Promosi Wisata RI Kalah dengan Negeri Jiran

Promosi Wisata RI Kalah dengan Negeri Jiran

Indonesia adalah negara yang indah, namun ternyata masih banyak wisatawan mancanegara (wisman) yang belum tahu. Dan, tak salah jika kunjungan wisman ke negeri ini masih harus diperbanyak sebab keindahan alam Indonesia dan beragam budaya lokal yang dimiliki negeri ini selama ini dikenal tersebar merata di Tanah Air, mulai dari ujung timur hingga ke wilayah barat.

Karenanya Menteri Pariwisata Arief Yahya akan menggenjot promosi pariwisata nasional. “Presiden Joko Widodo sudah perintah langsung ke saya untuk promosi besar-besaran pariwisata Indonesia. Potensi pariwisata Indonesia luar biasa, namun promosinya masih biasa-biasa saja sehingga performansinya juga masih biasa-biasa saja, kalah dari Malaysia dan Thailand,” tuturnya ketika dihubungi patainanews.com belum lama ini.

Arief menanggapi Presiden Jokowi pada Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) pada akhir tahun lalu di Jakarta yang meminta Menteri Pariwisata supaya gencar melakukan promosi besar-besaran agar semakin banyak wisman yang datang ke Indonesia.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo mencanangkan target bisa mendatangkan 20 juta wisman ke Indonesia hingga 2019 mendatang. Hal tersebut memang bukan pekerjaan mudah, namun Arief optimistis target Presiden Jokowi akan tercapai.

Adapun kekuatan pariwisata Indonesia terdiri dari tiga unsur, yaitu nature, culture dan manmade yang ketiganya akan dikembangkan bersama sebagai produk wisata andalan secara nasional.

Untuk nature, potensinya sebesar 60 persen dikembangkan dalam produk wisata bahari, wisata ekologi dan wisata petualangan. Sementara culture memiliki potensi 35 persen dikembangkan sebagai wisata heritage, religi, kuliner dan belanja.

Sedangkan manmade yang potensinya sebesar lima persen dikembangkan menjadi wisata MICE dan event, wisata olahraga serta wisata kawasan terpadu. Untuk mencapai target 20 juta wisman di 2019, Kementerian Pariwisata akan memasarkan semua produk pariwisata Indonesia dengan pemanfaatan promosi lewat media digital, memasang iklan di majalah tematik, serta roadshow dan famtrip dengan mengundang tour operator juga penulis pariwisata dari negara-negara yang menjadi sumber wisman.

About author



You might also like

Nature

Kepri Serius Kembangkan Pariwisata

Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam Rapat Koordinasi Pembangunan (Rakorbang) Provinsi Kepri (Ist) Kepri betul-betul istimewa di mata Menpar Arief Yahya. Bahkan, Senin, 3 April 2017, semua ‘panglima pariwisata’ dikerahkan ke Hotel

Festival

Dukung Batik Fractal dalam ISIF Award

Presiden Jokowi ketika mengunjungi booth Batik Fractal di Bandung (Ist) Wastra tradisional khas Indonesia, batik memang semakin banyak diminati warga dunia. Karenanya Batik Fractal yang merupakan karya anak bangsa menjadi

Travel Operator

Menikmati Genting Dream, Kapal Pesiar yang Mewah

Berita Foto: Genting Dream, kapal pesiar yang mewah benar-benar memanjakan wisatawan. Kapal pesiar itu sandar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (4/4/2018). Tampak entertainment yang dikemas menarik sehingga membuat wisatawan

Slideshow

Banten Promosi Pariwisata di Bandung

Menteri Pariwisata Arief Yahya mendampingi Presiden Jokowi melihat langsung Karnval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 di Bandung, Sabtu (26/8/2017) (Ist) Destinasi wisata yang ada di Banten terbilang banyak. Sebut saja Tanjung

Destinations

Tanjung Lesung, Contoh Nyata Wisata Bahari yang Memerhatikan Konservasi Alam

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo hadir dalam acara Signing Blue WWF Indonesia (Ist) Kawasan wisata di Tanjung Lesung terus berkembang. Destinasi wisata yang terletak di Banten ini bisa disebut

Tourism

Tas Cantik Batik Fractal Hadiah Kuis patainanews.com

Riana Megawati, Public Relations Officer Hotel Santika Premiere ICE BSD City  menjadi pembaca yang beruntung mendapat satu unit Batik Fractal setelah menjawab lima pertanyaan kuis di patainanews.com mengenai pariwisata Indonesia.