Program KBL Wujud Nyata Pelindo III Hadir untuk Negeri

Direktur SDM dan Umum menyerahkan bantuan hibah bina lingkungan

Toto Heli Yanto, Direktur SDM dan Umum PT Pelindo III (kiri) (Ist)

PT Pelabuhan Indonesia III atau yang biasa dikenal dengan Pelindo III memiliki dua tanggung jawab sosial sebagai bagian dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Peran dan tanggung jawab sosial ini diimplementasikan menjadi Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) seperti yang diatur dalam Permen-05/MBU/2007 tentang Program Kemitraan Badan Usaha Milik Negara dengan Usaha Kecil dan Program Bina Lingkungan.

Sepanjang tahun 2016 lalu, Pelindo III sendiri telah merealisasikan penyaluran program kemitraan sejumlah Rp14,25 miliar dan penyaluran program bina lingkungan sejumlah Rp21,40 miliar. Sedangkan pada triwulan I tahun 2017 untuk program kemitraan telah terealisasi sejumlah Rp735 juta dari Rp49,7 milar yang dianggarkan dan untuk program bina lingkungan telah terealisasi Rp5,77 miliar dari total anggaran Rp55,5 miliar.

Sesuai Peraturan Menteri BUMN RI No PER-03/MBU/12/2016 tanggal 16 Desember 2016 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri BUMN Nomor:PER-09/MBU/07/2015 tentang Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan Badan Usaha Milik Negara, biaya pendidikan, pelatihan, pemagangan, pemasaran dan promosi mitra binaan dibebankan pada Program Kemitraan.

Sementara pada Selasa, 16 Mei 2017, PT Pelabuhan Indonesia III kembali menyalurkan Dana Hibah Bina Lingkungan tahun 2017 sebesar  Rp 1,31 miliar untuk objek bantuan yang tersebar di Wilayah Jawa Timur antara lain : Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Pasuruan, Malang, Blitar, Mojokerto, Nganjuk, Magetan, Ponorogo, Ngawi, Lamongan, Bangkalan, Pamekasan, Sumenep, dengan sektor yang dibantu meliputi :

1.  Pendidikan dan atau Pelatihan, dengan total Rp360.000.000,00

2.  Peningkatan Kesehatan dengan total Rp17.500.000,00

3.  Sarana dan Prasarana Umum dengan total Rp288.500.000,00

4.  Sarana Ibadah dengan total Rp651.000.000,00

Keberhasilan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Pelindo III sendiri telah mendapatkan apresiasi dari pihak eksternal. Seperti pada tahun 2016 lalu, Pelindo III mendapatkan Penghargaan Pengembang UMKM Terbaik Kategori BUMN Perhubungan Laut dari Universitas Sebelas Maret dan Penghargaan Sponsor Penanaman Terumbu Karang Serentak dari Korps Marinir TNI AL.

Hal tersebut adalah salah satu bukti bahwa penanganan KBL di Pelindo III juga diakui secara luas. Tak cukup berhenti di situ, untuk memacu semangat para mitra binaan, Pelindo III juga rutin menyelenggarakan pemberian award kepada mitra binaan yang dinilai mensukseskan program kemitraan.

“Ini merupakan langkah serius kami untuk mensinergikan manfaat seluruh sector PKBL yang ada, sehingga mampu memberikan hasil maksimal, bermanfaat bagi masyarakat luas serta dapat mendukung tujuan perusahaan,” jelas Toto Heli Yanto, Direktur SDM dan Umum Pelindo III dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum ini.

Adapun kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan Pelindo III sebagai wujud hadir dan peduli terhadap lingkungan sosial sejalan dengan terpilihnya Jawa Timur sebagai provinsi untuk memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tahun 2017 yang acara puncaknya diadakan pada 20 Desember mendatang, acara penyaluran ini juga mendukung suksesnya peringatan HKSN dimaksud tegasnya.

Dan pada akhir sambutannya, Toto menekankan kepada 69 penerima bantuan hibah Bina Lingkungan untuk melaksanakan amanah dengan baik dan memanjatkan doa  semoga kinerja Pelindo III semakin meningkat sehingga ke depan bantuan semacam ini dapat selalu ditingkatkan secara terus menerus. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

SightSeeing

Tapis Lampung yang Menarik Minat Wisatawan

Kain Tapis khas Lampung yang dibuat masyarakat yang tergabung dalam PKBM Mutiara di Bandar Lampung (Ist) Kain khas tradisional asal Lampung, Tapis menjadi bagian yang tak bisa dipisahkan dari budaya

Airlines

Menjual Destinasi ‘Bunyi’ Indonesia ke Mancanegara

‘KORG Bagimu Negeriku Melestarikan Tradisi dengan Cara yang Tidak Tradisional’ (Ist) Indonesia selama ini dikenal kaya akan beragam potensi wisata dan itu memang sudah terbukti. Negeri ini tak hanya dikenal

Heritage

Ke Tanjung Lesung, Jangan Lupa Beli Batik

Berita Foto Batik khas Tanjung Lesung (Ist)

SightSeeing

PHRI NTB Dukung Wisata Halal

Penyerahan Pataka PHRI dari ketua bidang organisasi BPP PHRI Maulana Yusran kepada Ketua PHRI BPD NTB Lalu Abdul Hadi Faishal sesaat setelah dikukuhkan menjadi Ketua Phri NTB preiode 2016-2021 di

Festival

Banyuwangi, Pesona dari Ujung Timur Jawa yang Diminati Traveler

Tari gandrung Banyuwangi (Ist) Banyuwangi semakin giat mempromosikan pariwisata. Kabupaten di Jawa Timur terus mengembangkan beragam potensi pariwisata yang ada guna menarik minat traveler berkunjung ke Bumi Blambangan. Beberapa destinasi

Culture

Kepri Mendulang Wisman Singapura

Daya tarik wisatawan di Kepri (Ist) Bisnis pariwisata di Kepualauan Riau (Kepri) semakin bergairah. Salah satu yang membuat atmosfer itu bergairah adalah serangkaian events yang di-posting di akhir tahun 2016.