President University Bentuk Klub Protokol

Vice Rector III President University Agus H Canny (keempat dari kanan) (Ist)

President University semakin menarik bagi mahasiswa lantaran kampus ini meresmikan berdirinya Klub Protokol tepat satu minggu setelah meresmikan Klub Panahan. Klub Protokol dibuka secara resmi oleh Vice Rector III President University Agus H Canny.

Agus Canny menilai Klub Protokol sangat spesial karena istilah protokol lebih identik dengan tata krama pelaksanaan acara resmi pemerintah, seperti kunjungan presiden atau menerima tamu kenegaraan di Istana.

“Ilmu protokol itu tidak dipelajari di sekolah, tetapi didapat dari pengalaman atau learning by doing. Adanya klub ini merupakan wujud komitmen President University dalam melahirkan seorang protokoler yang mumpuni dalam menyelenggarakan acara-acara besar khususnya di pemerintahan,” kata Agus Canny dalam keterangannya, Rabu (11/7/2018).

Sementara Section Head of Students Activity Susilo mengatakan, jika berdirinya Klub Protokol sekaligus membuktikan bahwa President University siap memberikan ruang seluas-luasnya kepada para mahasiswa untuk bisa menyalurkan minat dan bakatnya.

“Protokol akan menjadi role model bagi mahasiswa yang lain bagaimana menjadi mahasiswa berdedikasi, punya wawasan kebangsaan, dan bela negara. Ini menjadi kesempatan bagi siswa SMA yang memiliki minat dibidang protokoler bisa join ke President University,” ungkap Susilo.

Sebagai sebuah organisasi, mahasiswa dapat belajar dan bekerja sama dalam komunitas yang individunya bermacam-macam. Klub Protokol juga akan melatih sikap mental, disiplin, tata krama yang baik, percaya diri, dan ketegasan.

Susilo menegaskan dia siap mendukung klub ini dengan mendatangkan pembicara untuk pelatihan dan seminar. Bahkan mengakomodir berbagai fasilitas yang dibutuhkan demi kelancaran program kerja Klub Protokol satu tahun ke depan.

Klub Protokol yang diresmikan di Senior Living D’Khayangan Kota Jababeka, Cikarang, pada Selasa (10/7/2018) merupakan pengembangan dari tim Paskibra President University. Klub ke-33 yang dimiliki President University ini digagas oleh mahasiswi Fakultas Teknik Elektro yakni Tamara Eka Fitri.

Tamara memiliki pengalaman dalam tim protokol Istana Negara saat upacara Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-69. Alumni SMA Presiden ini mengungkapkan awalnya Klub Protokol merupakan kumpulan dari personel Paskibra yang bertugas, baik saat upacara bendera, acara penerimaan mahasiswa baru, maupun acara wisuda di President University.

Seiring berjalannya waktu, Tamara berkeinginan kuat untuk membantu President University dalam meningkatkan rasa kebangsaan mahasiswanya dengan mengembangkannya ke bidang protokol. “Seorang paskibra belum tentu protokol, tetapi seorang protokol sudah pasti paskibra karena protokol itu lebih ke manajerial sebuah acara. Melalui Klub Protokol ini mahasiswa dapat mengembangkan diri dalam hal leadership, wawasan kebangsaan dan bela negara,” ungkap Ketua Surya Bhagasasi Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Bekasi tahun 2013 ini.

Setelah resmi berdiri, rencananya pada September mendatang Klub Protokol President University akan mengundang tim Paskibra dari SMA se-Jabodetabek untuk mengikuti Jambore. “Untuk program jangka pendek, kami akan menggelar kegiatan Jambore yang dikemas menarik dan seru yang bisa memberikan ilmu dan pengalaman yang terkait protokol dan paskibra. Sementara untuk program ke depan kami akan mengadakan training leadershiptable mannerdan manajerial,” ungkap Tamara.

Ketua Klub Protokol Arsita Dhuha Adyaningsih juga berjanji akan memperkuat solidaritas para anggota klubnya yang sudah tergabung. Pada awalnya Klub Protokol terbentuk sudah ada 40 mahasiswa yang bergabung.

Menurutnya, bila dibesarkan dengan solid maka akan lebih mudah bekerja sama karena ada ikatan kuat di antara mereka meski berasal dari lintas jurusan. Mahasiswi Jurusan Akutansi yang ikut paskibra sejak duduk di bangku SMP ini pun berharap dengan adanya Klub Protokol, maka kegiatan-kegiatan resmi President University akan menjadi lebih baik dan nampak berbeda sehingga bisa berkesan bagi para tamu undangan. (Gabriel Bobby/berbagai sumber)

About author



You might also like

Culture

Desa Wisata Kental dengan Daya Tarik Budaya Pikat Wisatawan

Kementerian Pariwisata menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata II 2017 (Ist) Kementerian Pariwisata menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata II 2017 sebagai upaya memperkuat sinergitas semua elemen dalam mewujudkan target

Tour Package

UNIKOM Gandeng PATA Indonesia untuk Pelajari Pariwisata Bali

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo Mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) Bandung, Riordan Immanuel Siregar yang akan menyelesaikan skripsi dalam bidang Ilmu Hubungan Internasional memilih PATA Indonesia

Destinations

Aceh Menuju The World’s Best Halal Cultural Destination 2016

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya memompa semangat para ‘CEO (Chief Executive Officer)’, pengambil kebijakan di Nangroe Aceh Darussalam (NAD) di Hotel Hermes, Banda Aceh, Senin, 19

Airlines

Tour Leader Harus Punya Signature

Tedjo Iskandar, Founder dari TTC (tengah) (Ist) Banyak orang yang beranggapan menjadi Tour Leader (TL) adalah pekerjaan mudah. Dan, tidak sedikit pula yang menilai bahwa profesi sebagai TL di era

Airlines

2020, Ada 64 Event Pariwisata Menarik Digelar di Bandung

Launching Bandung Calendar of Event 2020 (Ist) Sebanyak 64 event pariwisata menarik akan digelar di Bandung, Jawa Barat sepanjang 2020 yang diharapkan menjadikan kota kembang itu sebagai destinasi favorit wisatawan.

Travel Operator

NengMas, Melestarikan Permainan Tradisional Indonesia Lewat Sentuhan Batik

Batik NengMas by Poetrie Hanjani (Ist) Pariwisata Indonesia tak bia lepas dari budaya Nusantara dan kearifan lokal. Banyak wisatawan mancanegara yang selama ini berkunjung ke Indonesia ternyata mereka datang ke