosesi pernikahan itu.

“Dari mancanegara pun, pasti banyak yang menyaksikan via media sosial. Impressions-nya pasti sangat tinggi, baik pre, on dan post wedding. Ketika impression netizen mengarah ke Solo, tempat berlangsungnya prosesi pernikahan itu, maka secara digital itu bisa ditangkap sebagai peluang untuk mempromosikan salah satu keunggulan budaya Indonesia,” tuturnya.

Apalagi, lanjutnya Solo adalah salah satu pusat kebudayaan Jawa yang masih kental dengan tradisinya. Karenanya Kemenpar mem-branding 200 becak yang digunakan untuk transportasi tamu undangan dari lapangan parkir ke tempat acara.

“Becak itu ditempel logo Pesona Indonesia di tempat duduk, belakang dan bagian bawahnya sehingga semua media massa yang mengambil gambar, akan ikut ter-publish dengan organik,” ucapnya. Menpar Arief menjelaskan bahwa pihaknya mem-branding becak Solo dengan Pesona Indonesia, brand pariwisata untuk pasar Nusantara.

Sementara pada hari yang bersamaan, Kemenpar juga sedang mengikuti WTM London, World Tourism Mart terbesar kedua di dunia setelah ITB Berlin. “Semua pelaku industri pariwisata besar dari seluruh dunia sedang berkumpul di Inggris,” katanya.

Ia mengungkapkan bahwa impressions-nya juga besar. “Maka kita juga mem-branding Black Cab Taxi, yang khas London itu dengan Wonderful Indonesia. Brand pariwisata Indonesia untuk pasar mancanegara. Baik di Solo maupun di London, benang merahnya sama, berselancar di arus impressions yang besar. Dimana terjadi gelombang impressions yang besar, di situlah efektivitas pesan atau promosi itu efektif,” paparnya.

Baginya, dari sisi tema, pernikahan itu adalah sakral dan peristiwa budaya yang sangat menarik. “Kebetulan budaya atau culture adalah daya tarik utama wisman datang ke Indonesia, dengan komposisi 60%, sisanya 35% nature dan 5% manmade,” paparnya.

Jadi, lanjutnya atraksi budayanya istimewa kelas dunia. “Berada di destinasi yang istimewa di Joglosemar, satu dari 10 Bali Baru. Media impressions-nya tinggi, endorser-nya orang paling top di negara ini,” ujarnya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Festival

Menikmati Aneka Kuliner Sumsel

Kopi khas Empat Lawang, Sumsel  Sumatera Selatan (Sumsel) tak hanya memiliki destinasi wisata alam yang menarik, yakni air terjun dan Sungai Musi sehingga Bumi Sriwijaya kini tengah menyiapkan diri menjadi

Tourism

JAS Siap Bantu Menteri Pariwisata Promosikan Pariwisata Indonesia

Presiden Direktur PT JAS Adji Gunawan (Ist) Manajemen PT Jasa Angkasa Semesta Tbk (JAS Airport Services), perusahaan ground handling swasta nasional menyatakan siap untuk mendukung Kementerian Pariwisata yang dipimpin Menteri

SightSeeing

TV Perancis Promosikan Morotai di Eropa

Keindahan Morotai (Ist) Niatan salah satu stasiun TV di Perancis untuk mengibarkan Morotai di daratan Eropa akhirnya melebar kemana-mana. Sejak pertengahan Agustus 2016, tak hanya Morotai yang disorot kamera TV M6

Hotel

Pemerintah Dorong 2 KEK Pariwisata di Sumbar

Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B Panjaitan (Ist) Pemerintah menyiapkan kawasan wisata Mandeh dan Kepulauan Mentawai yang ada di Sumatera Barat menjadi destinasi wisata yang

Indonesiaku

Dirgahayu RI ke-71

Manajemen, staf dan redaksi patainanews.com mengucapkan Dirgahayu RI ke-71 Semoga pariwisata Indonesia semakin diminati wisatawan mancanegara dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat negeri ini

All About Indonesia

Natal Jadi Kabar Sukacita Bagi Sesama

Glenn Fredly Perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 digelar wartawan Kristen dan Katolik dalam Jaringan Jurnalis Kristiani  di RS Siloam Jakarta, Rabu (17/1/2018). Ketua Panitia Natal Jaringan Jurnalis Kristiani