PT Pelindo III Kenalkan Maritim dan Pelabuhan

GM Pelindo III mengajar

General Manager Pelindo III Pelabuhan Tanjung Perak Joko Noerhudha mengajar (Ist)

PT Pelabuhan Indonesia III atau Pelindo III menugaskan kepada para pimpinan perusahaan di daerah (General Manager-red) untuk tampil menjadi guru pada17 SMA/SMK yang tersebar di tujuh wilayah provinsi di Indonesia yang merupakan wilayah kerja Pelindo III.

Hal itu dimaksudkan mengenalkan Kemaritiman dan peran Pelindo III sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa layanan kepelabuhanan kepada para generasi muda.

Kegiatan yang bertajuk BUMN Mengajar itu berlangsung serentak di 17 SMA/SMK di 17 kota di provinsi yang menjadi wilayah kerja Pelindo III, dengan jumlah siswa yang terlibat setidaknya mencapai 4.030 siswa SMA/SMK, Senin (31/10/2010).

Direktur SDM dan Umum Pelindo III Toto Heli Yanto menyebut kegiatan BUMN Mengajar merupakan bagian dari kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri yang telah berlangsung sejak akhir Juli lalu.

Kegiatan yang diprakarsai Kementerian BUMN tersebut bertujuan mendekatkan perusahaan BUMN kepada masyarakat. Untuk itu, Pelindo III menyasar pada sekolah-sekolah yang berada di sekitar pelabuhan sebagai tujuan mengajar bagi masing-masing General Manager di daerah.

“Setiap General Manager tampil di hadapan sekitar 250 orang di masing-masing sekolah.  Mereka memperkenalkan Pelindo III dan memberikan motivasi kepada para siswa agar menjadi generasi penerus bangsa yang unggul,” katanya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Toto menyebut jika BUMN merupakan agen pembangunan bangsa.  Para pengajar juga menjelaskan mengenai posisi Pelindo III dalam perekonomian nasional.

Nilai-nilai kepemimpinan dan kejujuran juga menjadi materi yang disampaikan kepada para siswa. Para General Manajer juga memberikan semangat dan motivasi untuk belajar lebih giat kepada para siswa, menjauhi narkoba dan mengisi dengan kegiatan yang positif agar dapat meraih cita-cita dan masa depannya.

“Kami berharap para siswa ini memiliki semangat untuk mengejar masa depan sesuai dengan cita-cita dan harapan mereka masing-masing. Para General Manager ini bisa menjadi contoh bahwa jika mau berusaha dan sungguh-sungguh dalam bekerja, maka kesuksesan itu dapat diraih,” lanjutnya.

Lebih lanjut Toto mengatakan kegiatan BUMN Mengajar sekaligus menjadi pengalaman pertama bagi para General Manager untuk menjadi pengajar di sekolah.

Selama ini mereka dihadapkan pada rutinitas pekerjaan dan target-target dari perusahaan. “Ini menjadi menarik karena para General Manager tidak memiliki latar belakang mengajar.  Mereka harus bisa menjadi bintang di panggung BUMN Mengajar dengan pengalaman hidup dan kepemimpinan mereka,” imbuhnya.

General Manager Pelindo III Pelabuhan Tanjung Perak Joko Noerhudha yang ditugaskan untuk menjadi pengajar di SMA Negeri 1 Surabaya mengaku menjadi pengajar di hadapan pelajar SMA bukan hal yang mudah.

Pasalnya, penyampaian materi secara ringkas dan mudah dimengerti menjadi tantangan yang harus dihadapi ketika berada di hadapan para siswa.

Pengetahuan para siswa tentang kepelabuhanan yang terbatas menjadi penyemangat agar pesan yang disampaikan dapat diterima dan dipahami oleh para siswa.

“Menyampaikan kepada stakeholder di Pelabuhan lebih mudah karena mereka telah mengetahui dan memahami tentang kepelabuhanan.  Sementara bagi para siswa, informasi maritim dan kepelabuhanan bisa jadi yang pertama bagi mereka,” ucapnya.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Surabaya Johannes Mardjono menyambut baik kegiatan BUMN Mengajar yang dilaksanakan oleh Pelindo III di SMA Negeri 1 Surabaya.

Johannes menyebut kegiatan tersebut dapat memberikan informasi dan pengetahuan bagi para siswa di luar kurikulum sekolah yang diajarkan selama ini.

“Apa yang dilakukan Pelindo III dapat menambah wawasan dan motivasi bagi para siswa sebagai bekal kehidupan mereka di masa yang akan datang,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Pelindo III juga menyerahkan bantuan fasilitas pendidikan mencapai lima ratusan juta atau rata-rata sekitar tiga puluh juta pada setiap sekolah yang menjadi lokasi Pelindo III Mengajar.  Kegiatan BUMN Mengajar merupakan bagian dari Program BUMN Hadir Untuk Negeri yang diprakarsai oleh Kementerian BUMN.

Pelindo III Ajak Siswa SMA Benahi Logistik

Selain itu, di dalam meramaikan kegiatan ini, Pelindo III juga telah menyelengarakan lomba penulisan Esai bertema ‘Pelabuhan Versiku’ dengan pilihan sub tema Pentingnya Edukasi Maritim Bagi Masyarakat dan Peran Tanjung Perak sebagai Pintu Gerbang Logistik.

Lomba esai ini diikuti oleh para Siswa SMA Negeri 1 Surabaya. ’’Responnya cukup baik. Kami menerima sekitar 136 esai,’’ kata Kahumas Pelindo III Pelabuhan Tanjung Perak Oscar Yogi Yustiano.

Tujuan lomba ini adalah untuk mendorong para siswa untuk mengenal maritim dan pelabuhan dengan melakukan penelitian singkat melalui berbagai referensi berupa buku, berita maupun online.

’’Mau-tidak mau mereka pasti belajar tentang pelabuhan. Kegiatan ini akan sekaligus menumbuhkan kepekaan terhadap dunia maritim,’’ ujarnya.

Banyak ide-ide menarik dari para siswa utamanya tentang edukasi maritim dan peran pelabuhan di dalam distribusi logistik di suatu daerah.

Diantaranya, ide untuk menanamkan pendidikan maritim sejak usia dini di dalam keluarga, kemudian perlunya pemerintah untuk mendirikan universitas maritim dalam rangka pengembangan sektor maritim hingga perlunya menambahkan mata pelajaran tentang maritim di sekolah serta penggunaan dalam jaringan (daring)  dalam layanan di pelabuhan.

’’Ide-ide dari mereka sangat menarik dan akan kami kaji lebih lanjut agar bisa ditindaklanjuti,’’ kata pria yang akrab dipanggil Yogi ini.

Lokasi Pelaksanaan BUMN Mengajar dilaksanakan oleh Pelindo III

NO KOTA SMA/K PENGAJAR
1 Surabaya SMA Negeri 1 Joko Noerhudha
2 Tegal SMA Negeri 3 Tri Suhardi
3 Semarang SMA Negeri 14 Erry Akbar Panggabean
4 Gresik SMA NU 1 Onny Djayus
5 Cilacap SMA Negeri 1 Fariz Hariyoso
6 Probolinggo SMA Negeri 1 Kardi Suwito
7 Banyuwangi SMA Negeri 1 Glagah Bangun Swastanto
8 Singaraja SMA Negeri 1 Gerokgak Dewa Kumarajaya
9 Denpasar SMA Negeri 5 Ali Sodikin
10 Lombok SMK Negeri 1 Lembar Baharuddin
11 Bima SMK Negeri 1 Kadek Patria
12 Maumere SMA Negeri 1 Ardhy Wahyu Basuki
13 Kupang SMA Negeri 1 Denny Wuwungan
14 Pangkalan Bun SMA Negeri 1 Jasri
15 Sampit SMA Negeri 1 Agus Dwi Wahyono
16 Banjarmasin SMA Negeri 2 Hengki Jajang Herasmana
17 Kotabaru SMA Negeri 2 Recky Julius Urulial

(Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Culture

Wayang Palembang, Daya Tarik Turis Tiongkok ke Sumsel

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga (kanan) bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Pemerintah provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sadar begitu besar potensi wisatawan Tiongkok yang suka jalan-jalan

Tourism

Wisatawan Australia Minta Promosi Lombok di Australia Gencar

Yana (baju hitam) dan Emily dua gadis asal Melbourne, Australia didampingi LA Hadi Faishal, General Manager d’Praya Lombok Hotel (berdiri) yang sangat kagum dengan strategi ‘Wonderful Indonesia’ dibawah pimpinan Menteri

Slideshow

Garuda Indonesia Dukung Pengembangan Pariwisata Danau Toba

Garuda Indonesia (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya lagi-lagi menekankan 3A untuk membangun destinasi Dato alias Danau Toba. Tiga unsur yang tidak bisa ditunda-tunda dalam pengembangan destinasi itu adalah Atraksi, Akses

Investments

2017, Operasional Marina di Banyuwangi

Logo Pelindo III (Ist) Sebagai upaya mendukung upaya pemerintah merealisasikan target Presiden Jokowi mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara hingga 2019 mendatang, maka manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III menyatakan komitmen

Travel Operator

Kemenpar Dorong SDM Pariwisata Indonesia Sertifikasi Profesi Kompetensi Pariwisata

Wisatawan sedang melihat kearifan lokal di Indonesia (Ist) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) memacu para pelaku pariwisata Indonesia untuk melakukan sertifikasi profesi demi menghadapi kompetisi Sumber Daya Manusia (SDM) di tingkat ASEAN.

Culture

Indonesia Berjaya di Negeri Jiran

Dikna Faradiba (Ist) Malam final Miss Tourism International telah berlangsung di Malaysia. Dikna Faradiba, perwakilan dari Indonesia pun berhasil meraih sejumlah penghargaan di ajang ini. Dikna Faradiba, Putri Pariwisata 2015