PT Pelindo III Kenalkan Dunia Maritim di Kawasan Indonesia Timur

logo Pelindo III yg baru

PT Pelindo III (Ist)

PT Pelabuhan Indonesia III kembali menggelar Program Pelindo III Goes to Campus sekaligus di dua universitas yang masuk dalam pengelolaan wilayah pelabuhannya. Kali ini kegiatan tersebut diselenggarakan di Nusa Tenggara Timur (NTT), yaitu di Universitas Kristen Artha Wacana dan Universitas Nusa Cendana, Kamis (10/11/2016).

Tujuan penyelenggaraan tersebut untuk mengenalkan dunia kepelabuhanan dan kemaritiman pada generasi muda Indonesia. Provinsi NTT menjadi lokasi keempat dari program tersebut. Sebelumnya kegiatan serupa telah diadakan di Jatim, Jateng dan NTB sepanjang tahun 2016.

Tema yang diusung untuk penyelenggaraan kegiatan ini yaitu ‘Bersama Pemuda, Menyongsong  NTT sebagai Poros Maritim yang Maju dan Mandiri’ yang dilaksanakan selama satu hari dengan rangkaian kegiatan seminar kemaritiman dan aksi sosial peduli lingkungan.

Rektor Universitas Nusa Cendana Fredik L Benu pada sambutannya saat pembukaan acara mengungkapkan, pengetahuan tentang kemaritiman sangat dibutuhkan generasi muda sebagai penerus bangsa karena Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia.

“Posisi yang strategis di jalur persilangan dunia membuat Indonesia mempunyai potensi besar untuk mengembangkan kemaritiman yang akan memberikan manfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan perekonomian dan perdagangan Indonesia,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Jumat (11/11/2016).

Sementara Corporate Secretary Pelindo III Yon Irawan yang hadir pada acara tersebut menuturkan bahwa program Pelindo III Goes to Campus tersebut merupakan bentuk dukungan Pelindo III dalam mengenalkan dunia maritim kepada generasi muda.

Tidak hanya itu, kegiatan tersebut juga guna mendukung Program Tol Laut yang digagas pemerintahan Jokowi-JK. Oleh karena itu, sebagai BUMN kepelabuhanan, Pelindo III memiliki peranan dalam menyukseskan program tersebut.

“Jadi. selain mendukung program pemerintah, kami juga ingin mengedukasi dan berbagi seputar perkembangan maritim di Indonesia,” ujarnya lagi. Pada kegiatan seminar kemaritiman yang diisi oleh Direktur Utama Pelindo III Orias Petrus Moedak, juga dipaparkan pengenalan Pelindo III secara umum.

Mulai dari kondisi eksisting dan kondisi peningkatan fasilitas yang telah dilakukandiantaranya pembuatan sistem polder di Tanjung Emas, Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara di Pelabuhan Tanjung Perak, Terminal LNG di Benoa dan Terminal Teluk Lamong.

Selain itu Pelindo III terus melakukan perbaikan layanan dengan rencana membangun sebelas terminal penumpang di sebelas pelabuhannya meliputi Waingapu, Bima, Ende, Ippi, Kalabahi, Maumere, Batulicin, Kupang, Kumai, Sampit dan Lembar.

“Beberapa pengembangan juga dilakukan Pelindo III melalui pembangunan Terminal Gili Mas Marina Lombok dan Boom Marina Banyuwangi untuk meningkatkan pelayanan pada kapal pesiar agar bisa sandar di pulau destinasi favorit pariwisata tersebut semakin besar ukuran kapal dan semakin meningkat jumlah kunjungannya. Selain itu Pelabuhan Tegal, Bima, Labuan Bajo, Reo, Badas, Wini dan Atapupu juga akan dilakukan pengembangan untuk meningkatkan kelancaran logistik sehingga mendorong geliat perekonomian kawasan sekitarnya,” tutur Orias.

Orias juga memberikan semangat melalui motivasi kepada para generasi muda untuk selalu berprestasi dan memanfaatkan semua peluang selama menuntut ilmu di universitas baik melalui kegiatan pembelajaran kuliah maupun keorganisasian demi memperdalam keilmuan dan pengalaman.

“Karena setiap orang mempunyai kesempatan yang sama untuk meraih impian dan kesuksesan dimasa depannya. Dengan niat tulus dan usaha yang sungguh-sungguh, hal itu bisa dicapai,” pungkas Orias diakhir seminarnya. Adapun aksi peduli lingkungan juga dilakukan diakhir acara dengan penyerahan bantuan tempat sampah secara simbolis oleh Dirut Pelindo III.

Tidak hanya itu, dalam rangka penyaluran minat dan bakat para mahasiswa, pada masing-masing fakultas diberikan kesempatan untuk unjuk kebolehan dengan menampilkan grup musiknya, yang di sela-sela penampilan tersebut akan dimeriahkan pembagian berbagai doorprize menarik untuk partisipan seminar. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Hotel

RushTeri ke Tanjung Lesung

Berita Foto: Komunitas ‘RUSHTERi’ yang terdiri dari mobil Rush Terios sebanyak 32 unit mobil menghabiskan waktu selama akhir pekan pada Sabtu dan Minggu, 10 hingga 11 Maret 2018 menikmati suasana

Slideshow

Kadin Gandeng Denas KEK Genjot Pengembangan Standar Pelayanan

Nobel Alamsyah dan Yadi Gunawan, dua karyawan PT Banten West Java (BWJ) berpose bersama Denas KEK (Ist) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menggandeng Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (Denas

Travel Operator

Pesona Nadran, Potensi Wisata Bahari di Banten Selatan

Pesona Nadran (Ist) Kawasan Banten Selatan kaya akan wisata bahari sehingga bisa menjadi daya tarik wisatawan berkunjung langsung ke destinasi wisata tersebut, termasuk traveling ke Tanjung Lesung. “Banten selatan yang

Airlines

PATA Indonesia Apresiasi Pariwisata Nusantara Raih Prestasi UNWTO

Menteri Pariwisata Arief Yahya menerima dua penghargaan dari UNWTO (Ist) PATA Indonesia Chapter memberikan apresiasi terhadap Menteri Pariwisata Arief Yahya yang sukses membuat pariwisata Indonesia semakin dikenal di event internasional,

SightSeeing

Kembangkan Wisata Bahari RI, Pelindo III Buat Marina di Pantai Boom

Manajemen PT Pelindo III mendukung pemerintah kabupaten (Pemkab) Banyuwangi untuk mengelola kawasan wisata di Pantai Boom dengan menandatangani kerja sama dengan pemerintah daerah di ujung timur Pulau Jawa itu. “Prinsipnya

Slideshow

Chef Degan Promosikan Kuliner Khas Nusantara di Perancis

Master Chef Degan Septoadji membawa kuliner Indonesia ke Perancis (Ist) Master Chef Degan Septoadji membawa kuliner Indonesia ke mancanegara. Ini kali ke Paris yang dikenal sebagai pusar gastronomi dunia dalam