PT Pelindo III Luncurkan Aplikasi Tingkatkan Layanan

Aktifitas Bongkar Muat

Aktivitas bongkar-muat di PT Pelindo III (Ist)

Manajemen PT Pelindo III menandai pergantian tahun 2016 dengan peluncuran aplikasi baru.

SAP S/4 Hana, REMOTE, Anjungan dan eDoc adalah empat aplikasi yang siap diluncurkan untuk meningkatkan pelayananan kepada pengguna jasa kepelabuhanan.

Peluncuran dilakukan sekaligus secara serentak pada 1 Januari 2017 pukul 00.00 WIB oleh Direksi Pelindo III dari empat pelabuhan yang dikelolanya.

Direktur Utama PT Pelindo III Orias Petrus Moedak meresmikan langsung dari Pelabuhan Ende, Nusa Tenggara Timur, Direktur Komersial dan Operasional Mohammad Iqbal dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Direktur Teknik, Teknologi Informasi dan Komunikasi Husein Latief dari Pelabuhan Tanjung Tembaga, Probolinggo, dan Direktur SDM dan Umum Toto Heliyanto,dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Orias Petrus Moedak mengungkapkan bahwa Tahun Baru 2017 merupakan saat yang tepat bagi Pelindo III untuk membangun semangat baru dalam peningkatan kualitas pelayanan kepada pengguna jasa kepelabuhanan.

Aplikasi yang diluncurkan ini dibuat untuk menambah manfaat serta mempermudah pelanggan dalam memperoleh pelayanan serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja di dalam Pelindo III.

Aplikasi tersebut telah disiapkan sepanjang tahun 2016. “Aplikasi yang diluncurkan merupakan aplikasi front office yakni aplikasi yang langsung terkoneksi dan digunakan oleh pelanggan yang terdiri dari aplikasi Anjungan dan REMOTE serta aplikasi back office yakni aplikasi pendukung yang terdiri dari SAP S/4 Hana dan eDoc,” imbuh Orias dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

Lebih lanjut, Orias menjelaskan bahwa aplikasi anjungan digunakan sebagai pintu gerbang bagi pelanggan untuk memperoleh pelayanan jasa kepelabuhanan.

Pelanggan dapat mengajukan layanan jasa kapal maupun barang melalui aplikasi ini sehingga pelanggan tidak harus datang ke loket untuk melakukan transaksi karena aplikasi tersebut dapat diakses kapan saja, di mana saja, dan melalui perangkat komunikasi apa saja yang terhubung dengan jaringan internet.

Kegiatan transaksi perbankan pun juga dilakukan secara host to host dan cash management system (CMS), yaitu sistem kerja sama antara Pelindo III dengan pihak perbankan sehingga transaksi perbankan dapat dilakukan langsung oleh Pelindo III.

Sedangkan Aplikasi REMOTE (Real Estate Management and Others Services)dirancang untuk kebutuhan pengelolaan lahan di area pelabuhan.

Kemudahan pelayanan melalui Anjungan dan REMOTE juga didukung dengan peningkatan kecepatan di sisi back office melalui SAP S/4 Hana dan eDoc.

 SAP S/4 Hana merupakan aplikasi ERP (Enterprise Resource Planning) yang juga telah banyak digunakan oleh perusahaan – perusahaan besar di dunia internasional.

Aplikasi ini mengintegrasikan fungsi di bidang keuangan, SDM, Teknik dan Pengadaan Barang dan Jasa  di Pelindo III. SAP S/4 Hana menggantikan aplikasi sebelumnya yaitu Sistem Informasi Usaha dan Keuangan (SIUK).

Percepatan juga dilakukan dalam hal koordinasi di internal Pelindo III dengan menggunakan aplikasi eDoc. Adapun eDoc akan menggantikan komunikasi lintas direktorat di Pelindo III yang sebelumnya masih menggunakan kertas beralih ke elektronik.

Percepatan di sisi back office akan semakin mempercepat kinerja perusahaan karena kebijakan perusahaan dapat diputuskan dengan cepat berdasar pada data yang akurat.

Aplikasi SAP S/4 Hana, REMOTE, Anjungan dan eDoc akan digunakan di pelabuhan-pelabuhan di 17 cabang di wilayah Pelindo III.

Direksi Pelindo III yang tersebar di berbagai wilayah hingga Indonesia Timur saat peluncuran juga sekaligus memastikan bahwa aplikasi ini dapat berjalan dengan baik tidak hanya di wilayah Pulau Jawa namun juga berjalan dengan baik hingga pelabuhan cabang di wilayah timur Indonesia.

“Penerapan aplikasi ERP di Pelindo III ini sebagai salah satu upaya untuk melakukan sentralisasi sistem informasi dari seluruh cabang, proses bisnis maupun sistem informasi dari seluruh unit kerja yang kemudian akan terintegrasi sebagai single source of truth, dimana dengan adanya transparansi proses ini dapat mendukung Good Corporate Governance,” ujar Yon Irawan, Corporate Secretary PT Pelindo III menambahkan. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

SightSeeing

PT BRI Pastikan Angkat ATM di Bawah Laut Pahawang

Logo Bank BRI (Ist) PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menunjukkan komitmen untuk mendorong kemajuan pariwisata di Indonesia karenanya Bank BRI menyalurkan bantuan CSR BRI Peduli senilai Rp300 juta untuk

SightSeeing

Jembatan Ampera Pusat Melihat GMT 2016 di Palembang

Jembatan Ampera di Palembang (Ist) Pemerintah provinsi Sumatera Selatan akan menutup Jembatan Ampera untuk pengamatan fenomena alam Gerhana Matahari Total (GMT) 2016 di jembatan kebanggaan masyarakat Palembang itu pada 9

Hotel

French Boyscout Camp di Tanjung Lesung

Selain kaya akan keindahan destinasi alam, di Tanjung Lesung wisatawan juga bisa menikmati wisata bahari, seperti diving (Ist) Anak sekolah Perancis yang ada di Jakarta menggelar program French Boyscout Camp

Tourism

Aerofood ACS Buka Fasilitas Dapur Baru di Cilegon

Anak perusahaan maskapai penerbangan pelat merah, PT Garuda Indonesia, Aerofood ACS buka fasilitas dapur baru di Cilegon (Ist) Aerofood ACS yang bergerak di bidang Inflight Catering merupakan salah satu divisi

Destinations

Enaknya Jagung Rebus Terasi Takalar

Ilustrasi Sarabba, sejenis wedang Jahe khas Takalar (Ist) Kabupaten Takalar memiliki beragam potensi wisata kuliner yang beda dengan destinasi lainnya di Indonesia. Pemerintah kabupaten yang terletak di Sulawesi Selatan ini

Cuisine

Indonesia Singkirkan Thailand untuk Tujuan Wisata Wisman Perancis

Wonderful Indonesia diakui di Perancis (Ist) Pariwisata Indonesia kembali mendapatkan pengakuan dunia. Kini giliran Perancis yang mengakui pariwisata Nusantara setelah pariwisata Indonesia dengan branding Wonderful Indonesia berhasil masuk Top Five