PT JAS Tangani Kloter Haji Indonesia Terbang dengan Saudia Airlines

Calon haji Indonesia (Ist)

Sebanyak empat kloter jamaah calon haji pertama embarkasi Jawa Barat yang dijadwalkan berangkat Selasa (17/7/2018) ke Madinah menggunakan maskapai Saudia Airlines telah menikmati kemudahan sistem baru keimigrasian yang telah disiapkan Pemerintah Arab Saudi dan PT Angkasa Pura II (Persero) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta).
 
Saudia Airlines sebagai salah satu maskapai dengan rute penerbangan umroh landing Madinah turut bangga dapat memberikan kemudahan bagi penumpangnya. Hal ini diungkapkan Ala Oma Jefri, Saudia Manager untuk Indonesia, Australia, Selandia Baru dalam acara pelepasan jamaah calon haji yang diadakan di Terminal 2 Keberangkatan Bandara Soetta.
 
Acara pelepasan jamaah dihadiri oleh Duta Besar (Dubes) Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, HE Usamah Mohammed Abdullah Shuibi bersama Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso, Dirjen Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Nizar Ali, dan Airport & Services Senior Manager Bandara Soekarno-Hatta Sugeng Hariyadi yang menyaksikan langsung penyederhanaan proses keimigrasian bagi jamaah haji.
 
Pelaksanaan keberangkatan haji ini dapat berjalan lancar dengan dipersiapkannya 20 loket imigrasi khusus oleh PT Angkasa Pura II (Persero) selaku operator Bandara Soetta. Selain itu juga ada bantuan dari sejumlah petugas keimigrasian yang dikerahkan langsung oleh pihak Kerajaan Arab Saudi.
 
Seperti diketahui, menurut informasi dari Menteri Agama, kuota haji Indonesia yang diberikan oleh pemerintah Kerajaan Arab Saudi untuk tahun 2018 yakni mencapai 221.000 jamaah. Jumlah ini mengalami penambahan 10.000 orang dari kuota haji pada tahun sebelumnya sebesar 211.000 jamaah.
 
Sistem baru yang diterapkan ini akan mempercepat proses pengurusan keimigrasian sehingga 221.000 jamaah calon haji tersebut tidak lagi harus melalui proses yang memakan waktu lama untuk mengantri panjang di negara tujuan.

Pasalnya, proses seperti pengambilan data sidik jari, geometrik, dan sejumlah hal yang berkaitan dengan dokumen perjalanan sudah dapat dilakukan di Indonesia. Bahkan, menurut Duta Besar Kerajaan Arab Saudi, Indonesia adalah negara kedua dengan percepatan layanan imigrasi haji, setelah Malaysia.

Pada kesempatan ini, PT Jasa Angkasa Semesta (JAS) diketahui juga ikut terlibat menangani kloter calon haji Indonesa yang berangkat ke Arab Saudi. Saat nanti tiba di Madinah, jamaah cukup mendapatkan stempel petugas imigrasi setempat dan pemeriksaan sidik jari. 

“Kami berharap dengan kemudahan kepengurusan imigrasi ini, para penumpang kami dapat menjalankan ibadah dengan rasa aman dan nyaman. Pelayanan terbaik dan inovasi yang terus meneruslah yang menjadi prioritas kami dalam 40 tahun melayani masyarakat Indonesia,” tutup Ala Oma Jefri dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Rabu (18/7/2018). (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Tour Package

Ini Rekomendasi untuk Hunting Kuliner Khas Banten

Kuliner khas Banten di Hotel Santika ICE BSD City (Ist)  Tidak dapat dipungkiri Indonesia merupakan sebuah negara yang kaya akan tradisi kuliner khas Nusantara. Kekayaan kulinernya merupakan cerminan keberagaman budaya

Culture

Banten Harus Punya Homestay yang Memadai

Wisatawan Nusantara di Tanjung Lesung (Ist) Pemerintah memasang target membangun 20 ribu homestay tahun 2017 dan destinasi wisata yang termasuk 10 Bali baru akan menjadi priortias, seperti Tanjung Lesung di

Tourism

ASTINDO Fair 2018 akan Promosikan 10 Bali Baru

Wisatawan menikmati sunset di Tanjung Lesung yang termasuk 10 Bali baru yang akan dipromosikan di ASTINDO Fair 2018 (Ist) Astindo Fair 2018 akan digelar pada Maret mendatang. Ada beberapa perbedaan

Tourism

80 Ribu Warga Tionghoa Bakal Serbu Pulau Kemaro

Selepas Imlek dan Cap Go Meh 2016, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan menyambut Gerhana Matahari Total 2016 di Jembatan Ampera Palembang (Ist) Promosi wisata dengan tema Imlek dan Cap Go

Hotel

Status Gunung Agung Turun, Bali Aman untuk Wisman

Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama wisatawan mancanegara di Bali (Ist) Status ‘Awas’ Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali turun menjadi ‘Siaga’. Dengan penurunan status tersebut para pengungsi sudah diperbolehkan kembali

Culture

Ucapan Selamat HUT ke-3 patainanews.com dari Ninik Irawan

Berita Foto: Manajemen, staf dan redaksi patainanews.com mengucapkan terima kasih atas perhatian Ninik Irawan, Direktur PT Murni Wisata yang mengucapkan Selamat dan Sukses HUT ke-3 patainanews.com