PT Pelindo III Perusahaan Informatif di Indonesia

logo Pelindo III yg baru

PT Pelabuhan Indonesia III ditetapkan sebagai salah satu dari 10 BUMN terinformatif oleh Komisi Informasi Pusat. Penetapan tersebut diumumkan langsung oleh Ketua Komisi Informasi Pusat John Fresly di hadapan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istana Wakil Presiden, Jakarta.

Penetapan diberikan oleh Komisi Informasi Pusat dalam rangka Penganugerahan Keterbukaan Informasi Tahun 2016 bagi badan publik di Indonesia.

Direktur Utama Pelindo III Orias Petrus Moedak mengatakan, jika tahun ini BUMN yang dipimpinnya berada di peringkat lima dengan nilai 80,27.

Menurutnya, peringkat tersebut menunjukkan jika masih ada yang perlu ditingkatkan lagi di Pelindo III berkaitan dengan Keterbukaan Informasi Publik.

“Kami nomor lima dari total 139 BUMN yang ada di Indonesia. Artinya walaupun ada yang harus kami tingkatkan namun setidaknya peringkat tersebut sudah cukup baik,” kata Orias disela-sela persiapan groundbreaking Terminal Gili Mas Pelabuhan Lembar, Nusa Tenggara Barat, Rabu (21/12/2016).

Lebih lanjut Orias menambahkan jika Pelindo III berusaha selalu tunduk terhadap aturan yang ditetapkan pemerintah. Bagi Pelindo III, melaksanakan perintah Undang-undang menjadi suatu kewajiban melihat statusnya yang merupakan perusahaan milik negara.

“Keterbukaan informasi merupakan bagian dari komitmen perusahaan terkait dengan good corporate governance dan kami merupakan BUMN yang taat pada aturan,” tegasnya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

“Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik ini kami lakukan untuk melihat ketaatan badan publik dalam menjalankan amanah Undang-undang nomor 14 tahun 2008,” kata John Fresly.

Pada tahun ini, Komisi Informasi Pusat memberikan pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik terhadap 7 badan publik yakni Kementerian, Pemerintah Provinsi, Lembaga Negara, Lembaga Non Struktural, BUMN, Perguruan Tinggi Negeri dan Partai Politik Nasional.

Ketua Komisi Informasi Pusat Josh Fresly menyebut tingkat partisipasi badan publik setiap tahunnya meningkat.  Pada tahun 2013 tingkat partisipasi hanya 38 persen, tahun 2014 sebanyak 40 persen, tahun 2015 sebanyak 47 persen. Hal ini menunjukkan tren positif bahwa badan publik semakin memahami dan mengimplementasikan apa yang diamanatkan undang-undang di instansi masing-masing.

“Ada 397 badan publik seharusnya mengikuti pemeringkatan ini, tahun ini 51 persen yang berpartisipasi,” tambahnya.

Sementara Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan apresiasi terhadap badan publik yang sudah menjalankan Keterbukaan Informasi Publik dengan baik.

Wapres mengungkapkan untuk memperoleh kepercayaan publik dibutuhkan semangat untuk membenahi setiap lini kerja agar dapat berjalan dengan baik dan transparan.

“Kita hidup di lingkungan yang demokratis, dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat. Jadi yang ada disini (pimpinan badan publik-red) harus mempertanggungjawabkan setiap langkahnya kepada masyarakat,” tegasnya.

Wapres juga mengingatkan mudahnya mengakses informasi menjad satu hal yang harus diantisipasi dengan kesiapan sistem yang mendukung keterbukaan informasi bagi masyarakat.

“Kalau kita perhatikan informasi ini setiap detik terus berkembang, isunya juga macam-macam. Kalau sistem kita sudah benar, kita tidak akan takut untuk terbuka,” tambahnya.

Adapun BUMN yang masuk dalam 10 besar hasil pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2015 oleh Komisi Informasi Pusat adalah sebagai berikut; PT Taspen, PT Perusahaan Listrik Negara, PT Bio Farma, Perum Perhutani, PT Pelindo III, Bank BTN, PT Kereta Api Indonesia, PT LEN Industri, PT INTI, dan Perum Jasa Tirta II. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

Hotel

FBC Dorong Pariwisata Cirebon Maju

Narasumber FBC berpose bersama (Ist)  Cirebon yang terletak di wilayah paling timur Jawa Barat ternyata memiliki banyak potensi wisata dan budaya yang bisa mendatangkan banyak wisatawan. Sebut saja Keraton Kasepuhan

Travel Operator

Putra Putri Pariwisata Nusantara 2017 Promosikan Pariwisata Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Founder and Chairman ELJOHN Pageants Johnnie Sugiarto berfoto bersama dengan Putra Putri Pariwisata Nusantara 2017 (Ist) Wakil dari Bali dan Kalimantan Barat (Kalbar) terpilih menjadi Putra-Putri

Hotel

Lombok Bukan Bali

Turis asing melintas di kawasan Pantai Kuta Lombok  Lombok di Nusa Tenggara Barat (NTB) mulai diminati wisatawan mancanegara (wisman). Pulau Seribu Masjid itu disebut-sebut mulai disukai turis asing lantaran Pulau

Culture

Rendang, Kuliner Khas Nusantara Ngetop di Dunia

Kuliner khas Tanah Air, Rendang yang diminatai orang asing (Ist) Pariwisata Indonesia kembali mendapatkan pengakuan dunia. Dua ikon kuliner khas Nusantara yang sudah ditetapkan Menpar Arief Yahya, yakni Rendang dan

Cuisine

2017, Turis Tiongkok ke Lombok akan Meningkat

LA Hadi Faishal (Ist) Malaysia Inbound Tourism Association (MITA) menyatakan bahwa siap untuk mendatangkan wisatawan Tiongkok ke Lombok. Presiden MITA Uzaidi Udanis bersama tim diketahui sudah bertolak dari Lombok, Selasa

World Heritage

Pacific Paint Percantik Pasar Kanoman Jadi Pasar Instagramable

Direktur Pacific Paint Suryanto Tjokrosantoso memukul gong dalam peresmian Pecinan Warna Warni di Pasar Kanoman Cirebon Menyambut Ramadan 1439 H, manajemen PT Pabrik Cat dan Tinta Pacific atau yang lebih