Promosi Pariwisata Nusantara di Perancis

Masyarakat Perancis menikmati promosi pariwisata Indonesia (Ist)

Masyarakat Perancis ternyata suka sekali traveling. Ya, mereka senang sekali traveling ke seluruh penjuru dunia, termasuk ke Indonesia.

Berdasarkan data KBRI Paris tercatat 254.126 wisatawan tahun 2016 silam, 268.064 wisatawan tahun lalu. Animo ini yang dijaring oleh KJRI Marseille dengan menyelenggarakan bazaar Indonesia. Karenanya Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Marseille menyelenggarakan kegiatan bazar yang bertemakan Specialite Culinaire, Produits Artisanaux et Animations yang telah berlangsung dengan sukses pada Sabtu, 30 Juni 2018.

Kegiatan itu merupakan bagian dari promosi kekayaan kuliner, produk kerajinan, budaya, dan pariwisata Indonesia kepada masyarakat Perancis Selatan. Adapun tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk membantu menjaring lebih banyak masyarakat di wilayah Perancis selatan agar lebih mengenal Indonesia, mempromosikan produk Indonesia secara langsung kepada masyarakat Marseille dan sekitarnya, selain juga mendorong mereka agar lebih tertarik melakukan kunjungan wisata ke Indonesia maupun berbisnis dengan pengusaha Indonesia.
 
Siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini menulis, pengunjung dalam kegiatan tersebut sangat ramai, yang datang sekitar 500 orang, sebagian besar adalah masyarakat asing. Baik pengunjung maupun peserta bazar sangat senang pada kegiatan ini yang menurut mereka sangat menarik, meriah dan kreatif.

Adapun produk-produk kerajinan dan masakan yang dipromosikan banyak peminatnya. Guna memeriahkan acara, KJRI Marseille dengan dukungan dari  VITO Perancis juga membagikan doorprize berupa voucher-voucher menginap di hotel-hotel di Bali, Yogyakarta dan Bandung selama tiga hari dua malam bagi pengunjung berkewarganegaraan asing yang beruntung.

Voucher-voucher itu diundi, kemudian diberikan kepada pengunjung asing atas kontribusi dari Jambuluwuk Hotels dan Resorts, Pramana Hotels and Resorts, Tonys Villas and Resort, dan Accor Hotels yang masing-masing berupa voucher untuk 2 orang 1 kamar.

Restoran Indonesia – Paris, serta Restoran Ubud dan Thai Express di Marseille juga ikut menyemarakkan acara dengan voucher kuliner khas Indonesia masing-masing untuk dua orang. Diharapkan voucher-voucher ini dapat meningkatkan jumlah wisatawan dari Perancis Selatan ke Indonesia.
 
Pihak KJRI Marseille memperoleh apresiasi yang positif dari pejabat Kantor Walikota Marseille dan para Konjen asing lainnya. Hal ini terbukti juga dengan para pengunjung yang bertahan hingga acara selesai. Para pengunjung juga menikmati hiburan seperti tarian Sunda dan Bali serta lagu-lagu Indonesia yang dipentaskan pada acara itu.
 
Masyarakat Indonesia yang berada di wilayah Perancis selatan, seperti Marseille, Toulon (sekitar 60 km dari Marseille), dan Toulouse (sekitar 400 km dari Marseille), dengan antusias turut berpartisipasi aktif dalam mengisi 26 stan pada bazar untuk mempromosikan produk-produk dan kulinernya yang menampilkan, antara lain produk kerajinan, perhiasan, kain dan tas batik, baju batik, cendera mata, dan makanan khas Indonesia.
 
Pada stan kuliner, berbagai jenis makanan dan minuman khas Indonesia ditampilkan, antara lain lontong sayur, laksa betawi, sate, pepes ikan, gado-gado, nasi gudeg, perkedel, rempeyek, emping, onde-onde, es cendol, es teler, jamu, dan lain sebagainya.

Lebih jauh, juga ditampilkan produk-produk makanan dalam kemasan, seperti bumbu jadi, makanan kering, kerupuk, kecap, sambal botol, dan mie instan. Demo-demo masak pun dipertunjukkan, yaitu masak nasi goreng, gado-gado, dan minuman jamu. (Gabriel Bobby)
  

About author



You might also like

Airlines

Optimisme Pariwisata Indonesia di Negeri yang Aman

Menteri Pariwisata (kiri) (Ist) Pemerintah menjamin Indonesia aman bagi wisatawan mancanegara. Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menjamin pariwisata Indonesia telah 100 persen pulih dan normal pascaledakan bom dan penembakan di

Travel Operator

Wisatawan Eropa Suka ke Cirebon

 Gifta Oktavia Rappe (Ist) Wisatawan Eropa diketahui suka berkunjung ke Cirebon, Jawa Barat. Turis asal Benua Biru itu banyak yang datang untuk melihat destinasi wisata di Cirebon dan sekitarnya. “Turis

Slideshow

Jelang Ramadan 1439 H, Kampung Wisata Budaya Langenastran Yogyakarta Gelar ‘Ruwah Gumregah’

Kuliner khas ‘Ruwah Gumregah’ (Ist) Kampung Wisata Budaya Langenastran, Kraton, Yogyakarta menyelenggarakan ‘Ruwah Gumregah’. Acara tersebut diselenggarakan dalam bentuk Lomba Membuat Apem dan Pelatihan Membuat Batik Shibori untuk warga di

SightSeeing

Aksi The Golden Route di JFW 2015

Koleksi Lindy Ann di JFW 2015 (Ist) Batik yang merupakan bagian wastra Indonesia rupanya terus dipertahankan banyak orang sebagai kebanggaan akan negeri ini. Dan, batik yang telah secara resmi diakui

Festival

Oktober, 25 Negara Ikut MesaStila Challenge & Ultra 2015

ilustrasi lari di alam Wisatawan asing, khususnya yang menyukai olahraga lari akan berkunjung ke Indonesia untuk mengikuti lomba lari ‘MesaStila Challenge & Ultra 2015’. Ajang lomba lari tahun ini bertambah

SightSeeing

Pesona Lombok Sumbawa di Pesawat Lion Air

Pesawat Lion Air resmi dipasang logo Pesona Lombok Sumbawa (Ist) Lion Air Group yang menaungi maskapai penerbangan Lion Air, Batik Air, dan Wings Air resmi melakukan pemasangan logo Pesona Lombok Sumbawa