Promosi Pariwisata Indonesia tak Pernah Berhenti

wonderful-Indonesia-logo-new

Wonderful Indonesia (Ist)

Kementerian Pariwisata tak pernah berhenti mempromosikan pariwisata Indonesia hingga ke mancanegara. Dan, kini mulai terlihat hasilnya dengan terjadi peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara, termasuk turis asal Tiongkok ke negeri ini.

Terbukti pada kuartal pertama 2017, jumlah kunjungan wisatawan China meningkat 43.87 persen ketimbang periode 2016 menjadi 525.035. Sementara khusus untuk Bali, wisatawan Tiongkok mencatat kenaikan signifikan 58.12 persen dibanding periode sama di tahun lalu.

Hal itu tidak terlepas dari gencarnya Kemenpar mempromosikan pariwisata Indonesia di China. Salah satunya melalui kerja sama strategis antara Kemenpar dengan Baidu, perusahaan berbasis teknologi dan media terkemuka dari China sejak 2016 lalu.

Adapun kerja sama ini menargetkan untuk mendatangkan 10 juta wisatawan China pada 2019 mendatang. Melihat tingginya antusiasme wisatawan asal China yang berkunjung ke Indonesia, Kamis (20/7/2017) Kemenpar bersama Baidu mengelar workshop di Pulau Dewata. 

Workshop ini bertujuan memberikan paparan dan edukasi kepada pelaku industri untuk menangkap peluang bisnis seiring bertambahnya wisatawan mancanegara dari China. Materi yang diberikan sangat bermanfaat bagi para pelaku industri pariwisata, seperti lanskap wisatawan China dan pengaruh media digital bagi wisatawan China dalam mencari informasi wisata.

Salah satu platform digital yang paling sering digunakan wisatawan China yaitu Qunar, online travel platform yang popular di China. Melalui Qunar, wisatawan bisa memperoleh informasi akurat mengenai informasi wisata dan dapat memesan secara online.

Para pelaku yang hadir antara lain perwakilan hotel, restoran, tur operator, penyewaan kendaraan, dan pelaku pariwisata lainnya. Tak hanya Tiongkok, wisatawan dari kawasan Timur Tengah, seperti Arab Saudi juga diprediksi akan meningkat ke Indonesia.

Kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud pada Maret lalu juga diyakini akan mendorong semakin meningkatnya kunjungaan wisman asal Timteng, termasuk dari Arab Saudii. Ketika Raja Salman datang ke Indonesia, negeri ini begitu serius menyambut kunjungan Raja Arab Saudi ini, termasuk PT Jasa Angkasa Semesta (JAS), perusahaan ground handling swasta nasional yang memberikan layanan ground handling  yang digunakan rombongan Raja Salman pada Maret 2017.

Kemudian Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama yang datang ke Indonesia belum lama ini. Barack Obama bukan hanya hadir berlibur ke Bali dan Borobudur tapi juga menduniakan destinasi-destinasi buat liburan keluarga ke mancanegara.

“Mr Obama adalah endorser yang kuat dan sukses mempromosikan terasering dan subak Jatiluwih Tabanan, rafting di Sungai Ayung Badung, Tirta Embul Tampaksiring Gianyar, Museum Arma di Ubud, Borobudur, Prambanan dan Wonderful Indonesia,” jelas Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Ya, Raja Salman dan Obama menjadi endorser gratis bagi pariwisata karena pengaruh dua orang itu begitu besar di kancah internasional yang bisa meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia. (Gabriel Bobby/berbagai sumber)

 

 

 

About author



You might also like

Slideshow

2017, 1000 Turis Perancis ke Indonesia

Presentasi mengenai Indonesia di Kineapolis di Mulhouse, Perancis (Ist) Promosi Indonesia di Perancis tidak pernah berhenti. Setelah mengalami peningkatan keberangkatan dari Perancis ke Indonesia pada Januari hingga Oktober 2016 sekitar

Travel Operator

Upaya PELNI Mengubah Wajah Pelabuhan Tanjung Priok

KM Kelud (Ist) Pelabuhan yang ada di Indonesia, seperti Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta selama ini terkesan ramai truk, kontainer, dan kendaraan lainnya sehingga terkesan menjadi kurang menarik untuk kegiatan

Destinations

Signing Blue WWF

Suasana MoU Signing Blue yang dihadiri President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo  Penandatanganan nota kesepahaman Signing Blue yang digagas oleh WWF ternyata tidak hanya di Indonesia sebab juga dilakukan di

Slideshow

Sambut Natal dan Tahun Baru Bersama Nabella Salon

Nabella Salon & Sulam (Ist) Tak terasa sudah masuk Desember. Dan, bulan ini identik dengan perayaan Natal dan menyambut Tahun Baru sehingga banyak orang, termasuk masyarakat urban yang biasanya berupaya

Destinations

Tak Perlu ke Luar Negeri, Bulan Madu di Bali Saja

Bali (Ist) Pulau Dewata harus diakui selama ini punya daya tarik yang memikat wisatawan dalam negeri maupun turis asing. Tak hanya menjadi tujuan berlibur semata sebab Bali ternyata juga masuk

Slideshow

2016, Tren Arus Petikemas TPS Naik 2%

CC yang telah sandar di dermaga internasional TPS (Ist) Arus petikemas ekspor impor selama tahun 2016 melalui PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS)  secara total naik 1,6% dari tahun 2015. Capaian