Presiden Jokowi Minta Publikasi Asian Games 2018 Lebih Gencar

WhatsApp Image 2018-04-20 at 09.53.59

Presiden Jokowi (peci hitam) (Sekretariat Presiden)

Presiden Jokowi minta event Asian Games XVIII yang akan digelar di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 mendatang, agar dipublikasikan lebih gencar sehingga event pesta olahraga terbesar di Asia itu berjalan sukses dan membawa harum nama Indonesia di mata dunia.

“Saya melihat belum ada pergerakan yang sangat signifikan terhadap promosi even Asian Games, baik di media-media lokal maupun internasional. Oleh sebab itu, saya minta sisi promosi untuk betul-betul diperhatikan,” kata Presiden Jokowi dalam rapat terbatas tentang perkembangan persiapan Asian Games XVIII di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu, (18/4/2018).  

Presiden Jokowi meminta menjelang pelaksanaan Asian Games aktivitas publikasi harus dilakukan secara rutin minimal dua minggu sekali, baik di media nasional maupun internasional.  “Mestinya dalam posisi pelaksanaan yang sudah dekat, setiap dua minggu harus ada (publikasi) untuk media nasional maupun internasional. Harus rutin diadakan dalam rangka mempromosikan Asian Games ke-18 ini,” ungkap Presiden Jokowi dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Jumat (20/4/2018).

Pada rapat terbatas tersebut, Presiden Jokowi menginginkan laporan dari jajaran terkait mengenai detail-detail lain, seperti persiapan infrastruktur transportasi, lokasi pertandingan, hingga kesiapan atlet-atlet Indonesia yang akan berlaga di ajang tersebut.

“Saya ingin mendengar laporan detail mengenai persiapan, baik infrastruktur, venue maupun non-venue, dan persiapan teknis pelaksanaan mulai dari kira-kira pembukaan seperti apa, pertandingannya seperti apa hingga acara penutupan. Juga kesiapan para atlet kita yang akan berlaga di Asian Games ke-18,” kata Presiden Jokowi.

Partisipasi Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk mensukseskan even Asian Games XVIII di Jakarta dan Palembang, yakni Kemenpar bersama dengan stakeholder pariwisata gencar mempromosikan paket-paket wisata even olahraga tersebut dalam berbagai pameran dan bursa pariwisata internasional.

Ajang Asean Tourism Forum (ATF) yang berlangsung di Chiang Mai, Thailand, pada TRAVEX (Travel Expo) di stand pameran disiapkan berbagai informasi tentang obyek wisata di sekitar venue Asian Games. Untuk menarik calon wisatawan dari Malaysia, Kemenpar menyelenggarakan kegiatan Familiarization Trip (Famtrip) di Palembang bagi Travel Agent atau Travel Operator dari Kuala Lumpur, Putrajaya, Perak dan Negeri Sembilan.

Untuk melihat langsung kesiapan berbagai fasilitas pariwisata dan mengadakan table top dengan sellers. Memfasilitasi industri pariwisata untuk berpartisipasi pada Vietnam International Travel Mart 2018, bertempat di Hanoi International Center for Exhibition dengan menggandeng 7 industri pariwisata terdiri travel agent dan hotelier sebagai sellers.

Mempromosikan 7 paket wisata bagi wisatawan yang akan menyaksikan langsung pertandingan olahraga dengan tagline Asian Games 2018 Tour Packages di pameran Malaysian Association of Tour and Travel Agent (MATTA) Fair.

Pada pameran NATAS Travel Fair tersebut oleh pelaku industri Indonesia telah disiapkan sekitar 151 paket wisata Asian Games, dimana sebesar 70 persennya terkonsentrasi di tiga lokasi venue Asian Games 2018, yakni Palembang, Jakarta dan Jawa Barat serta Banten.

Indonesia mendapat kerpercayaan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Asian Games untuk kedua kalinya, yaitu Asian Games IV tahun 1962 di Jakarta dan pada Asian Games XVIII di Jakarta dan Palembang pada tanggal 18 Agustus sampai 2 September 2018 mendatang. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Heritage

Mawar, Si Penghuni Perairan Pantai Mali di Alor

Keindahan destinasi wisata bahari di Alor (Ist) Keberagaman biota laut di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur menjadi daya tarik wisatawan untuk melancong ke sana. Salah satunya untuk melihat mamalia laut

Indonesia itu Bagus

MENARI Efektif Kenali Fibrilasi

Press conference Jumlah penduduk yang bertambah dan adanya perubahan gaya hidup di kalangan masyarakat Indonesia ternyata bisa meningkatkan angka penderita penyakit jantung. Spektrum gejala jantung cukup lebar mulai dari tanpa

World Heritage

Upaya Sayudi Melalui WKB Mewartegkan Indonesia

Yudi bersama sang istri tercinta dan tiga anak Tak salah menyebut Sayudi, pemilik Warteg Kharisma Bahari sebagai sosok fenomenal. Mengamati dirinya memang menarik sebab Sayudi mampu mengembangkan salah satu kuliner

Hotel

Jangan Lupa Menikmati Wisata Kuliner Nusantara

Sate, kuliner Nusantara yang populer (Ist) Wisata kuliner Nusantara tak boleh dilupakan wisatawan ketika berkunjung ke berbagai destinasi yang ada di Indonesia. Nikmati beragam kuliner memikat asal Indonesia dalam Festival

Slideshow

Memandang Laut dari Bintang Galesong Takalar

Sunset di Bintang Galesong (Ist) Wisata bahari sepertinya kental dengan Takalar. Sejumlah destinasi wisata bahari di kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan memang mengundang wisatawan, baik wisatawan domestik maupun turis

Airlines

Oktober Jalan-Jalan ke Soppeng Lihat Bunda Maria Pieta

Ilustrasi Patung Bunda Maria Pieta (Ist) Tak terasa akhir tahun semakin dekat. Dan, destinasi wisata di Indonesia yang harus diakui memang beragam akan semakin ramai dikunjungi wisatawan. Tak hanya bisa