Putra-Putri Pariwisata Nusantara, Endorser Promosi Daya Tarik Pariwisata

WhatsApp Image 2018-04-21 at 00.03.41

Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Ketua Yayasan EL JOHN Indonesia Johnnie Sugiarto (Ist)

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya minta Putra-Putri Pariwisata Nusantara bisa menjadi duta wisata atau endorser untuk mengenalkan dan mempromosikan potensi pariwisata di daerahnya masing-masing.

“Endorser menjadi bagian dari strategi media promosi pariwisata yang diterapkan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dengan menggunakan pendekatan POSE (Paid, Owned, Social Media, dan  Endorser),” kata Menpar Arief Yahya pada Audiensi dan Press Conference dengan para finalis Putra-Putri Pariwisata Nusantara 2018 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona kantor  Kementerian Pariwisata, Jumat (20/4/2018).

Menpar Arief Yahya menjelaskan, dalam menggunakan pendekatan endorser terbagi menjadi dua kelompok, yakni dari kalangan artis atau selebritis dan komunitas yang tergabung dalam Genpi (Generasi Pesona Indonesia). “Saat ini ada 20 selebritis sudah melakukan co-branding Wonderful Indonesia. Endorser dari kalangan selebritis hasilnya sangat cepat menaikan brand Wonderful Indonesia karena mereka mempunyai followers  yang besar, mencapai puluhan juta di media sosial. Begitu pula endorser dari komunitas dapat menggerakan dari bawah (bottom up), tentunya memiliki hubungan yang kuat di antara anggota komunitas,” kata Menpar Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com beberapa waktu lalu.

Pada kesempatan ini Menpar Arief Yahya mengapresiasi penyelenggaraan PPPN 2018, untuk tahun ini mengangkat tema ’Explore Wonderful Indonesia’s Marine Tourism’. Hal ini sejalan dengan wisata bahari (marine tourism) menjadi salah satu produk wisata unggulan Indonesia, terlebih dikenal sebagai negara marine destination kelas dunia.

Menpar Arief juga menyampaikan 7 dari 10 Destinasi Pariwisata Prioritas adalah wisata bahari. “Tema ini sangat tepat karena  pemerintah fokus dalam mengembangkan wisata bahari, diharapkan akan memberikan kontribusi sebesar 4 juta wisatawan mancanegara (wisman), dari target 20 juta wisman pada 2019, dimana 500 ribu di antaranya bersumber dari wisman kapal pesiar (cruise),” kata Menpar Arief Yahya didampingi Ketua Yayasan EL JOHN Indonesia Johnnie Sugiarto dan Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Kemenpar Esthy Reko Astuti.

Pemilihan Putra-Putri Pariwisata Nusantara (PPPN) 2018 diselenggarakan oleh Yayasan EL JOHN Indonesia sebagai ajang pemberdayaan generasi muda dalam berkontribusi bagi pemasaran serta promosi pariwisata Indonesia yang tahun ini mentargetkan kunjungan 17 juta wisman dan pergerakan 270 juta wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air.

Ketua Yayasan EL JOHN Indonesia Johnnie Sugiarto mengatakan, dalam ajang PPPN 2018 telah tersaring dan masuk sebagai finalis sebanyak 46 orang (23 Putra dan 23 Putri) dari 25 provinsi di Indonesia dan mereka saat ini memasuki masa karantina di Best Western Mangga Dua Hotel Jakarta pada 18 hingga 28 April 2018.

Selama masa karantina para finalis PPPN 2018 ini diberikan pembekalan diantaranya tentang peningkatan kepribadian, entrepreneur hospitality, serta workshop  penulisan di medsos dan media lainnya. Pemilihan Putra-Putri Pariwisata Nusantara (PPPN) 2018 memiliki kriteria Goodlooks, Briliant, Ethics. Atau 4R Raga, Rasio, Rasa, Ruh.

Selain itu, Putra Putri Pariwisata Nusantara terpilih adalah Generasi Milenial/Zaman Now. Maka dari itu mereka didorong untuk bergabung dengan GenPI. Merupakan pengguna media sosial, aktif promosi pariwisata di medsos, mempromosikan Destinasi Digital (Instagramable) khususnya destinasi wisata bahari. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

Festival

Incar Wisman, Sumsel Siap Gelar BBTF 2017

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga (kanan) berpose bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Pemerintah provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) siap menjadi pelaksana Bali and Beyond Travel Fair (BBTF)

SightSeeing

Wings Air Perkuat Akses ke KEK Pariwisata Morotai

Penerbangan perdana Wings Air dari Manado ke Morotai (Ist) Semangat mengembangkan 10 ‘Bali’ baru terus direspons positif oleh industri yang bergerak di sektor transportasi udara. Akses Danau Toba sudah diterabas

Culture

Kereta Kencana Singa Barong, Daya Tarik di Keraton Kasepuhan Cirebon

Kereta Kencana Singa Barong Keraton Kasepuhan Cirebon menjadi daya tarik tersendiri bagi destinasi kota Cirebon, Jawa Barat. Kota Sedulur Kabeh ini benar-benar memanfaatkan Keraton Kasepuhan Cirebon untuk menarik minat wisatawan

World Heritage

80 Ribu Warga Tionghoa Bakal Serbu Pulau Kemaro

Selepas Imlek dan Cap Go Meh 2016, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan menyambut Gerhana Matahari Total 2016 di Jembatan Ampera Palembang (Ist) Promosi wisata dengan tema Imlek dan Cap Go

Festival

Workshop Fotografi untuk Anak Kepulauan Seribu

Berita Foto: Workshop fotografi untuk anak-anak di Kepulauan Seribu ternyata diminati anak-anak dari Pulau Harapan, Pulau Kelapa, dan Pulau Kelapa 2, Jumat (20/5/2016). Kegiatan positif ini didukung oleh berbagai pihak,

Nature

Akeyla Sinergi dengan KRIJA Indonesia Promosikan Budaya Nusantara

Sinergi antara Akeyla dengan KRIJA Indonesia (Ist) Desainer cilik yang tengah naik daun dengan segudang prestasi, Akeylanaraya Alyandina bersama Enny Kwan, pemilik Red Cherry Clay & Art Workshop yang mengusung