Program KBL Wujud Nyata Pelindo III Hadir untuk Negeri

Direktur SDM dan Umum menyerahkan bantuan hibah bina lingkungan

Toto Heli Yanto, Direktur SDM dan Umum PT Pelindo III (kiri) (Ist)

PT Pelabuhan Indonesia III atau yang biasa dikenal dengan Pelindo III memiliki dua tanggung jawab sosial sebagai bagian dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Peran dan tanggung jawab sosial ini diimplementasikan menjadi Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) seperti yang diatur dalam Permen-05/MBU/2007 tentang Program Kemitraan Badan Usaha Milik Negara dengan Usaha Kecil dan Program Bina Lingkungan.

Sepanjang tahun 2016 lalu, Pelindo III sendiri telah merealisasikan penyaluran program kemitraan sejumlah Rp14,25 miliar dan penyaluran program bina lingkungan sejumlah Rp21,40 miliar. Sedangkan pada triwulan I tahun 2017 untuk program kemitraan telah terealisasi sejumlah Rp735 juta dari Rp49,7 milar yang dianggarkan dan untuk program bina lingkungan telah terealisasi Rp5,77 miliar dari total anggaran Rp55,5 miliar.

Sesuai Peraturan Menteri BUMN RI No PER-03/MBU/12/2016 tanggal 16 Desember 2016 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri BUMN Nomor:PER-09/MBU/07/2015 tentang Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan Badan Usaha Milik Negara, biaya pendidikan, pelatihan, pemagangan, pemasaran dan promosi mitra binaan dibebankan pada Program Kemitraan.

Sementara pada Selasa, 16 Mei 2017, PT Pelabuhan Indonesia III kembali menyalurkan Dana Hibah Bina Lingkungan tahun 2017 sebesar  Rp 1,31 miliar untuk objek bantuan yang tersebar di Wilayah Jawa Timur antara lain : Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Pasuruan, Malang, Blitar, Mojokerto, Nganjuk, Magetan, Ponorogo, Ngawi, Lamongan, Bangkalan, Pamekasan, Sumenep, dengan sektor yang dibantu meliputi :

1.  Pendidikan dan atau Pelatihan, dengan total Rp360.000.000,00

2.  Peningkatan Kesehatan dengan total Rp17.500.000,00

3.  Sarana dan Prasarana Umum dengan total Rp288.500.000,00

4.  Sarana Ibadah dengan total Rp651.000.000,00

Keberhasilan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Pelindo III sendiri telah mendapatkan apresiasi dari pihak eksternal. Seperti pada tahun 2016 lalu, Pelindo III mendapatkan Penghargaan Pengembang UMKM Terbaik Kategori BUMN Perhubungan Laut dari Universitas Sebelas Maret dan Penghargaan Sponsor Penanaman Terumbu Karang Serentak dari Korps Marinir TNI AL.

Hal tersebut adalah salah satu bukti bahwa penanganan KBL di Pelindo III juga diakui secara luas. Tak cukup berhenti di situ, untuk memacu semangat para mitra binaan, Pelindo III juga rutin menyelenggarakan pemberian award kepada mitra binaan yang dinilai mensukseskan program kemitraan.

“Ini merupakan langkah serius kami untuk mensinergikan manfaat seluruh sector PKBL yang ada, sehingga mampu memberikan hasil maksimal, bermanfaat bagi masyarakat luas serta dapat mendukung tujuan perusahaan,” jelas Toto Heli Yanto, Direktur SDM dan Umum Pelindo III dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum ini.

Adapun kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan Pelindo III sebagai wujud hadir dan peduli terhadap lingkungan sosial sejalan dengan terpilihnya Jawa Timur sebagai provinsi untuk memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tahun 2017 yang acara puncaknya diadakan pada 20 Desember mendatang, acara penyaluran ini juga mendukung suksesnya peringatan HKSN dimaksud tegasnya.

Dan pada akhir sambutannya, Toto menekankan kepada 69 penerima bantuan hibah Bina Lingkungan untuk melaksanakan amanah dengan baik dan memanjatkan doa  semoga kinerja Pelindo III semakin meningkat sehingga ke depan bantuan semacam ini dapat selalu ditingkatkan secara terus menerus. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Airlines

Pariwisata NTB Promosi di Malaysia

Ketua BPD PHRI NTB Lalu Abdul Hadi Faishal (kanan) bersama Timbalan Perdana Mentri (Wakil Perdana Menteri) Malaysia Yang Amat Berhormat (YAB )Dato’ Seri Wan Azizah Wan Ismail di kantor Perdana

Festival

Keamanan di Pantai Kuta Lombok Harus Ditingkatkan

Turis asing sepertinya tidak terlihat khawatir ketika melintas dan melihat ada penjagaan ketat saat puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2016 di Lombok yang dihadiri Presiden Jokowi pada 9 Februari 2016 

Slideshow

Gorontalo Promosi Potensi Pariwisata

Pulau Cinta di Gorontalo (Ist) Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Gubernur Gorontalo Ruslie Habibie memperkenalkan Calender of  Event Gorontalo 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor

Slideshow

Revindia Carina Suka Traveling ke Banyuwangi

Revindia Carina Revindia Carina, Miss Global Beauty Queen Indonesia 2017 mengaku suka traveling ke Banyuwangi, Jawa Timur. Perempuan berparas cantik ini mengaku menyukai Banyuwangi lantaran destinasi wisata yang ada di

Tour Package

Irene Camilyn Sinaga Bertekad Majukan Pariwisata Sumsel

Irene Camilyn Sinaga (kanan) berpose bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Selatan (Sumsel) Irene Camilyn Sinaga bertekad memajukan potensi pariwisata Sumsel yang beragam sehingga menjadi daya

Destinations

Kearifan Lokal Pahawang Pikat Wisatawan

Rumah-rumah di Pulau Pahawang sudah semakin jarang yang menggunakan blarak padahal daun kelapa berlimpah (Ist) Tangan kanan Sugiharti mengenggam celurit. Tangan kirinya memegang batang pohon kelapa. Sekali ayun, belasan daun