Promosi Wisata RI Kalah dengan Negeri Jiran

Promosi Wisata RI Kalah dengan Negeri Jiran

Indonesia adalah negara yang indah, namun ternyata masih banyak wisatawan mancanegara (wisman) yang belum tahu. Dan, tak salah jika kunjungan wisman ke negeri ini masih harus diperbanyak sebab keindahan alam Indonesia dan beragam budaya lokal yang dimiliki negeri ini selama ini dikenal tersebar merata di Tanah Air, mulai dari ujung timur hingga ke wilayah barat.

Karenanya Menteri Pariwisata Arief Yahya akan menggenjot promosi pariwisata nasional. “Presiden Joko Widodo sudah perintah langsung ke saya untuk promosi besar-besaran pariwisata Indonesia. Potensi pariwisata Indonesia luar biasa, namun promosinya masih biasa-biasa saja sehingga performansinya juga masih biasa-biasa saja, kalah dari Malaysia dan Thailand,” tuturnya ketika dihubungi patainanews.com belum lama ini.

Arief menanggapi Presiden Jokowi pada Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) pada akhir tahun lalu di Jakarta yang meminta Menteri Pariwisata supaya gencar melakukan promosi besar-besaran agar semakin banyak wisman yang datang ke Indonesia.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo mencanangkan target bisa mendatangkan 20 juta wisman ke Indonesia hingga 2019 mendatang. Hal tersebut memang bukan pekerjaan mudah, namun Arief optimistis target Presiden Jokowi akan tercapai.

Adapun kekuatan pariwisata Indonesia terdiri dari tiga unsur, yaitu nature, culture dan manmade yang ketiganya akan dikembangkan bersama sebagai produk wisata andalan secara nasional.

Untuk nature, potensinya sebesar 60 persen dikembangkan dalam produk wisata bahari, wisata ekologi dan wisata petualangan. Sementara culture memiliki potensi 35 persen dikembangkan sebagai wisata heritage, religi, kuliner dan belanja.

Sedangkan manmade yang potensinya sebesar lima persen dikembangkan menjadi wisata MICE dan event, wisata olahraga serta wisata kawasan terpadu. Untuk mencapai target 20 juta wisman di 2019, Kementerian Pariwisata akan memasarkan semua produk pariwisata Indonesia dengan pemanfaatan promosi lewat media digital, memasang iklan di majalah tematik, serta roadshow dan famtrip dengan mengundang tour operator juga penulis pariwisata dari negara-negara yang menjadi sumber wisman.



About author



You might also like

Cuisine

Kopi Indonesia Berkibar di Eropa

Madrim Kusumah Andhini (Ist) Indonesia diminati wisatawan asing tak hanya sebatas keindahan alam saja, namun kekayaan kuliner negeri ini juga membuat lidah warga dunia ingin terus mencoba yang khas Nusantara.

Airlines

Wisatawan Tiongkok Keluhkan Bunaken Kotor

Menteri Pariwisata Arief Yahya meluncurkan Festival Pesona Sangihe 2016 dan Calendar of Event 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Gd. Sapta Pesona, Jakarta. Selasa (19/7/2016) Menteri Pariwisata Arief Yahya tampak kecewa

Nature

Sulut Gencar Promosikan Destinasi Wisata Bahari

Menteri Pariwisata Arief Yahya meluincurkan Festival Pesona Sangihe 2016 dan Calendar of Event 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Gd. Sapta Pesona, Jakarta. Selasa (19/7/2016) Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Bupati

Tour Package

Upaya Malaysia Tingkatkan Kunjungan Wisatawan Indonesia

Kerja sama Malaysia dengan Indonesia untuk tingkatkan jumlah wisatawan Malaysia Negeri jiran, Malaysia tampak semakin serius untuk meningkatkan jumlah wisatawan Indonesia. Salah satu caranya dengan menyasar agen perjalanan. Adapun hal

Heritage

Semarak HUT Kota Cirebon ke-647

Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat didampingi Ketua DPR Ade Komarudin (Ist) Keraton Kasepuhan Cirebon menggelar Kirab Agung Nuswantara Laskar Macan Ali Kesultanan Kasepuhan Cirebon dan Haul Akbar Pangeran Cakranegara

Festival

Selamat HUT ke-8 Kereta Wisata

Selamat HUT ke-8 PT Kereta Api Pariwisata (Ist) Manajemen, staf dan redaksi patainanews.com mengucapkan selamat HUT ke-8 PT Kereta Api Pariwisata 8 September 2017. Tak bisa dipungkiri peran kereta wisata