Presiden Jokowi Terkesan Pesta Kesenian Bali

Presiden Jokowi (Ist)

Presiden Jokowi sangat terkesan saat membuka Pesta Kesenian Bali (PKB) di depan Monumen Bajra Sandi Renon, Denpasar, Bali pada Sabtu (23/6/2018).

Presiden Jokowi bahkan meminta PKB 2018 ditampilkan saat IMF-WB Annual Meetings 2018 Oktober nanti. Ditemani Ibu Negara Iriana, Presiden Jokowi membuka acara dengan memakai udeng hijau, topi khas Bali. “Dengan membaca bismillahirrahmannirrahim, pawai Pesta Kesenian Bali ke-40 2018 saya nyatakan dimulai,” buka Presiden Jokowi yang dilanjutkan dengan pemukulan gong didampingi Gubernur Bali, I Made Mangku Pastika.

Setelah menyambut rombongan Presiden Jokowi beserta sejumlah Menteri Kabinet Kerja dengan tarian sesuai tema PKB tahun ini yaitu tarian api ‘Teja Dharmaning Kauripan’ atau Api Spirit Penciptaan, acara dilanjutkan dengan penampilan kesenian dari sembilan kabupaten/kota di Bali.

Parade budaya ini juga diikuti oleh perwakilan peserta dari luar Bali seperti Papua, komunitas dari Sunda Kecil serta perwakilan dari Konjen Jepang dan China. Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, Dewa Putu Beratha mengatakan, pawai pembukaan ini diikuti 1000 seniman.

“Semua kontingen ada 18 termasuk penari dan penabuh dari kampus ISI Denpasar (yang membawakan tarian api). Keseluruhan untuk pawai pembukaan ini sekitar 1.000 seniman,” kata Beratha dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

Saat melepas pawai, Presiden Jokowi menaiki mobil hias mengikuti rute pawai. Melalui mobil hias berdesain khas puri Bali, Presiden Jokowi membagikan kuliner khas Bali kepada para pengunjung yang antusias. Presiden Jokowi sangat terkesan dengan PKB 2018 ini dengan melontarkan pujian bagus, berkarakter, dan unik penuh seni budaya.

Bahkan Presiden Jokowi meminta Pawai PKB ditampilkan saat IMF-World Bank Annual Meetings 2018 Oktober mendatang. “Beliau minta nanti pada pertemuan IMF-World Bank supaya diadakan acara seperti ini. Nanti tinggal dikoordinasikan apakah diadakan di Nusa Dua ataukah di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Denpasar,” kata Gubernur I Made Mangku Pastika.

Menteri Pariwisata Arief Yahya melayangkan apresiasi tinggi kepada Presiden Jokowi yang telah membuka PKB 2018. “Keberadaan Presiden di Bali sudah bercerita banyak. Terimakasih Pak Presiden. Bagi yang belum sempat nonton, masih ada waktu hingga 21 Juli 2018,” kata Menpar Arief.

PKB ke-40 digelar pada 23 Juni hingga 21 Juli mendatang dengan mengangkat tema ‘Teja Dharmaning Kauripan: Api Spirit Penciptaan’. Dengan tema spirit ini diharapkan mampu membangun dan mengobarkan semangat masyarakat serta menciptakan iklim yang kondusif, kreatif, inovatif, serta arif dalam menyikapi berbagai peristiwa. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Festival

Presiden Jokowi Permudah Yacht Asing ke Indonesia

Ilustrasi Yacht asing (Ist) Guna lebih meningkatkan kunjungan kapal wisata (yacht) asing ke Indonesia, pemerintah memandang perlu mengatur kembali kemudahan dalam hal pengurusan dokumen untuk memasuki wilayah perairan Indonesia bagi kapal wisata (yacht)

Investments

Jababeka Kembangkan Kawasan Industri Kendal

RUPST PT Jababeka Tbk (Ist) PT Kawasan Industri Jababeka Tbk (KIJA) memutuskan tidak membagikan dividen tahun buku 2015 berkaitan rencana ekspansi yang dilakukan perseroan pada tahun ini. Direktur Utama PT

Festival

Pigijo Bantu Promo Film Kulari Ke Pantai

Pigijo bantu promosi film Kulari Ke Pantai Komunitas traveling, Pigijo diketahui ikut membantu promosi film Kulari Ke Pantai. Hal tersebut berdasarkan pengamatan patainanews.com di intagram pigijo belum lama ini. Claudia Ingkiriwang,

Cuisine

Menanti Menteri Pariwisata Arief Yahya Mengembangkan Wisata Kopi Indonesia

Berharap adanya dukungan dari Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) dalam International Expo Coffee (Ist) Peran pemerintah memang tak pernah bisa dilepaskan dalam pengembangan pariwisata Indonesia hingga ke mancanegara. Kendati demikian,

All About Indonesia

Sinergi Dompet Dhuafa dan Madame Coffee Meningkatkan Kesejahteraan Petani Kopi Indonesia

Madame Coffee Diah Ayu Olif (baju merah) didampingi Direktur Utama Dompet Dhuafa drg Imam Rulyawan (jas hitam) (Ist) Negeri ini selama ini memang dikenal kaya akan beragam potensi wisata yang

World Heritage

Polygon Siap Dukung Pengembangan Sport Tourism di Indonesia

Polygon (Ist) Upaya pemerintah mengembangkan sport tourism di Indonesia untuk meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke negeri ini sepertinya tak sia-sia lantaran banyak pihak yang tertarik untuk ikut serta mengembangkan sport