Promosi Gencar, Pariwisata Indonesia akan Semakin Terkenal

patung-bunda-maria-2

Patung Bunda Maria Segala Bangsa di Maumere menjadi daya tarik wisatawan (Ist)

Pariwisata Indonesia diyakini akan semakin dikenal di dunia dengan adanya promosi yang gencar sehingga berdampak positif terhadap meningkatnya kunjungan wisatawan mancanegara ke negeri ini.

“Pariwisata itu beda dengan properti. Dalam properti itu yang penting lokasi. Sementara kata kunci dalam pariwisata adalah promosi. Jadi, yang penting dalam pariwisata adalah promosi sehingga orang asing bisa mengetahui potensi pariwisata Indonesia yang beragam,” kata Gifta Oktavia Rappe, Hotel Manager Hotel Neo Samadikun Cirebon di Cirebon, Jawa Barat kepada patainanews.com, Senin (3/10/2016).

gifta neo

Gifta Oktavia Rappe (Ist)

Ia begitu fasih bicara mengenai pariwisata karena Gifta, demikian ia kerap disapa, dikenal sudah lama berkecimpung dalam industri pariwisata Indonesia sehingga dirinya pun optimistis pariwisata negeri ini akan semakin berkibar dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara berkunjung ke beragam destinasi wisata di Nusantara.

Senada dengannya, Ketua Komisi XI DPR Melchias Markus Mekeng menuturkan, promosi penting bagi pariwisata Maumere di Flores sehingga akan mendatangkan banyak wisatawan asing ke Maumere. “Kami kini tengah giat mempromosikan pariwisata Maumere sebab Maumere adalah destinasi yang kaya akan potensi pariwisata, seperti wisata bahari, dan wisata religi,” ucapnya menjawab patainanews.com dalam press conference Mandiri Maumere Jazz Fiesta Flores 2016 di Jakarta, Rabu (5/10/2016).

Ia menjelaskan, wisata bahari menjadi andalan pariwisata Maumere lantaran menjadi salah satu spot untuk diving. Tak hanya itu, lanjutnya, ada wisata religi mengenai sejarah Katolik di Maumere dan Flores. Ada patung Bunda Maria Segala Bangsa di Maumere yang juga menjadi daya tarik wisatawan.

jazz maumere

Kiri ke kanan: Andre Hehanusa, Melchias Markus Mekeng (pendiri Yayasan Bapa Bangsa), Trie Utami, Ari Manoppo (Vice President Corporate Secretary Bank Mandiri) dan Agus Setiawan Basuni (Warta Jazz) (Ist)

Melchias mengungkapkan, pariwisata Maumere kini bangkit dan terus melakukan promosi setelah Maumere sempat diterjang tsunami pada 1992 silam. Seperti diketahui, Menteri Pariwisata Arief Yahya tengah gencar mempromosikan pariwisata Indonesia.

Ya, promosi tak bisa dipungkiri menjadi kata kunci dalam pariwisata Indonesia agar bisa semakin dikenal di dunia sehingga membuat semakin banyak wisatawan mancanegara tertarik berkunjung ke negeri ini.

Sebelumnya Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Suprasetyo mendukung Arief Yahya bahwa promosi penting dalam pariwisata Indonesia. Suprasetyo menuturkan bahwa promosi menjadi yang utama dalam pariwisata Indonesia.

Kendati demikian, lanjutnya, akses, termasuk infrastruktur di bandar udara menjadi tanggung jawab Kementerian Perhubungan. Suprasetyo mengemukakan hal tersebut dalam sambutannya di Astindo Jakarta Travel Fair (AJTF) 2016, Jumat (16/9/2016).

Optimistis 2017 Pariwisata Indonesia Kalahkan Malaysia

Beberapa tahun lalu pariwisata negeri jiran, Malaysia dinilai lebih unggul ketimbang Indonesia karena pemerintah negeri jiran tersebut diketahui gencar mempromosikan pariwisata Malaysia di kancah internasional.

“Padahal, masyarakat Indonesia dikenal ramah, helpful, dan terbuka dengan orang lain dan orang asing,” papar Gifta Oktavia Rappe, Hotel Manager Hotel Neo Samadikun Cirebon. Perempuan berparas cantik ini menjelaskan, sebaliknya dengan orang Malaysia yang terkesan tidak ramah, tidak helpful, dan tidak terbuka dengan orang asing.

“Pengalaman saya peroleh saat berkunjung ke Malaysia. Ya, saya ketika ke Malaysia melihat itu semua. Layanan yang diberikan orang di Malaysia, seperti layanan di hotel yang ada di Malaysia tidak seperti yang dilakukan di Indonesia. Seperti kita ketahui bersama, di Indonesia, orang begitu ramah, suka menolong dan terbuka, termasuk kepada wisatawan asing,” paparnya.

Perempuan berparas cantik ini menjelaskan, tak bisa dipungkiri pariwisata Indonesia lebih bagus ketimbang Malaysia. “Indonesia kaya akan destinasi wisata yang beragam dan tersebar di Nusantara. Indonesia dikenal dengan berbagai budaya yang mampu menarik minat turis asing berkunjung ke negeri ini. Indonesia juga kaya akan kuliner khas asal Tanah Air,” paparnya dengan semangat.

Dan, lanjutnya, itu semua tidak dimiliki Malaysia. Namun, menurut perempuan yang terlihat energik ini, pemerintah negeri jiran itu sudah lama mempromosikan pariwisata Malaysia. “Tahun 2013 saya sempat ikut ITB Berlin, dan Malaysia juga ikut di sana. Terlihat booth Malaysia begitu semarak sehingga mengundang banyak orang ingin tahu mengenai pariwisata negeri jiran itu,” ujarnya.

Ia kini bangga kondisi tersebut jelas berbeda lantaran saat ini pemerintah mulai aktif mempromosikan pariwisata Indonesia di luar negeri. Gifta memberikan apresiasi apa yang telah dilakukan Menteri Pariwisata Arief Yahya yang sangat aktif mempromosikan pariwisata negeri ini hingga ke mancanegara.

Karenanya dirinya optimistis pariwisata Indonesia kedepannya mampu mengalahkan Malaysia. Apalagi, Arief Yahya telah mencanangkan tahun depan pariwisata Indonesia bisa mengalahkan Malaysia. Gifta pun mendukung upaya Arief Yahya agar pada 2017 mendatang pariwisata Indonesia mampu mengalahkan negeri jiran, Malaysia. (Gabriel Bobby)

 

 

About author



You might also like

Nature

Samber Gelap, Pesona Wisata Bahari di Kotabaru

Wisata bahari di Samber Gelap (Ist) Indonesia sebagai destinasi memang tak kalah menarik dengan negara lain. Di negeri ini, tak hanya Pulau Dewata, dan Lombok saja lantaran masih beragam potensi

Airlines

Menjual Destinasi Maumere

Capa Resort Maumere (Ist) Manajemen PT Petrada Widya Radahasa sebagai holding company dari Capa Resort Maumere, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengajak pengusaha tour dan travel agent untuk ikut memperkenalkan

World Heritage

d’Praya Lombok Hotel, Dekat ke BIL dan Pantai Kuta Lombok

  Yana (baju hitam) dan Emily dua gadis asal Melbourne, Australia ketika menginap di d’Praya Lombok Hotel didampingi LA Hadi Faishal, General Manager d’Praya Lombok Hotel (berdiri) (Ist) Lombok di Nusa

Nature

Beragamnya Wisata Bahari di Kotabaru

Indahnya wisata bahari di Kotabaru (Ist) Jauh dari keramaian dan terlihat kesederahanaan yang menggambarkan desa di ujung barat Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan menjadi kearifan lokal yang patut jadi panutan. Tanjung

Tourism

Oktober, 25 Negara Ikut MesaStila Challenge & Ultra 2015

ilustrasi lari di alam Wisatawan asing, khususnya yang menyukai olahraga lari akan berkunjung ke Indonesia untuk mengikuti lomba lari ‘MesaStila Challenge & Ultra 2015’. Ajang lomba lari tahun ini bertambah

Festival

Buktikan Sendiri Menginap di Hotel Santika Premiere ICE BSD City

Premiere Suite di Hotel Santika Premiere ICE BSD City (Ist) Indonesia Convention Exhibition (ICE) di BSD City, Banten tak salah disebut sebagai pusat MICE terbesar di negeri ini. Tercatat ICE sudah