Putra Putri Pariwisata Nusantara 2018 Promosi Digital Destination Pariwisata Indonesia

WhatsApp Image 2018-04-28 at 17.08.12

Suasana malam grand final Putra Putri Pariwisata Nusantara 2018

Pemenang Putra Putri Pariwisata Nusantara 2018 akan ikut membantu pemerintah dalam upaya merealisasikan target kunjungan 17 juta wisatawan mancanegara pada tahun ini. Mereka akan terlibat dalam promosi pariwisata Indonesia secara digital, Digital Destination bersama GenPi (Generasi Pesona Indonesia).

Hal tersebut disampaikan Menteri Pariwisata Arief Yahya menjawab patainanews.com dalam press conference pemenang Putra Putri Pariwisata Nusantara 2018 yang mengangkat tema ‘Explore Wonderful Indonesia’s Marine Tourism’ di Kementerian Pariwisata, Jumat (27/4/2018). Adapun pada malam grand final P3N, para finalis dinilai lima dewan juri, yaitu Johnnie Sugiarto (CEO El John Pageants), Esthy Reko Astuty, Staf Ahli Menteri Pariwisata Bidang Multikultural, Agus Darmawan, Fitriah Sulvia Rini dan Dayu Hatmanti (Miss Scuba International 2011).

Pemenang Putra Putri Pariwisata Nusantara 2018 diberikan kepada Arya Purnama dari Riau dan Ni Wayan Ika Mahayani asal Bali. Menteri Pariwisata Arief Yahya menyematkan mahkota kepada pemenang ajang pemilihan Putra-Putri Pariwisata Nusantara (PPPN) dalam grand final PPPN 2018 yang berlangsung di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata, Jumat (27/4/2018).

Acara pemilihan PPPN 2018 yang diselenggarakan oleh Yayasan EL JOHN Indonesia kali ini mengangkat tema ’Explore Wonderful Indonesia’s Marine Tourism’ dimaksudkan sebagai ajang pemberdayaan generasi muda dalam berkontribusi bagi pemasaran serta promosi pariwisata Indonesia yang tahun ini mentargetkan kunjungan 17 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan pergerakan 270 juta wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air.

Menpar Arief Yahya mengapreasiasi penyelenggaraan PPPN 2018 nantinya para peserta ini bisa menjadi duta wisata atau endorsers untuk mengenalkan dan mempromosikan potensi pariwisata di daerahnya masing-masing. Menpar Arief juga mengapresiasi tema PPPN 2018 ’Explore Wonderful Indonesia’s Marine Tourism’ karena selaras dengan program pembangunan nasional yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi yang ingin mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia dan juga mempresentasikan program Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang menempatkan wisata bahari sebagai salah satu produk unggulan.

“Wisata bahari (marine tourism) menjadi salah satu produk wisata unggulan Indonesia yang dikenal sebagai negara marine destination kelas dunia. Kita mentargetkan kontribusi wisman wisata bahari sebanyak 4 juta, 500 ribu di antaranya adalah wisman kapal pesiar (cruise) pada 2019,” kata Menpar Arief Yahya. Ia mengatakan, Putra-Putri Pariwisata Nusantara bisa menjadi duta wisata atau endorsers untuk mengenalkan dan mempromosikan potensi pariwisata di daerahnya masing-masing.

“Endorsers menjadi bagian dari strategi media promosi pariwisata yang dijalankan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dengan menggunakan pendekatan POSE (Paid, Ownes, Social Media, dan Endoser),” kata Arief Yahya. Menpar Arief menjelaskan, Kemenpar bersama stakeholder pariwisata menerapkan tiga strategi dalam mencapai target kunjungan 17 wisman pada tahun ini yakni dengan memberikan insentif kepada airlines, program Hot Deals ViWI (Visit Wonderful Indonesia) 2018, serta digital marketing platform competing destination model (CDM).

“CDM adalah teknologi baru untuk merancang konten iklan yang relevan dengan perilaku dari masing-masing segmen travellers. Kita harus punya digital marketing platform, sehingga kita bisa tau, orang yang sedang ‘look’ berapa orang, kemudian orang yang ‘look’ lalu menjadi search berapa dan yang menjadi pay berapa. Akan tetapi saat orang sedang look atau seacrh –semula kita tidak bisa mempengaruhi—dengan platform CDM bisa kita pengaruhi,” kata Menpar Arief dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Sementara Ketua Yayasan EL JOHN Indonesia Johnnie Sugiarto mengatakan, dalam ajang PPPN 2018 telah tersaring dan masuk sebagai finalis sebanyak 46 orang ( 23 putra dan 23 putri) dari 23 provinsi di Indonesia. “Sebelum masuk dalam acara grand final pada malam hari ini mereka masuki masa karantina di Best Western Mangga Dua Hotel Jakarta pada 18-28 April 2018,” kata Johnnie Sugiarto.

Selama masa karantina para finalis PPPN 2018 diberikan pembekalan di antaranya dalam acara audiensi dengan Menpar Arief Yahya yang berlangsung di tempat pada Jumat pekan lalu; peningkatan kepribadian; intrepreneur hospitality; workshop penulisan di medsos dan media; serta presentation masing-masing finalis, focus group disscussion, one on one interview, visit, dan latihan koreografis. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

Slideshow

‘PR 101 Series’ H3 Jakarta

Himpunan Humas Hotel Jakarta (H3 Jakarta) (Ist) Himpunan Humas Hotel Jakarta (H3 Jakarta) pada 30 September lalu baru saja selesai menyelenggarakan acara PR 101 series ‘Hospitality PR: Optimizing Competence’ di THE

Culture

Malaysia, Parameter Pariwisata Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya dinilai menjadikan Malaysia sebagai parameter agar pariwisata Indonesia bisa berkembang dan semakin banyak wisatawan asing yang berkunjung ke berbagai destinasi wisata

World Heritage

Diskon Khusus 20% Ikut PATA Travel Mart 2016

PATA Travel Mart 2016 (Ist) Dapatkan diskon khusus 20% bagi pelaku bisnis pariwisata Indonesia untuk mengikuti PATA Travel Mart 2016 hingga Jumat, 22 Juli 2016. Penyelenggaraan PATA Travel Mart 2016

Slideshow

2016, Investor Bergairah ke Lombok

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kemeja putih) dengan Wakil Ketua PHRI NTB LA Hadi Faishal (Ist) Kunjungan kerja Wakil Presiden Jusuf Kalla yang didampingi Menteri Pariwisata Arief Yahya ke Lombok, Nusa

Slideshow

Kepulauan Seribu Promosi Wisata Lewat Film Layar Lebar

Suasana di Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu  Sebagai upaya mempromosikan potensi wisata dan kearifan lokal yang ada di Kepulauan Seribu, maka pemerintah daerah Kepulauan Seribu akan membuat film layar lebar

Cuisine

Menteri Pariwisata Manfaatkan Teknologi Pantau Wisatawan

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Seiring perkembangan zaman, teknologi pun semakin canggih. Karenanya pemerintah memanfaatkan teknologi, seperti mengetahui posisi wisatawan melalui nomor ponsel untuk mengikuti pergerakan wisatawan Nusantara dan wisatawan