Presiden Jokowi Terkesan Pesta Kesenian Bali

Presiden Jokowi (Ist)

Presiden Jokowi sangat terkesan saat membuka Pesta Kesenian Bali (PKB) di depan Monumen Bajra Sandi Renon, Denpasar, Bali pada Sabtu (23/6/2018).

Presiden Jokowi bahkan meminta PKB 2018 ditampilkan saat IMF-WB Annual Meetings 2018 Oktober nanti. Ditemani Ibu Negara Iriana, Presiden Jokowi membuka acara dengan memakai udeng hijau, topi khas Bali. “Dengan membaca bismillahirrahmannirrahim, pawai Pesta Kesenian Bali ke-40 2018 saya nyatakan dimulai,” buka Presiden Jokowi yang dilanjutkan dengan pemukulan gong didampingi Gubernur Bali, I Made Mangku Pastika.

Setelah menyambut rombongan Presiden Jokowi beserta sejumlah Menteri Kabinet Kerja dengan tarian sesuai tema PKB tahun ini yaitu tarian api ‘Teja Dharmaning Kauripan’ atau Api Spirit Penciptaan, acara dilanjutkan dengan penampilan kesenian dari sembilan kabupaten/kota di Bali.

Parade budaya ini juga diikuti oleh perwakilan peserta dari luar Bali seperti Papua, komunitas dari Sunda Kecil serta perwakilan dari Konjen Jepang dan China. Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, Dewa Putu Beratha mengatakan, pawai pembukaan ini diikuti 1000 seniman.

“Semua kontingen ada 18 termasuk penari dan penabuh dari kampus ISI Denpasar (yang membawakan tarian api). Keseluruhan untuk pawai pembukaan ini sekitar 1.000 seniman,” kata Beratha dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

Saat melepas pawai, Presiden Jokowi menaiki mobil hias mengikuti rute pawai. Melalui mobil hias berdesain khas puri Bali, Presiden Jokowi membagikan kuliner khas Bali kepada para pengunjung yang antusias. Presiden Jokowi sangat terkesan dengan PKB 2018 ini dengan melontarkan pujian bagus, berkarakter, dan unik penuh seni budaya.

Bahkan Presiden Jokowi meminta Pawai PKB ditampilkan saat IMF-World Bank Annual Meetings 2018 Oktober mendatang. “Beliau minta nanti pada pertemuan IMF-World Bank supaya diadakan acara seperti ini. Nanti tinggal dikoordinasikan apakah diadakan di Nusa Dua ataukah di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Denpasar,” kata Gubernur I Made Mangku Pastika.

Menteri Pariwisata Arief Yahya melayangkan apresiasi tinggi kepada Presiden Jokowi yang telah membuka PKB 2018. “Keberadaan Presiden di Bali sudah bercerita banyak. Terimakasih Pak Presiden. Bagi yang belum sempat nonton, masih ada waktu hingga 21 Juli 2018,” kata Menpar Arief.

PKB ke-40 digelar pada 23 Juni hingga 21 Juli mendatang dengan mengangkat tema ‘Teja Dharmaning Kauripan: Api Spirit Penciptaan’. Dengan tema spirit ini diharapkan mampu membangun dan mengobarkan semangat masyarakat serta menciptakan iklim yang kondusif, kreatif, inovatif, serta arif dalam menyikapi berbagai peristiwa. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Culture

patatravelmart2016.com, Pusat Informasi PATA Travel Mart 2016

President/CEO PAT Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (kiri) berpose bersama dengan Head of Sales and Marketing Siti Karmila (tengah) dan President Director Deutshe Mess Venue Operations Aage Hansen (Ist) PATA Indonesia Chapter

Slideshow

I Have a Dream untuk Indonesia

Acara retreat di Papua (Ist) Aster Kasdam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Edward Sitorus memberikan pembekalan patriotisme Dalam Mengejar Cita-Cita kepada 850 siswa-siswi SSB, SMP, dan SMA Kristen Yayasan Biji Sesawi Indonesia yang

Slideshow

Prestasi Dunia, Kado Manis Satu Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Tidak sia-sia usaha keras Menteri Pariwisata Arief Yahya dan jajaran Kementerian Pariwisata (Kemenpar) selama ini. Tadi malam, dini hari WIB, Wonderful Indonesia menyabet tiga penghargaan

Destinations

Sonia Wibisono Jadi Branch Ambassador Bambu Spa

Trisya Suherman (kiri) dan dr Sonia Wibisono di Bambu Spa Sonia Wibisono, dokter berparas cantik ini kini dipercaya sebagai brand ambassador Bambu Spa. Hal tersebut disampaikan Trisya Suherman, pemilik Bampu Spa

Hotel

September, Kunjungan Wisman Meningkat

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada September 2016 mencapai 1.006.653 atau mengalami peningkatan sebesar 9,40% dibandingkan September 2015 berjumlah 920.128 wisman. Selama tiga

Heritage

Tanjung Lesung yang Semakin Lengkap

Peletakan batu pertama Dive Center di Tanjuug Lesung (Ist) Destinasi wisata Tanjung Lesung di Pandeglang, Banten kini semakin lengkap sebab tengah dibangun Dive Center. Tak hanya itu, manajemen PT Banten