‘Promosi yang Buat Pariwisata Malaysia Unggul Ketimbang Indonesia’

turis dan warga di lombok

Wisatawan asing menyatu dengan masyarakat Indonesia di Lombok (Ist)

Promosi menjadi kata kunci dalam pariwisata Indonesia agar bisa semakin dikenal di dunia sehingga membuat semakin banyak wisatawan mancanegara tertarik berkunjung ke negeri ini.

Beberapa tahun lalu pariwisata Malaysia dinilai lebih unggul ketimbang Indonesia karena pemerintah negeri jiran tersebut diketahui gencar mempromosikan pariwisata Malaysia di kancah internasional. Padahal, masyarakat Indonesia dikenal ramah, helpful, dan terbuka dengan orang lain dan orang asing.

Demikian dikatakan Gifta Oktavia Rappe, Hotel Manager Hotel Neo Samadikun Cirebon di Cirebon, Jawa Barat kepada patainanews.com, Senin (3/10/2016). Gifta menjelaskan, sebaliknya dengan orang Malaysia yang tidak tampak ramah, tidak helpful, dan tidak terbuka dengan orang asing.

“Pengalaman saya peroleh saat berkunjung ke Malaysia. Ya, saya ketika ke Malaysia melihat itu semua. Layanan yang diberikan orang di Malaysia, seperti layanan di hotel yang ada di Malaysia tidak seperti yang dilakukan di Indonesia. Seperti kita ketahui bersama, di Indonesia, orang begitu ramah, suka menolong dan terbuka, termasuk kepada wisatawan asing,” paparnya.

Perempuan berparas cantik ini menjelaskan, tak bisa dipungkiri pariwisata Indonesia lebih bagus ketimbang Malaysia. “Indonesia kaya akan destinasi wisata yang beragam dan tersebar di Nusantara. Indonesia dikenal dengan berbagai budaya yang mampu menarik minat turis asing berkunjung ke negeri ini. Indonesia juga kaya akan kuliner khas asal Tanah Air,” paparnya dengan semangat.

Dan, lanjutnya, itu semua tidak dimiliki Malaysia. Namun, menurut Gifta, pemerintah negeri jiran sudah sejak lama mempromosikan pariwisata Malaysia. “Tahun 2013 saya sempat ikut ITB Berlin, dan Malaysia juga ikut di sana. Terlihat booth Malaysia begitu semarak sehingga mengundang banyak orang ingin tahu mengenai pariwisata negeri jiran itu,” ujarnya.

Ia kini bangga kondisi tersebut jelas berbeda lantaran saat ini pemerintah mulai aktif mempromosikan pariwisata Indonesia di luar negeri. Gifta memberikan apresiasi apa yang telah dilakukan Menteri Pariwisata Arief Yahya yang sangat aktif mempromosikan pariwisata negeri ini hingga ke mancanegara.

Karenanya dirinya optimistis pariwisata Indonesia kedepannya mampu mengalahkan Malaysia. Apalagi, Arief Yahya telah mencanangkan tahun depan pariwisata Indonesia bisa mengalahkan Malaysia. Gifta pun mendukung upaya Arief Yahya agar pada 2017 mendatang pariwisata Indonesia mampu mengalahkan negeri jiran, Malaysia. (Gabriel Bobby) 

 

About author



You might also like

Destinations

Ekosistem Pariwisata 3A di Palu dan Donggala Terus Dipantau

Presiden Jokowi terbang ke Palu (Ist) Presiden Jokowi bertolak ke Kota Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (30/9/2018) untuk meninjau langsung daerah terdampak gempa dan tsunami. Setibanya di Palu pada pukul 13.06

Heritage

Kunjungan Wisatawan Mancanegara Mendorong Kesiapan Kota-Kota di Asia Tenggara

Wisatawan asal Perancis di Indonesia Mastercard, pemimpin dalam teknologi keuangan memaparkan sebuah laporan yang memperlihatkan bagaimana kekuatan transformatif dari industri pariwisata dapat mendorong perkembangan kota-kota menjadi lebih cerdas dan mempercepat

Tour Package

Ucapan Selamat HUT ke-3 patainanews.com dari PT BRI

Berita Foto: Manajemen, staf dan redaksi patainanews.com mengucapkan terima kasih atas perhatian PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang mengucapkan Selamat dan Sukses HUT ke-3 patainanews.com

Airlines

Wisatawan Perancis Suka ke Samosir

Berita Foto: Akhir-akhir ini kunjungan wisatawan mancanegara ke berbagai objek wisata alam di Kecamatan Harian di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara semakin menunjukkan tanda menggembirakan. Seperti tampak pagi hari ini (23/2/2018)

Hotel

Air Terjun Temam di LubukLinggau Diminati Wisman

Air Terjun Temam di LubukLinggau, Sumatera Selatan Sumatera Selatan rupanya menyimpan banyak potensi wisata yang diminati wisatawan mancanegara (wisman). Tak hanya Palembang lantaran di LubukLinggau ada wisata alam, yakni Air

SightSeeing

Jembatan Ampera Pusat Melihat GMT 2016 di Palembang

Jembatan Ampera di Palembang (Ist) Pemerintah provinsi Sumatera Selatan akan menutup Jembatan Ampera untuk pengamatan fenomena alam Gerhana Matahari Total (GMT) 2016 di jembatan kebanggaan masyarakat Palembang itu pada 9