PT Pelindo III Jalin Kerja Sama Bisnis dengan Pertamina dan IBT

IMG-20170621-WA0028

Kerja sama yang dilakukan Pelindo III (Ist)

PT Pelabuhan Indonesia III atau Pelindo III melalui salah satu anak usahanya, PT Berlian Jasa Terminal Indonesia (BJTI) atau BJTI Port melakukan kerja sama dengan salah satu anak usaha PT Pertamina, PT Pertamina Patra Niaga.

Kerja sama antar anak usaha kedua BUMN tersebut tertuang dalam perjanjian pendahuluan pengembangan bisnis. Direktur Utama BJTI Port Putut Sri Muljanto dan Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga Gandhi Sriwidodo hadir menandatangani perjanjian kerja sama tersebut pada Rabu (21/6/2017) di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta.

Pada kesempatan yang sama, Pelindo III  juga menjalin kerja sama dengan PT Pertamina Patra Niaga dan PT Indonesia Bulk Terminal (IBT) dalam hal pengembangan Pelabuhan Umum Mekar Putih di Kalimantan Selatan. Perjanjian dalam bentuk Memorandum of Collaboration (MoC) ini ditandatangani oleh Direktur Utama Pelindo III IG N Askhara Danadiputra, Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Gandhi Sriwododo dan Presiden Direktur IBT Ng Kirh Chien.

Deputi Bidang Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Edwin Hidayat Abdullah turut hadir menyaksikan penandatanganan kedua perjanjian tersebut dengan didampingi para pejabat Kementerian BUMN baik di level struktural maupun fungsional, sejumlah direksi BUMN, anak perusahaan BUMN dan swasta.

Edwin Hidayat mengatakan dalam sambutannya bahwa kerja sama tiga perusahaan tersebut merupakan cerminan harmonisasi yang baik antara dua BUMN yang bergerak di bidang jasa kepelabuhanan maupun energi dengan menggandeng perusahaan swasta.

Salah satu capaian dalam mewujudkan roadmap BUMN ditempuh melalui sinergi antar-BUMN,” ungkap Edwin dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini. Ia berharap model kerja sama tersebu dapat dikembangkan secara berkesinambungan sehingga mampu meningkatkan daya saing BUMN di tingkat nasional maupun internasional.

Sementara IG N Askhara Danadiputra mengungkapkan rasa syukurnya bahwa kerja sama tripartit dengan Pertamina Patra Niaga dan IBT akhirnya bisa terwujud mengingat proses yang telah berlangsung cukup lama yakni sejak tahun 2012.

“Ketika itu Pelindo III baru menjalin kerja sama dengan IBT dalam hal pembangunan, pengembangan dan penyelenggaraan pelabuhan umum batubara Mekar Putih di Kalimantan Selatan. Potensi dari kerjasama di Pelabuhan Mekar Putih sangat besar untuk ketahanan energi nasional karena posisi strategisnya yang berada di tengah-tengah wilayah Indonesia,” kata Ari Askhara.

Ia menjelaskan bahwa kerja sama antarkedua anak perusahaan BUMN dan perusahaan swasta, seperti IBT yang bergerak di bidang pengelolaan bongkar muat curah kering, akan memberi dampak positif bagi perekonomian nasional.

“Ini salah satu model kerjasama antara BUMN dan swasta dalam berkontribusi pada pembangunan,” tutur Askhara. Selain itu, kerja sama lain Pelindo III Group dengan Pertamina Group adalah terkait dengan penyediaan kebutuhan bahan bakar/BBM bagi kapal-kapal yang berada di pelabuhan wilayah kerja Pelindo III. 

“Selama ini paket pelayanan terpadu jasa kapal di pelabuhan belum termasuk pelayanan jasa bunker BBM.  Atas hal tersebut kami akan membangun sinergi antarBUMN/anak perusahaan BUMN untuk melengkapi pelayanan jasa kapal di pelabuhan. Nilai potensi bisnis pelayanan BBM kapal diperkirakan mencapai Rp 3 triliun. Pelindo III memiliki asset tanah yang sangat strategis untuk dikembangkan bisnis terminal curah cair di pelabuhan Tanjung Perak, Tanjung Emas Semarang, dan Pelabuhan Banjarmasin yang akan dijajaki untuk dibangun fasilitas tank storage bersama Pertamina Patra Niaga,” tutur Corporate Secretary Pelindo III Faruq Hidayat.

“Pelindo III juga memiliki aset di Pelabuhan Gresik yang saat ini digunakan oleh PT PLN yang dapat dioptimalkan pemanfaatannya dalam bingkai kerjasama 3 BUMN yaitu Pelindo III, Pertamina, dan PLN atau oleh masing-masing anak perusahaannya. Guna merealisasikan hal tersebut diperlukan dukungan langsung dari Kementerian BUMN,” pungkasnya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Slideshow

Sumsel Promosi GMT 2016 di Pulau Dewata

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga (tengah) didampingi President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo (kanan) saat press conference mengenai GMT 2016 di Palembang, Desember 2015 (Ist) Dinas

Tourism

Menikmati Wisata Kuliner di Kotabaru

Wisata kuliner di Kotabaru  Pesona wisata di Indonesia memang tersebar di berbagai daerah, mulai dari kawasan Indonesia timur hingga wilayah barat Nusantara. Tak hanya Bali, Lombok, negeri ini kaya akan

All About Indonesia

Mencari Miss Earth Indonesia 2017

 Jazzy Anastassia Kinsky, salah satu finalis Miss Earth Indonesia 2017 (Ist) El John Pageants tak pernah berhenti mencetak generasi muda yang peduli lingkungan hidup dan pariwisata. Terus berkarya dilakukan demi

World Heritage

Menanti Money Changer di Tanjung Lesung

Wisatawan menikmati traveling di Tanjung Lesung (Ist) Sebagai upaya mendukung pariwisata di Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung, Bank Indonesia berencana membuka jaringan money changer. Hal tersebut iungkapkan Kepala Kantor Perwakilan

Festival

Presiden Jokowi Naik Kereta Wisata akan Tingkatkan Wisatawan Gunakan Kereta Wisata

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Ist) Manajemen PT Kereta Api Pariwisata mengaku mendapat berkah dari Presiden Jokowi yang melakukan kunjungan kerja ke Sukabumi, Jawa Barat menggunakan kereta

Cuisine

Arief Yahya Buka Festival Pesona Palu Nomoni 2016

Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) (Ist) Festival Pesona Palu Nomoni (FPPN) Kota Palu, Sulawesi Tengah, yang berlangsung 24 hingga 26 September 2016 semakin heboh dan meriah. Menteri Pariwisata Arief Yahya