Puncak HUT RI ke-71, Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba Siap Digelar Pemerintah

pesona danau toba

Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam Jumpa Pers Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba ‘Indonesia Kerja Nyata’ di Gedung Sapta Pesona Kemenpar (Ist)

Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba dalam rangka perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-71 ‘Indonesia Kerja Nyata’ akan berlangsung di Balige (Tobasa) dan Parapat (Simalungun) Toba, Sumatera Utara (Sumut) pada 20-21 Agustus mendatang.

Dipilihnya Danau Toba menjadi lokasi Karnaval Kemerdekaan pada tahun ini dalam rangka menggaungkan Toba sebagai destinasi pariwisata unggulan dan menjadi salah satu ’10 Bali Baru’.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, kegiatan Karnaval Kemerdekaan, dahulu dikenal dengan Karnaval Budaya dari 34 provinsi se-Indonesia diselenggarakan di sekitar Istana Negara Jakarta, sejak tahun 2015 dilaksanakan di daerah.

Tahun lalu berlangsung di Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar) sedangkan tahun ini di Danau Toba, Sumut dengan tema karnaval ‘Pesona Danau Toba’.

“Even Karnaval Kemerdekaan menjadi agenda Kemenpar. Presiden Jokowi memilih Danau Toba sebagai pusat perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-71 dengan tujuan membangkitkan kebanggan berbangsa dan menjadi penyulut semangat Indonesia kerja nyata, serta untuk menindaklanjuti kebijakan nasional dalam pembangunan kepariwisataan agar lebih fokus dalam pengembangan 10 destinasi unggulan,” kata Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Rabu (10/8/2016).

Arief Yahya menjelaskan bahwa setelah Danau Toba ditetapkan sebagai destinasi prioritas pembangunan infrastruktur terus ditingkatkan antara lain persiapan jalan tol dari Kota Pematangsiantar hingga kawasan Danau Toba di Parapat yang akan dimulai tahun depan serta peningkatan bandar udara Silangit Toba yang kini sudah ada penerbangan langsung dari Jakarta, Kualanamu, maupun Batam.

“Danau Toba merupakan destinasi yang lengkap sebagai wisata alam, geopark, dan water sport dan memiliki budaya yang unik. Kita sengaja memilih dua lokasi untuk karnaval pada tahun ini, yaitu Balige di Kabupaten Tobasa yang memilik panorama alam seperti Ubud di Bali. Di sana dijumpai pemandangan alam berupa sawah menghijau yang subur dan menyejukkan mata, dan Parapat di Simalungun dikenal wisatawan karena keramahan penduduknya serta budaya lokalnya yang menarik dan unik,” kata Arief Yahya.

Kegiatan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba terdiri dari karnaval budaya yang diikuti 26 provinsi, 7 kabupaten sekitar Toba, 8 sub etnik, Kementerian BUMN, dan komunitas budaya dengan jumlah peserta sekitar 4.000 orang.

Karnaval ini mengambil rute sejauh 3,5 km di Balige dengan tema defile ‘merah putih hitam’. Kegiatan lain, parade perahu berhias lampu warna warni di Danau Toba, pertunjukan konser musik Slank di atas panggung apung (floating stage), serta kuliner rakyat dengan menghadirkan chéf Bara Pattiradjawane dan food truck di Parapat, serta pertunjukan Judika dan kawan-kawan di Balige.

Kegiatan ini diharapkan menjadi representasi beragam suku dan budaya bangsa dan menjadi kegiatan yang festive yang menarik perhatian masyarakat dengan target 50.000 pengunjung.

Destinasi Danau Toba gencar dipromosikan melalui event olahraga (sport tourism) maupun wisata budaya (culture tourism) antara lain Toba Ultra Marathon, Toba Gran Fondo, dan International Jazz Samosir sebagai upaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) serta wisatawan nusantara (wisnus).

Tercatat pada 2015 jumlah kunjungan wisatawan ke Toba sebanyak 11.215.535 mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2014 sebanyak 11.046.234, sedangkan target tahun 2016 sebanyak 11,4 juta wisatawan. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Destinations

Mengenal Indonesia di Museum

Museum Nasional (Ist) Berkunjung ke museum ketika akhir pekan sepertinya menjadi hal menarik bagi sebagian orang di kota-kota besar, seperti Jakarta. Tak salah memang mencoba jalan-jalan ke museum untuk mengetahui

Hotel

FKN 2018 Perkuat Komitmen Kabupaten Sumenep Sebagai Kota Pariwisata

FKN 2018 (Ist) Sebagai upaya dan membangun komitmen Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur untuk menjadikan pariwisata sebagai leading sector terus dikumandangkan. Salah satunya dengan menggelar berbagai event sebagai atraksinya. Abuya

Destinations

BWJ Gandeng Nusa Flying School Kembangkan Pariwisata Tanjung Lesung

Managing Director PT BWJ Fachrully F Lasahido, Direktur Utama PT BWJ Poernomo Siswoprassetijo, Direktur PT Jababeka Tbk (Holding dari PT BWJ) Sutedja S Darmono, dan  CEO/Founder Nusa Flying International School Capt Rudy

Cuisine

Sinergi Garuda Indonesia dengan BRI Bantu Korban Lombok

Maskapai nasional Garuda Indonesia bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) menerbangkan sedikitnya 23 tenaga medis yang berasal dari Ikatan Dokter Indonesia” (IDI) dalam sinergi misi kemanusiaan membantu korban gempa

Cuisine

Wonderful Indonesia Tebar Pesona di ITB Asia

Suasana booth Wonderful Indonesia di ITB Asia (Ist) Kebersamaan Indonesia Incorporated kembali dipanaskan di arena ITB Asia 2017. Event yang digelar di Marina Bay Sands, Singapura pada 24-27 Oktober 2017

Nature

Membaca Tren Pariwisata 2018

Menteri Pariwisata Arief Yahya (ketiga dari kiri) di ITO 2018 (Ist) Tren pariwisata Indonesia dinilai positif sebab traveler sudah mulai banyak tertarik yang berkunjug ke berbagai destinasi wisata yang beragam dan