Presiden Jokowi Terkesan Pesta Kesenian Bali

Presiden Jokowi (Ist)

Presiden Jokowi sangat terkesan saat membuka Pesta Kesenian Bali (PKB) di depan Monumen Bajra Sandi Renon, Denpasar, Bali pada Sabtu (23/6/2018).

Presiden Jokowi bahkan meminta PKB 2018 ditampilkan saat IMF-WB Annual Meetings 2018 Oktober nanti. Ditemani Ibu Negara Iriana, Presiden Jokowi membuka acara dengan memakai udeng hijau, topi khas Bali. “Dengan membaca bismillahirrahmannirrahim, pawai Pesta Kesenian Bali ke-40 2018 saya nyatakan dimulai,” buka Presiden Jokowi yang dilanjutkan dengan pemukulan gong didampingi Gubernur Bali, I Made Mangku Pastika.

Setelah menyambut rombongan Presiden Jokowi beserta sejumlah Menteri Kabinet Kerja dengan tarian sesuai tema PKB tahun ini yaitu tarian api ‘Teja Dharmaning Kauripan’ atau Api Spirit Penciptaan, acara dilanjutkan dengan penampilan kesenian dari sembilan kabupaten/kota di Bali.

Parade budaya ini juga diikuti oleh perwakilan peserta dari luar Bali seperti Papua, komunitas dari Sunda Kecil serta perwakilan dari Konjen Jepang dan China. Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, Dewa Putu Beratha mengatakan, pawai pembukaan ini diikuti 1000 seniman.

“Semua kontingen ada 18 termasuk penari dan penabuh dari kampus ISI Denpasar (yang membawakan tarian api). Keseluruhan untuk pawai pembukaan ini sekitar 1.000 seniman,” kata Beratha dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

Saat melepas pawai, Presiden Jokowi menaiki mobil hias mengikuti rute pawai. Melalui mobil hias berdesain khas puri Bali, Presiden Jokowi membagikan kuliner khas Bali kepada para pengunjung yang antusias. Presiden Jokowi sangat terkesan dengan PKB 2018 ini dengan melontarkan pujian bagus, berkarakter, dan unik penuh seni budaya.

Bahkan Presiden Jokowi meminta Pawai PKB ditampilkan saat IMF-World Bank Annual Meetings 2018 Oktober mendatang. “Beliau minta nanti pada pertemuan IMF-World Bank supaya diadakan acara seperti ini. Nanti tinggal dikoordinasikan apakah diadakan di Nusa Dua ataukah di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Denpasar,” kata Gubernur I Made Mangku Pastika.

Menteri Pariwisata Arief Yahya melayangkan apresiasi tinggi kepada Presiden Jokowi yang telah membuka PKB 2018. “Keberadaan Presiden di Bali sudah bercerita banyak. Terimakasih Pak Presiden. Bagi yang belum sempat nonton, masih ada waktu hingga 21 Juli 2018,” kata Menpar Arief.

PKB ke-40 digelar pada 23 Juni hingga 21 Juli mendatang dengan mengangkat tema ‘Teja Dharmaning Kauripan: Api Spirit Penciptaan’. Dengan tema spirit ini diharapkan mampu membangun dan mengobarkan semangat masyarakat serta menciptakan iklim yang kondusif, kreatif, inovatif, serta arif dalam menyikapi berbagai peristiwa. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

Tourism

Libur Lebaran Keliling Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (ketiga dari kiri) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya meminta masyarakat tidak perlu takut berwisata. Terkait dengan situasi pasca bom Solo, Arief Yahya mengatakan bahwa kondisi berbagai

Slideshow

Menyambut GMT 2016, patainanews.com Mempersembahkan gmt2016.com

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga (tengah) didampingi President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (kanan) (Ist) Menyambut Gerhana Matahari Total (GMT) 2016 di Indonesia yang terjadi mulai

Destinations

Ke Tiongkok, Pemerintah Belajar Kembangkan Danau Toba

Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor (kedua dari kiri) didampingi Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan tanda mata kepada Walikota Hangzhou Zhang Hongming (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya melakukan kunjungan kerja ke

Heritage

Peran Pelindo III Besar dalam Kembangkan Pariwisata RI

Direktur Utama PT Pelindo III Djarwo Surjanto (Ist) Manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III ternyata memiliki peran besar dalam mendukung upaya pemerintah mengembangkan potensi pariwisata Indonesia hingga ke mancanegara guna

Heritage

2018, Pemerintah Harus Serius Garap Wisatawan Asia Pasifik

Anis (kiri) dan Iffa, dua turis dari Malaysia ketika berkunjung ke Jakarta tahun lalu Sebagai upaya merealisasikan target kunjungan 17 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia pada tahun ini, maka pemerintah

Travel Operator

Perlu Sentuhan Personal dalam Pariwisata

Presiden Direktur PT JAS Adji Gunawan (Ist) Wisatawan mancanegara yang selama ini berkunjung ke Indonesia untuk menikmati pariwisata dan budaya negeri ini memang beragam. Turis asing yang datang ke Tanah