Promosi Pariwisata Nusantara di Perancis

Masyarakat Perancis menikmati promosi pariwisata Indonesia (Ist)

Masyarakat Perancis ternyata suka sekali traveling. Ya, mereka senang sekali traveling ke seluruh penjuru dunia, termasuk ke Indonesia.

Berdasarkan data KBRI Paris tercatat 254.126 wisatawan tahun 2016 silam, 268.064 wisatawan tahun lalu. Animo ini yang dijaring oleh KJRI Marseille dengan menyelenggarakan bazaar Indonesia. Karenanya Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Marseille menyelenggarakan kegiatan bazar yang bertemakan Specialite Culinaire, Produits Artisanaux et Animations yang telah berlangsung dengan sukses pada Sabtu, 30 Juni 2018.

Kegiatan itu merupakan bagian dari promosi kekayaan kuliner, produk kerajinan, budaya, dan pariwisata Indonesia kepada masyarakat Perancis Selatan. Adapun tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk membantu menjaring lebih banyak masyarakat di wilayah Perancis selatan agar lebih mengenal Indonesia, mempromosikan produk Indonesia secara langsung kepada masyarakat Marseille dan sekitarnya, selain juga mendorong mereka agar lebih tertarik melakukan kunjungan wisata ke Indonesia maupun berbisnis dengan pengusaha Indonesia.
 
Siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini menulis, pengunjung dalam kegiatan tersebut sangat ramai, yang datang sekitar 500 orang, sebagian besar adalah masyarakat asing. Baik pengunjung maupun peserta bazar sangat senang pada kegiatan ini yang menurut mereka sangat menarik, meriah dan kreatif.

Adapun produk-produk kerajinan dan masakan yang dipromosikan banyak peminatnya. Guna memeriahkan acara, KJRI Marseille dengan dukungan dari  VITO Perancis juga membagikan doorprize berupa voucher-voucher menginap di hotel-hotel di Bali, Yogyakarta dan Bandung selama tiga hari dua malam bagi pengunjung berkewarganegaraan asing yang beruntung.

Voucher-voucher itu diundi, kemudian diberikan kepada pengunjung asing atas kontribusi dari Jambuluwuk Hotels dan Resorts, Pramana Hotels and Resorts, Tonys Villas and Resort, dan Accor Hotels yang masing-masing berupa voucher untuk 2 orang 1 kamar.

Restoran Indonesia – Paris, serta Restoran Ubud dan Thai Express di Marseille juga ikut menyemarakkan acara dengan voucher kuliner khas Indonesia masing-masing untuk dua orang. Diharapkan voucher-voucher ini dapat meningkatkan jumlah wisatawan dari Perancis Selatan ke Indonesia.
 
Pihak KJRI Marseille memperoleh apresiasi yang positif dari pejabat Kantor Walikota Marseille dan para Konjen asing lainnya. Hal ini terbukti juga dengan para pengunjung yang bertahan hingga acara selesai. Para pengunjung juga menikmati hiburan seperti tarian Sunda dan Bali serta lagu-lagu Indonesia yang dipentaskan pada acara itu.
 
Masyarakat Indonesia yang berada di wilayah Perancis selatan, seperti Marseille, Toulon (sekitar 60 km dari Marseille), dan Toulouse (sekitar 400 km dari Marseille), dengan antusias turut berpartisipasi aktif dalam mengisi 26 stan pada bazar untuk mempromosikan produk-produk dan kulinernya yang menampilkan, antara lain produk kerajinan, perhiasan, kain dan tas batik, baju batik, cendera mata, dan makanan khas Indonesia.
 
Pada stan kuliner, berbagai jenis makanan dan minuman khas Indonesia ditampilkan, antara lain lontong sayur, laksa betawi, sate, pepes ikan, gado-gado, nasi gudeg, perkedel, rempeyek, emping, onde-onde, es cendol, es teler, jamu, dan lain sebagainya.

Lebih jauh, juga ditampilkan produk-produk makanan dalam kemasan, seperti bumbu jadi, makanan kering, kerupuk, kecap, sambal botol, dan mie instan. Demo-demo masak pun dipertunjukkan, yaitu masak nasi goreng, gado-gado, dan minuman jamu. (Gabriel Bobby)
  



About author



You might also like

Hotel

Sultan Keraton Kasepuhan Cirebon Apresiasi Kereta Wisata Ajak Wisatawan ke Cirebon

Wisatawan di Keraton Kasepuhan Cirebon (Ist) Sultan Keraton Kasepuhan Cirebon menyambut positif rencana manajemen PT Kereta Api Pariwisata pada akhir tahun depan meluncurkan layanan traveling ke sejumlah destinasi wisata yang

Travel Operator

Wisata Spiritual Dikembangkan di Indonesia

Acara wisata spiritual (Ist) Enam agama utama yang ada di Indonesia bersanding erat dengan kepercayaan dan kearifan lokal yang menjadikan Nusantara ini dikenal sebagai negara yang majemuk. Maka, tak heran

Slideshow

Selalu Berbagi dan Berbuat Baik

Gifta Oktavia Rappe (Ist) Perempuan hebat! Tak salah memang menyebut dirinya sebagai perempuan asli Indonesia yang hebat sebab sosok satu ini memang terlihat begitu cantik, cerdas, dan pekerja keras. Bahkan,

Nature

Festival Budaya Lembah Baliem Incar Turis Tiongkok

Ilustrasi Festival Lembah Baliem (Ist) Pemerintah kabupaten Jayawijaya, Papua berharap Festival Budaya Lembah Baliem ke-28 akan semakin banyak dikunjungi wisatawan mancanegara, termasuk turis dari Tiongkok. Demikian penjelasan Bupati Kabupaten Jayawijaya

Tourism

Kota Budaya, Daya Tarik Turis Asing ke Yogyakarta

Lusi Evie Marya Predikat kota budaya yang diberikan pada Yogyakarta mengacu pada keberadaan Keraton Yogyakarta yang dipandang sebagai pusat kebudayaan Jawa dan menjadi tujuan wisata dari turis asing dari berbagai

World Heritage

PATA Indonesia Dukung Soppeng Promosi Pariwisata

Sambutan dari Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak (Ist) Selama ini destinasi wisata yang sudah dikenal wisatawan di Sulawesi Selatan, seperti Makassar dan Toraja. Padahal, masih banyak destinasi wisata yang menarik