‘Promosi yang Buat Pariwisata Malaysia Unggul Ketimbang Indonesia’

turis dan warga di lombok

Wisatawan asing menyatu dengan masyarakat Indonesia di Lombok (Ist)

Promosi menjadi kata kunci dalam pariwisata Indonesia agar bisa semakin dikenal di dunia sehingga membuat semakin banyak wisatawan mancanegara tertarik berkunjung ke negeri ini.

Beberapa tahun lalu pariwisata Malaysia dinilai lebih unggul ketimbang Indonesia karena pemerintah negeri jiran tersebut diketahui gencar mempromosikan pariwisata Malaysia di kancah internasional. Padahal, masyarakat Indonesia dikenal ramah, helpful, dan terbuka dengan orang lain dan orang asing.

Demikian dikatakan Gifta Oktavia Rappe, Hotel Manager Hotel Neo Samadikun Cirebon di Cirebon, Jawa Barat kepada patainanews.com, Senin (3/10/2016). Gifta menjelaskan, sebaliknya dengan orang Malaysia yang tidak tampak ramah, tidak helpful, dan tidak terbuka dengan orang asing.

“Pengalaman saya peroleh saat berkunjung ke Malaysia. Ya, saya ketika ke Malaysia melihat itu semua. Layanan yang diberikan orang di Malaysia, seperti layanan di hotel yang ada di Malaysia tidak seperti yang dilakukan di Indonesia. Seperti kita ketahui bersama, di Indonesia, orang begitu ramah, suka menolong dan terbuka, termasuk kepada wisatawan asing,” paparnya.

Perempuan berparas cantik ini menjelaskan, tak bisa dipungkiri pariwisata Indonesia lebih bagus ketimbang Malaysia. “Indonesia kaya akan destinasi wisata yang beragam dan tersebar di Nusantara. Indonesia dikenal dengan berbagai budaya yang mampu menarik minat turis asing berkunjung ke negeri ini. Indonesia juga kaya akan kuliner khas asal Tanah Air,” paparnya dengan semangat.

Dan, lanjutnya, itu semua tidak dimiliki Malaysia. Namun, menurut Gifta, pemerintah negeri jiran sudah sejak lama mempromosikan pariwisata Malaysia. “Tahun 2013 saya sempat ikut ITB Berlin, dan Malaysia juga ikut di sana. Terlihat booth Malaysia begitu semarak sehingga mengundang banyak orang ingin tahu mengenai pariwisata negeri jiran itu,” ujarnya.

Ia kini bangga kondisi tersebut jelas berbeda lantaran saat ini pemerintah mulai aktif mempromosikan pariwisata Indonesia di luar negeri. Gifta memberikan apresiasi apa yang telah dilakukan Menteri Pariwisata Arief Yahya yang sangat aktif mempromosikan pariwisata negeri ini hingga ke mancanegara.

Karenanya dirinya optimistis pariwisata Indonesia kedepannya mampu mengalahkan Malaysia. Apalagi, Arief Yahya telah mencanangkan tahun depan pariwisata Indonesia bisa mengalahkan Malaysia. Gifta pun mendukung upaya Arief Yahya agar pada 2017 mendatang pariwisata Indonesia mampu mengalahkan negeri jiran, Malaysia. (Gabriel Bobby) 

 

About author



You might also like

Cuisine

7 Destinasi Wisata di Indonesia yang Pernah Dikunjungi Selebriti Dunia

Keris Bali menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara ketika berkunjung ke Pulau Dewata (www.ninaflynnphotography.com) Leonardo DiCaprio belum lama ini berkunjung ke Indonesia. Kedatangan pria tampan pujaan banyak perempuan di

Cuisine

Dari Lembata Nusa Tenggara Timur Membangun Potensi Maritim Nusantara

Launching Hari Nusantara 2016 (Ist) Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Frans Lebu Raya meluncurkan Hari Nusantara 2016 di Balairung Soesilo

Slideshow

Kualitas SDM Pariwisata Indonesia Mumpuni

Haryadi Sukamdani (Ist) Kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia, termasuk yang bekerja di hotel harus diacungi jempol sebab banyak lulusan sekolah pariwisata di Tanah Air yang bekerja di luar negeri.

Culture

‘Perlu Ditingkatkan Kebersihan di Destinasi Wisata’

Gifta Oktavia Rappe (Ist) Pelaku industri pariwisata nasional berharap pemerintah bersama pemerintah daerah untuk terus meningkatkan kebersihan di berbagai destinasi wisata yang tersebar di Nusantara. Demikian penjelasan Gifta Oktavia Rappe,

Festival

Nasi Goreng Bakal Manjakan Lidah Raja Salman

Presiden Jokowi beserta jajarannya menerima kunjungan Raja Arab Saudi Salman (Ist) Kuliner Indonesia sepertinya akan unjuk gigi di momentum hebat. Itu setelah Aerofood ACS dipercaya mendampingi para juru masak Kerajaan

Destinations

Anggrek Executive Lounge di Stasiun Tugu Yogyakarta

Kereta wisata Priority nyaman (Ist) Kereta Api kini semakin diminati wisatawan untuk traveling ke Yogyakarta. Destinasi wisata Joglosemar (Jogja, Solo, Semarang) kini semakin komplet sebab sudah ada layanan kereta wisata