Presiden Jokowi Minta Pers Indonesia Membangun Optimisme

logo hpn

Hari Pers Nasional (HPN) 2016 (Ist)

Pers Indonesia wajib membangun optimisme dan kepercayaan para investor terhadap negeri ini karena sesuai fungsinya, pers Indonesia diharapkan ikut membentuk moralitas bangsa, meningkatkan etos kerja, dan produktivitas bangsa.

Demikian imbauan yang disampaikan Presiden Jokowi pada puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2016 yang diselenggarakan di Pantai Kuta Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (9/2/2016). Hadir pada acara tersebut, antara lain Ketua Dewan Pers Bagir Manan, Ketua Umum PWI Margiono, Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli, Menteri Pariwisata Arief Yahya, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Berita di media massa, kata Presiden, ada yang menyehatkan dan tidak. “Saya hanya minta pers ikut membangun optimisme, etos kerja, ‎dan meningkatkan produktivitas rakyat,” kata Jokowi. Presiden juga meminta pers jangan sampai terjebak berita pesimisme. “Bayangkan ada berita, Indonesia diprediksi akan hancur,” kata Jokowi.

Berita seperti itu, lanjutnya, sama sekali tidak membangun masa depan Indonesia yang lebih baik. “Ada juga berita, semua pesimistis target pembangunan tercapai‎. Ada juga yang menulis, rupiah akan ambyar. Indonesia akan hancur. Banyak lagi berita yang menyulitkan kita berkompetisi,” paparnya.

Jika berita seperti itu terus-menerus dipublikasikan akan muncul distrust. “Kalau tak ada trust, tak ada modal masuk. Pers wajib membangun trust,” ujar Jokowi. Pers, kata Presiden, berperan membangun optimisme sehinngga pers Indonesia wajib membentuk moralitas masyarakat. “Berita pers acap mencampuradukkan opini dan fakta. Dahulu, pers ditekan pemerintah. Kini, pers justru menekan masyarakat,” katanya.

Adapun patainanews.com berkesempatan hadir mengikuti puncak peringatan HPN 2016 di Lombok juga didukung d’Praya Lombok Hotel dan Warteg Kharisma Bahari (WKB). Rangkaian peringatan HPN 2016 dimulai dari berlayar dari Surabaya, Jawa Timur, Jumat (5/2/2016) menggunakan kapal perang TNI AL KRI Makassar 590 yang tiba di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, Sabtu (6/2/2016). (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Tour Package

Joey Alexander, Pianis Muda Promosikan Indonesia di Pentas Dunia

Joey Alexander (Ist) Lahir di Bali, 25 Juni 2003 silam, pianis Joey Alexander kali pertama berkenalan dengan jazz melalui ayahnya, dimana ia mendengarkan berbagai lagu klasik dari seluruh koleksi ayahnya.

Tour Package

PATA Travel Mart 2016 Positif untuk Perekonomian Nasional

Menteri Pariwisata Arief Yahya berbincang dengan Chairman PATA Indonesia Chapter SD Darmono (Ist)  Kegiatan berskala internasional dalam bursa pariwisata dunia, PATA Travel Mart 2016 yang akan diselenggarakan di Jakarta diperkirakan

All About Indonesia

Gisele Liora, Cerita Malaikat Kecil itu yang Menyatukan Kami…

Gisele Liora (kiri) dan ibundanya, Nadya Larassatya Putri (Ist)  Adalah Gisele Liora, seorang anak kecil yang mampu menyatukan perbedaan antara ibundanya, Nadya Larassatya Putri dengan seorang teman ibunya, Gabriel Bobby.

Culture

TripAdvisor Pilih Hotel Neo Samadikun Cirebon

Gifta Oktavia Rappe (Ist) Situs perjalanan TripAdvisor mengungkap temuan menarik mengenai alasan wisatawan menulis ulasan tentang Hotel Neo Samadikun Cirebon. Ya, hotel yang ada di Cirebon, Jawa Barat ini tengah

World Heritage

Tanjung Lesung akan Dicontoh Takalar

Festival Pesona Bahari Tanjung Lesung (Ist) Detinasi wisata di Tanjung Lesung di Pandeglang, Banten dianggap bisa menjadi contoh yang tepat bagi pemerintah kabupaten Takalar yang ada di Sulawesi Selatan sebagai

Travel Operator

Nongsa Regatta 2019 Sukses

Nongsa Regatta 2019 sukses digelar di kawasan Nongsa Point Marina, Batam, Kepulauan Riau (Ist) Nongsa Regatta 2019 sukses digelar di kawasan Nongsa Point Marina, Batam, Kepulauan Riau pada 25 hingga