Presiden Jokowi Resmikan Kereta Bandara

WhatsApp Image 2018-01-02 at 14.03.53

Presiden Jokowi mencoba KA Bandara (Ist)

Semangat Presiden Jokowi membangun Indonesia semakin terlihat. Pariwisata yang dijadikan core economy bangsa juga semakin terdengar dan terus viral. Semua sektor pun ikut support pariwisata sebagai satu diantara prioritas pembangunan di kabinet kerja, selain infrastruktur, pangan, energi, dan maritim.

Bahkan, peresmian KA Bandara, Selasa (2/1/2018) ikut dikawal langsung Presiden Jokowi. Gairah pariwisata pun semakin berkobar. Apalagi inovasi dan layanan KA Bandara ini memberikan kepastian, kecepatan, dan kenyamanan terhadap penumpang dan wisatawan.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pagi ini saya resmikan pengoperasian kereta Bandara Soekarno-Hatta,” ujar  Presiden Jokowi saat meresmikan KA Bandara dalam siaran pers yang diterima patainanews.com. Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Gubernur Banten Wahidin Halim, Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Zulkifli, Dirut AP II Muhammad Awaludin, Dirut PT KAI Edi Sukmoro, dan Dirut Railink Heru Kuswanto.

Presiden mengatakan, peresmian KA Bandara ini juga menunjukkan kerja keras dari berbagai pihak. Utamanya BUMN yang sudah running tiga tahun. “Alhamdulillah setelah tiga tahun, kerja keras untuk menyelesaikan kereta Bandara Soekarno-Hatta akhirnya bisa kita resmikan, pagi ini,” ujar Jokowi.

Impact-nya diyakini bakal sangat dahsyat. Kedepan, setelah terintegrasi dengan MRT, LRT, kereta cepat, maka akan banyak masyarakat yang tidak lagi menggunakan mobil pribadi. “Nanti semuanya mau pindah transportasi massal umum yang aman dan nyaman,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi yang hadir dengan mengenakan kaos lengan panjang dan sepatu kets, usai peresmian kemudian mencoba langsung KA Bandara menuju Stasiun Sudirman Baru. Usai mencoba KA Bandara, Presiden Jokowi pun langsung melemparkan pujian untuk kereta bandara.

“Kalau kita lihat keretanya bagus-bagus dan nyaman. Dan Yang paling penting tepat waktu. 55 menit. Sangat cepat,” katanya. Sementara Menpar Arief Yahya melihat, ini sebagai bentuk konkret keseriusan dan komitmen Presiden Jokowi dalam membangun pariwisata secara total.

Semua lini, semua ruang diorkestrasi untuk memperkokoh fondasi soliditas pariwisata. Jika CEO negara ini sudah mengarahkan haluan ke sektor pariwisata, Menpar Arief semakin yakin atmosfer itu akan semakin cepat terwujud. “Terima kasih Pak Presiden,” kata Menpar Arief Yahya singkat.

Adapun KA Bandara Internasional Soekarno-Hatta memiliki total 10 rangkaian yang berkapasitas penumpang secara keseluruhan yaitu sekitar 272 orang. Beroperasi dengan rencana operasional yaitu 03.21 sampai dengan 22.51 WIB setiap harinya dengan total 42 perjalanan pp dengan durasi perjalanan yang ditempuh sekitar 55 menit.

“Semuanya sangat keren. Customer interfacing unit kita, semuanya diset dengan global standard. Bandaranya jadi sangat ramah wisatawan. Kalau seluruh proses kerja ini bisa kita sistemkan, maka kita akan betul-betul bisa mengendalikan perang-perang yang kita jalankan dan memastikan kemenangan,” ujar Arief Yahya.

Kementerian Perhubungan telah menetapkan dan memberlakukan tarif promo mulai dari 26 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018 dengan harga sebesar Rp30.000. Namun terhitung mulai 2 Januari 2018 berlaku tarif sebesar Rp70.000.

Nantinya tarif tersebut berlaku untuk seluruh stasiun yang melayani tujuan Stasiun Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan sistem pembayaran cashless (non tunai). Rute KA Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan melewati Stasiun Manggarai – Stasiun Sudirman baru (BNI City) – Stasiun Duri – Stasiun Batu Ceper – Stasiun Soekarno-Hatta, begitu pun sebaliknya dari arah bandara.

Namun, untuk tahap awal KA bandara baru melayani naik turun penumpang dari tiga stasiun, yaitu Stasiun Sudirman Baru (BNI City), Stasiun Batu Ceper dan Stasiun Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Fasilitas penunjang lainnya yang dapat dimanfaatkan penumpang untuk mobilitas perpindahan antarterminal setelah tiba di Stasiun Bandara Internasional Soekarno-Hatta yaitu adalah Sky Train atau Kereta Layang (KALAYANG).

Sky Train atau KALAYANG di Bandara Internasional Soekarno-Hatta beroperasi selama 20 jam sehari mulai pukul 04.27 hingga 00.17 WIB dimana waktu tersebut menyesuaikan dengan jadwal kedatangan KA bandara di Stasiun Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan empat jam sisanya dialokasikan untuk daily maintenance dan istirahat. (Gabriel Bobby)





About author



You might also like

Tourism

Pertumbuhan Pariwisata RI di Atas ASEAN

Indonesia menjadi daya tarik wisatawan mancanegara sehingga Bali sudah dikenal di dunia. Banyak turis asing yang berkunjung ke Pulau Dewata termasuk melihat Keris Bali (www.ninaflynnphotography.com) Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke

Culture

Sambut ASIAN GAMES 2018, PATA Indonesia akan Ikut Promosikan Palembang

Logo ASIAN GAMES 2018 (Ist) DKI Jakarta dan Palembang di Sumatera Selatan dipercaya menjadi tuan rumah bersama penyelenggaraan ASIAN GAMES 2018. Event olah raga yang melibatkan negara-negara di kawasan Asia

Hotel

15 Destinasi Wisata Favorit 2017

Tanjung Lesung, destinasi wisata yang termasuk 10 Bali baru (Ist) Tahun 2017 disebut sebagai tahun yang menyenangkan buat berlibur sebab ada beberapa hari libur nasional yang bisa dimanfaatkan utk berlibut.

Tour Package

Pariwisata Indonesia Butuh SDM Andal

CEO Batik Fractal Nancy Margried (Ist) Keindahan alam, termasuk potensi wisata bahari yang ada di beragam destinasi wisata di Indonesia sepertinya tak tertandingi oleh negara lain. Kendati demikian, untuk mempertahankan

Tour Package

Lari Bersama Dikna Faradiba dengan Latar Belakang Alam di Ijen Green Run 2017

Bupati Baynyuwangi Abdullah Azwar Anas (kaus putih) (Ist) Destinasi wisata Banyuwangi semakin mendunia. Apalagi dengan rencana sport event yang bertajuk Banyuwangi Ijen Green Run 2017, yang akan digelar Minggu, 23

Slideshow

Long Weekend ke Tanjung Lesung Lihat Pengibaran Bendera di Bawah Laut

Bertepatan dengan peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia, PT Banten West Java Tourism Development (BWJ) sebagai pengembang kawasan pariwisata Tanjung Lesung yang telah diresmikan pengoperasiannya sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) oleh