Promosi Indonesia di Tiongkok Lewat Wisata Kuliner

menteri AY di Tiongkok

Menteri Pariwisata Arief Yahya di Tiongkok ketika meresmikan Restoran Wonderful Indonesia (Ist)

Wisata kuliner ternyata bisa diandalkan untuk mengajak turis asing berkunjung ke Indonesia. Dan, pemerintah pun jeli mempromosikan restoran khas kuliner Nusantara di luar negeri, khususnya di Tiongkok.

Restoran Wonderful Indonesia yang pertama resmi dibuka di Hefei, China. Adapun restoran ini menjual ikon masakan Nusantara dan memopulerkan branding Wonderful Indonesia.

Sebelum berkunjung langsung ke Indonesia, warga Tiongkok kini bisa mencoba kelezatan kuliner khas Indonesia di Negeri Tirai Bambu ini lantaran Menteri Pariwisata Arief Yahya telah meresmikan Restoran ‘Wonderful Indonesia’ di Victory Road No 10, Distrik Yaotai, Kota Hefei, Anhui, Tiongkok.

“Makanannya standar lidah Indonesia. Diplomasi kuliner adalah langkah cerdik untuk memperkenalkan buah karya budaya masakan Indonesia ke pasar Tiongkok. Sekaligus promosi Wonderful Indonesia melalui selera lidah,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com pada akhir pekan lalu.

Ada dua orang chef di restoran ini yang berasal dari Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung, sekolah yang dibina langsung oleh Kementerian Pariwisata, yakni Muhammad Nurrohman dan Rusna.

Mereka dikontrak khusus untuk menularkan resep menu-menu Indonesia. Satu bulan mereka akan bertugas di Hefei, kemudian diganti oleh chef baru yang sama-sama pengajar di STP Bandung.

Restoran Wonderful Indonesia ini menyajikan 30 ikon masakan Nusantara serta turut memopulerkan bran Wonderful Indonesia. Dari sate ayam hingga rendang, bisa dinikmati di restoran.

Tentunya masakan disesuaikan juga dengan selera orang Tiongkok. “Tinggal disesuaikan dengan selera lidah orang Tiongkok. Yang pasti Kemenpar akan mempromosikan restoran Wonderful Indonesia,” katanya.

Turis asal Tiongkok memang terus berkembang, maka mereka harus familiar dengan masakan khas Indonesia sehingga orang yang hendak berwisata ke Indonesia atau sudah pernah ke Indonesia dan mencicipi masakan itu bisa menjadi pasar yang potensial.

Selain menyajikan makanan enak, Restoran Wonderful Indonesia juga tampak keren dengan hiasan khas Tanah Air. Ada delapan televisi yang memutar semua materi video Wonderful Indonesia dari sejak restoran buka sampai tutup.

Atmosfer adat istiadat Nusantara pun sangat kental terasa begitu masuk ke dalamnya. Ada manekin berukuran mirip pria dan wanita dewasa yang dipajang di setiap sudut ruangan.

Mereka didandani baju adat Bali, suku Padang (Minangkabau), tradisi Jawa, adat Dayak, dan baju Melayu. Di bagian depan ada kotak-kotak dengan pembatas berbentuk lengkung bergaya Aceh. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Hotel

Ke Yogyakarta Jangan Lupa Angkringan Avocado

Angkringan Avocado (Ist) Daerah Istimewa Yogyakarta tak bisa dipungkiri sebagai salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan Nusantara dan turis asing. Ya, sudah sejak lama Yogyakarta diminati banyak orang untuk

Tourism

10 Kuliner Khas Indonesia yang Enak

Ilustrasi Rendang (Ist) Indonesia memang dikenal kaya akan potensi pariwisata. Tak hanya destinasi wisata yang beragam yang tersebar mulai dari kawasan timur Indonesia hingga wilayah barat negeri ini, Indonesia juga

Slideshow

Jababeka Longlife City Finalis 4th APAC Eldercare Innovation Awards 2016

Penghargaan untuk PT Jababeka Tbk Asia Pacific dalam 4th Eldercare Innovation Awards 2016 (Ist) Asia Pacific Eldercare Innovation Awards diadakan oleh Ageing Asia Pte Ltd untuk memberikan penghargaan tahunan kepada organisasi di

Slideshow

Menjual Destinasi Maumere

Capa Resort Maumere (Ist) Manajemen PT Petrada Widya Radahasa sebagai holding company dari Capa Resort Maumere, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengajak pengusaha tour dan travel agent untuk ikut memperkenalkan

Airlines

Perlu Dicarikan Solusi Transportasi untuk Wisatawan Jika Bandara Ditutup

Yoseph Umarhadi (kanan) (Ist) Pemerintah perlu memikirkan untuk mencari solusi transportasi alternatif bagi wisatawan jika bandar udara yang ada di sekitar destinasi wisata di Indonesia ditutup karena terjadi erupsi gunung

Airlines

Semakin Banyak Wisatawan Berkunjung ke Soppeng

Kelelawar di langit biru Soppeng (Ist) Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Soppeng bersyukur kini semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke kabupaten yang terletak di Sulawesi Selatan itu. Hal tersebut