PT Pelindo III Luncurkan Aplikasi Tingkatkan Layanan

Aktifitas Bongkar Muat

Aktivitas bongkar-muat di PT Pelindo III (Ist)

Manajemen PT Pelindo III menandai pergantian tahun 2016 dengan peluncuran aplikasi baru.

SAP S/4 Hana, REMOTE, Anjungan dan eDoc adalah empat aplikasi yang siap diluncurkan untuk meningkatkan pelayananan kepada pengguna jasa kepelabuhanan.

Peluncuran dilakukan sekaligus secara serentak pada 1 Januari 2017 pukul 00.00 WIB oleh Direksi Pelindo III dari empat pelabuhan yang dikelolanya.

Direktur Utama PT Pelindo III Orias Petrus Moedak meresmikan langsung dari Pelabuhan Ende, Nusa Tenggara Timur, Direktur Komersial dan Operasional Mohammad Iqbal dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Direktur Teknik, Teknologi Informasi dan Komunikasi Husein Latief dari Pelabuhan Tanjung Tembaga, Probolinggo, dan Direktur SDM dan Umum Toto Heliyanto,dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Orias Petrus Moedak mengungkapkan bahwa Tahun Baru 2017 merupakan saat yang tepat bagi Pelindo III untuk membangun semangat baru dalam peningkatan kualitas pelayanan kepada pengguna jasa kepelabuhanan.

Aplikasi yang diluncurkan ini dibuat untuk menambah manfaat serta mempermudah pelanggan dalam memperoleh pelayanan serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja di dalam Pelindo III.

Aplikasi tersebut telah disiapkan sepanjang tahun 2016. “Aplikasi yang diluncurkan merupakan aplikasi front office yakni aplikasi yang langsung terkoneksi dan digunakan oleh pelanggan yang terdiri dari aplikasi Anjungan dan REMOTE serta aplikasi back office yakni aplikasi pendukung yang terdiri dari SAP S/4 Hana dan eDoc,” imbuh Orias dalam siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini.

Lebih lanjut, Orias menjelaskan bahwa aplikasi anjungan digunakan sebagai pintu gerbang bagi pelanggan untuk memperoleh pelayanan jasa kepelabuhanan.

Pelanggan dapat mengajukan layanan jasa kapal maupun barang melalui aplikasi ini sehingga pelanggan tidak harus datang ke loket untuk melakukan transaksi karena aplikasi tersebut dapat diakses kapan saja, di mana saja, dan melalui perangkat komunikasi apa saja yang terhubung dengan jaringan internet.

Kegiatan transaksi perbankan pun juga dilakukan secara host to host dan cash management system (CMS), yaitu sistem kerja sama antara Pelindo III dengan pihak perbankan sehingga transaksi perbankan dapat dilakukan langsung oleh Pelindo III.

Sedangkan Aplikasi REMOTE (Real Estate Management and Others Services)dirancang untuk kebutuhan pengelolaan lahan di area pelabuhan.

Kemudahan pelayanan melalui Anjungan dan REMOTE juga didukung dengan peningkatan kecepatan di sisi back office melalui SAP S/4 Hana dan eDoc.

 SAP S/4 Hana merupakan aplikasi ERP (Enterprise Resource Planning) yang juga telah banyak digunakan oleh perusahaan – perusahaan besar di dunia internasional.

Aplikasi ini mengintegrasikan fungsi di bidang keuangan, SDM, Teknik dan Pengadaan Barang dan Jasa  di Pelindo III. SAP S/4 Hana menggantikan aplikasi sebelumnya yaitu Sistem Informasi Usaha dan Keuangan (SIUK).

Percepatan juga dilakukan dalam hal koordinasi di internal Pelindo III dengan menggunakan aplikasi eDoc. Adapun eDoc akan menggantikan komunikasi lintas direktorat di Pelindo III yang sebelumnya masih menggunakan kertas beralih ke elektronik.

Percepatan di sisi back office akan semakin mempercepat kinerja perusahaan karena kebijakan perusahaan dapat diputuskan dengan cepat berdasar pada data yang akurat.

Aplikasi SAP S/4 Hana, REMOTE, Anjungan dan eDoc akan digunakan di pelabuhan-pelabuhan di 17 cabang di wilayah Pelindo III.

Direksi Pelindo III yang tersebar di berbagai wilayah hingga Indonesia Timur saat peluncuran juga sekaligus memastikan bahwa aplikasi ini dapat berjalan dengan baik tidak hanya di wilayah Pulau Jawa namun juga berjalan dengan baik hingga pelabuhan cabang di wilayah timur Indonesia.

“Penerapan aplikasi ERP di Pelindo III ini sebagai salah satu upaya untuk melakukan sentralisasi sistem informasi dari seluruh cabang, proses bisnis maupun sistem informasi dari seluruh unit kerja yang kemudian akan terintegrasi sebagai single source of truth, dimana dengan adanya transparansi proses ini dapat mendukung Good Corporate Governance,” ujar Yon Irawan, Corporate Secretary PT Pelindo III menambahkan. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Slideshow

Wedang Coklat Ala Chef Chitra

Wedang Coklat ala Chef Chitra (Ist) Wedang selama ini dikenal identik sebagai minuman tradisional khas Indonesia, khususnya dari tanah Jawa. Minuman ini pas diminum saat udara dingin lantaran dianggap bisa

SightSeeing

Mancing Jadi Andalan Wonderful Morotai Islands Festival 2017

Launching Calendar Of Events Wonderful Morotai Iskandar Festival 2017 di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta.(21/4/2017) (Ist) Calender of Events Wonderful Morotai Island Festival (CoE WMIF) 2017

Hotel

Warga Semarang Antusias Ikut Pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2017

Putri Pariwisata Indonesia 2016 Lois Merry Tangel melakukan wawancara dengan Jazzy Anastassia Kinsky, peserta audisi pemilihan Putri Pariwisata Indonesia 2017 di Hotel Horison NJ Semarang. (Ist) Warga Semarang, Jawa Tengah

Slideshow

Trusmi, Batik Kebanggaan Cirebon

Proses pembuatan batik Trusmi  Mengunjungi kawasan wisata batik Trusmi sepertinya tak boleh dilewatkan ketika berada di Cirebon, Jawa Barat. Desa Trusmi memang merupakan salah satu sentra industri batik di Tanah

Airlines

Sinergitas Kementerian demi Pariwisata Indonesia

Penandatanganan MoU antara Kemenpar dengan Kemenkumham di Ruang Rapat Menteri Pariwisata Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta (19/7/2016) (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Menteri Hukum dan HAM   Yasonna

Nature

Wakatobi, Destinasi Wisata Bahari di Timur Indonesia

Wakatobi (Ist) Wakatobi di Sulawesi Tenggara termasuk dalam 10 Bali baru yang dikembangkan dan dipromosikan pemerintah hingga ke mancanegara. Wakatobi dikenal sebagai destinasi wisata bahari, seperti untuk diving sebab sebagai