Punya Marina, Pariwisata Banyuwangi Cemerlang

pullau merah

Wisatawan di Pulau Merah (Ist)

Masyarakat Banyuwangi patut berbangga hati sebab tahun 2017 mendatang bakal punya marina berkelas dunia sehingga beragam potensi wisata yang dimiliki Bumi Blambangan ini akan semakin dikenal wisatawan mancanegara.

Menariknya, marina yang bakal ada di Pantai Boom Banyuwangi itu mengadopsi sejumlah marina di dunia, termasuk Marina Port Vell Yacht Club, Barcelona dan Yacht Club de Monaco, Monaco.

Direktur Utama PT Pelindo III Djarwo Surjanto ketika dihubungi patainanews.com, Senin (14/9/2015) menjelaskan bahwa dua marina itu adalah referensi untuk rencana marina di Banyuwangi.

“Implementasi di Banyuwangi dibuat bertahap dengan mengakomodasi budaya lokal dan pertumbuhan pasar,” ucapnya. Djarwo mengatakan, dermaga yang dibangun juga difasilitasi pendukung untuk yacht.

Ya, keberadaan marina itu diperkirakan bisa menambah kunjungan wisatawan asing ke Bumi Blambangan ini yang terletak di ujung timur Jawa dan selama ini dikenal dengan beragam potensi pariwisata yang tak kalah menarik dengan tetangganya, Bali.

Seperti diketahui, kabupaten yang disebut dengan The Sunrise of Java ini tak mau berdiam diri dan seakan tak mau kalah dengan tetangganya, Bali, Bumi Blambangan pun terus menggali segudang potensi pariwisata dan budaya yang tersohor ke penjuru dunia.

Saat ini Pemerintah Kabupaten Banyuwangi diketahui tengah serius menggenjot beragam potensi wisata yang ada di Bumi Blambangan. Beberapa destinasi semakin diminati wisatawan, termasuk turis asing.

Sebut saja destinasi seperti Pulau Merah dan Kawah Ijen. Ya, menariknya potensi wisata yang ada di Banyuwangi tersebar dari timur hingga barat wilayah ini.

Di daerah ini bisa dibilang terbilang komplet potensi wisata yang dimiliki, termasuk ada wisata alam, wisata kuliner dan wisata bahari. Belum lagi ditunjang budaya yang menarik, seperti milik suku Using dan tari gandrung, tarian khas Bumi Blambangan.

Sejumlah wisatawan asing asal Negeri Kincir Angin Belanda pun cukup sering mengunjungi Banyuwangi, seperti ke wilayah di Kalibaru. Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya yang dihubungi patainanews.com, untuk destinasi wisata sekitar Bali, termasuk Banyuwangi, sebaiknya pemasarannya menggunakan konsep Great Bali.

“Artinya merupakan paket wisata Bali. Kalau tidak begitu, maka biaya promosinya akan sangat mahal,” ucapnya ketika dihubungi beberapa waktu lalu.

Bahkan, Banyuwangi terus berbenah diri untuk menarik jumlah kunjungan turis. Salah satunya dengan merombak Bandara Blimbingsari seperti bandara yang ada di Kanada yang memaksimalkan cahaya matahari sebagai pengganti lampu.

Tak hanya itu, menuju Banyuwangi juga bisa dari Surabaya dan Yogyakarta dengan menggunakan moda transportasi kereta api.

Geliat Pariwisata Banyuwangi

Geliat pariwisata Banyuwangi kini semakin terasa lantaran Pemkab Banyuwangi menggandeng PT Pelindo III untuk mengelola kawasan wisata di Pantai Boom.

Manajemen PT Pelindo III menyadari sebagai badan usaha milik negara (BUMN) mempunyai fungsi menjadi agent of development. Karenanya manajemen PT Pelindo III mendukung pengembangan marina di Pantai Boom Banyuwangi, Jawa Timur.

“Memenuhi fungsi BUMN sebagai agent of development di bidang pariwisata bahari, walaupun secara finansial tidak terlalu menarik,” ujar Djarwo. Adapun PT Pelindo III mendukung pemerintah kabupaten (Pemkab) Banyuwangi untuk mengelola kawasan wisata di Pantai Boom dengan menandatangani kerja sama dengan pemerintah daerah di ujung timur Pulau Jawa itu.

“Prinsipnya kita sepakat untuk membuat marina di Pantai Boom Banyuwangi,” kata Djarwo. (Gabriel Bobby)

 



About author



You might also like

Slideshow

Preskom Jababeka Berbagi Tips Menangi Peluang Kerja dan Bisnis

Presiden Komisaris dan Founder PT Kawasan Industri Jababeka Tbk SD Darmono (kedua dari kanan) (Ist) Presiden Komisaris dan Founder PT Kawasan Industri Jababeka Tbk SD Darmono memberikan motivasi kepada generasi

Slideshow

Kuliah di President University, Casparina Mahir TI

Casparina Theresia Renwarin (Ist) Tidak banyak putra daerah yang ingin melihat dunia luar namun tidak demikian dengan Casparina Theresia Renwarin, gadis kelahiran tanah Papua. Ririn, begitu ia kerap disapa, di

Tourism

MICT Sepakati Bisnis US$400 Juta

Menteri Pariwisata Arief Yahya menjadi salah satu panelis ‘Redifining The Role of Goverment in Developing New Tourist Destination’ dalam rangkaian kegiatan Manado International Conference on Tourism Investment di Sintesa Peninsula

Hotel

Melalui Tour de Jakarta 2016, Polygon Dukung Pengembangan Sport Tourism

Tour de Jakarta 2016 (Ist) Tidak bisa dipungkiri, pariwisata sampai saat ini masih menjadi industri yang bisa menggerakkan ekonomi dengan cepat dan efisien. Berbagai varian pariwisata yang terus dikembangkan menjadikan

Destinations

70 Tahun RI, Pariwisata Jadi Andalan Indonesia

Wisatawan Mancanegara di Indonesia (Ist) Hari ini adalah hari terakhir di Agustus 2015. Dan, belum lama ini, tepatnya tanggal 17 Agustus, Indonesia memperingati 70 tahun kemerdekaan negeri ini. Menariknya, kini,

Slideshow

Arief Yahya Monitor Perkembangan KEK Pariwisata Tanjung Lesung

Direktur Utama PT BWJ Poernomo Siswoprasetijo (kiri memakai batik) memimpin tim Jababeka dan BWJ melakukan rapat dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya (kemeja putih) (Ist)  Di ruang rapatnya, Menteri Pariwisata Arief