President University Juara Kompetisi Pemikiran Kritis Mahasiswa 2017

IMG-20170928-WA0004_1506667059058

Prestasi mahasiswa President University (Ist)

Misi President University dalam melahirkan para intelektual muda yang berwawasan kebangsaan benar-benar berhasil. Ini terlihat dari tiga mahasiswa, yaitu Novela Permata SariDenisa Amelia Kawuryan dan Bryan Johanes Rengkung yang sukses meraih Juara III Kompetisi Pemikiran Kritis Mahasiswa (KPKM) 2017.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti dan Universitas Mercubuana ini bertemakan ‘Pengamalan Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara’. Di final yang berlangsung pada 26 hinga 27 September lalu bertempat di Hotel Horison Bekasi, tiga mahasiswa President University angkatan 2015 ini berhasil mempresentasikan karya tulisnya yang berjudul ‘Pengamalan Nilai Pancasila Melalui Penegakan Kode Etik Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Periode 2014-2019’ sehingga mampu menjadi tiga yang terbaik dari 20 peserta yang masuk final dengan total peserta 335 mahasiswa dari 134 universitas.

Event ini juga bersamaan dengan perhelatan ajang Festival Film Mahasiswa Indonesia (FFMI) 2017. “Alasan pemilihan judul tersebut karena kami melihat bahwa DPR sebagai lembaga perwakilan masyarakat memiliki tingkat kepercayaan terendah dibandingkan institusi lain. Tugas dan tanggung jawab mereka adalah sebagai pembawa aspirasi masyarakat dan lembaga pembuat peraturan perundang-undangan namun belum mampu menjadi contoh atau role model yang baik dalam mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila,” ujar Novela yang tercatat sebagai mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional asal Pontianak ini.

Pada kesempatan yang sama, Denisa yang juga dari Jurusan Hubungan Internasional asal Samarinda menekankan, betapa pentingnya mengaplikasikan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Di lingkungan kampus hal ini juga sejalan dengan penerapan core values of President University yang memang berlandaskan pada Pancasila.

“Meski waktunya mepet untuk persiapan, namun dengan dukungan pihak Student Affairs Department, kami mampu melewati persaingan kompetisi yang sangat ketat karena judul karya tulis dari masing-masing peserta sangat unik. Tentu juga berkat persiapan kami dengan melakukan beberapa brainstorming, konsultasi dengan dosen dan membaca referensi atau literatur,” ungkap Bryanasal Manado yang tercatat sebagai mahasiswa Jurusan Teknik Informatika.

Siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini menulis, Bryan yang saat ini aktif sebagai Chairperson of President University Student Council (PUSC) atau Ketua Senat Mahasiswa President University melalui organisasinya akan terus mendorong pihak kampus untuk banyak mendukung para mahasiswa dalam mengikuti berbagai kompetisi bergengsi. Harapan yang sama juga disampaikan Novela yang merupakan Wakil Ketua Senat, dan Denisa yang saat ini sibuk sebagai Under Secretary General of PUMUN 2016/2017.

Meski sangat aktif di organisasi, namun banyak prestasi yang sudah diraih Novela. Yang terbaru mahasiswi yang bercita-cita sebagai analis ini adalah finalis Future Leader Summit dan SCG Leadership Program 2017, yang berlangsung pada September lalu.

Sementara Denisa tercatat pernah terpilih sebagai 30 TUTOR for Pemuda Mendunia Chapter Malaysia 2017 by Studec International dan Best Delegate and Best Position Paper in ASEAN Youth General Forum, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta 2017. (Gabriel Bobby)





About author



You might also like

Festival

Erupsi Gunung Agung, Bandara Ngurah Rai Ditutup

Gunung Agung di Bali (Ist) Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali terhitung mulai hari ini, 28 November 2017 ditutup. Mulai pukul 07.00 WITA hingga pukul 07.00 WITA Rabu, 29 November 2017.

Destinations

Lembata Kaya akan Biota Laut

Peluncuran Buku Lembata Underwater (Ist) Lembata yang terletak di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur mungkin bukan wilayah yang familiar bagi sebagian masyarakat Indonesia. Meski begitu, pulau dengan luas 1.266,39 km

Tourism

Kampung Lawas Maspati Dipuji BUMN

Rapat kerja Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Kementerian BUMN (Ist) Kesuksesan Kampung Lawas Maspati Surabaya menjadi kampung binaan PT Pelindo III diapresiasi banyak pihak dalam rapat kerja Program Kemitraan

Slideshow

Cassandra Peryma dan Peni Cameron, A Road Trip With Mom Menikmati Waktu Berdua Menyusuri Indonesia

Cassandra Peryma bersama sang ibu, Peni Cameron (Ist) Traveling dengan ibu. Itu yang dilakukan Cassandra Peryma bersama sang ibu, Peni Cameron menikmati kebersamaan dan waku anak beserta ibu serta menikmati

Festival

29 Tahun Mangkrak, PHRI NTB Apresiasi Presiden Jokowi Resmikan KEK Mandalika

Presiden Jokowi di Mandalika, Lombok (Ist) PHRI Nusa Tenggara Barat (NTB) menyambut baik Presiden Jokowi yang telah meresmikan Mandalika yang ada di Lombok sebagai kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika. PHRI

Slideshow

Cesbbi Semakin Eksis ke Malaysia

Cessbi (Ist) Traveling ternyata bisa menciptakan peluang bisnis. Ya, bermula dari suka traveling bersama keluarga keliling berbagai destinasi wisata di Indonesia menimbulkan ide bisnis bagi Ayu Hermanu. Sosok satu ini