Putri Pariwisata Indonesia 2016 Apresiasi Kunjungan Turis Tiongkok ke Manado Meningkat

DSC_0580

Lois Mery Tangel (Ist)

Putri Pariwisata Indonesia 2016 Lois Mery Tangel menyambut positif meningkatnya kunjuingan wisatawan mancanegara asal Tiongkok ke sejumlah destinasi wisata di Indonesia, termasuk ke Manado, Sulawesi Utara (Sulut).

“Menurut saya itu hal yang sangat bagus dan saya sangat mengapresiasi komitmen dari pemerintah daerah Sulut dalam memajukan pariwisata yang ada di sana. Dengan adanya direct flight dari beberapa kota di China membuat angka wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Sulut meningkat secara drastis,” tuturnya ketika dihubungi patainanews.com, Senin (24/7/2017).

Lois menjelaskan, peningkatan kunjungan turis dari Tiongkok ke Sulut membawa dampak yang sangat bahus terhadap perekonomian masyarakat Sulut.  Informasi yang diperoleh patainanews.com. wisman asal China semakin banyak yang memutuskan berlibur ke Manado.

Pada periode high season ini, ada 19 flight charter flight per minggu yang terbang dari China ke Manado. Dan, tingkat keterisian seat pesawat mencapai 200 hingga 212 penumpang. “Selama 1 Juli 2016-20 Juli 2017 ini, sudah ada 47.794 Wisman Tiongkok yang berkunjung ke Sulawesi Utara. Ditambah pada periode Juni-Juli ada 19 penerbangan dari beberapa kota di Tiongkok, seperti Changsa, Guangzhou, Wuhan, Sanghai, Shenzen, Chongqing, Chengdu, dan Kunming,” kata Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata (Kemenpar), I Gde Pitana dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Pitana optimistis penambahan penerbangan itu akan menembus target 130.000 Wisman Tiongkok hingga Desember 2017 nanti. Alasannya simpel. Wisman China sangat suka wisata bahari. Dan Manado, punya objek wisata pantai atau snorkeling di Taman Laut Bunaken yang sudah mendunia.

Kementerian Pariwisata diketahui tak pernah berhenti mempromosikan pariwisata Indonesia hingga ke mancanegara. Dan, kini mulai terlihat hasilnya dengan terjadi peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara, termasuk turis asal Tiongkok ke negeri ini.

Terbukti pada kuartal pertama 2017, jumlah kunjungan wisatawan China meningkat 43.87 persen ketimbang periode 2016 menjadi 525.035. Sementara khusus untuk Bali, wisatawan Tiongkok mencatat kenaikan signifikan 58.12 persen dibanding periode sama di tahun lalu.

Hal itu tidak terlepas dari gencarnya Kemenpar mempromosikan pariwisata Indonesia di China. Salah satunya melalui kerja sama strategis antara Kemenpar dengan Baidu, perusahaan berbasis teknologi dan media terkemuka dari China sejak 2016 lalu.

Adapun kerja sama ini menargetkan untuk mendatangkan 10 juta wisatawan China pada 2019 mendatang. Melihat tingginya antusiasme wisatawan asal China yang berkunjung ke Indonesia, Kamis (20/7/2017) Kemenpar bersama Baidu mengelar workshop di Pulau Dewata. 

Workshop ini bertujuan memberikan paparan dan edukasi kepada pelaku industri untuk menangkap peluang bisnis seiring bertambahnya wisatawan mancanegara dari China. Materi yang diberikan sangat bermanfaat bagi para pelaku industri pariwisata, seperti lanskap wisatawan China dan pengaruh media digital bagi wisatawan China dalam mencari informasi wisata. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Festival

Wisatawan Asing tak Pernah Lupa ke Kota Tua

Kota Tua Jakarta (Ist) Jakarta sebagai destinasi wisata di Indonesia diminati wisatawan asing sebab keberadaan Jakarta selalu menarik untuk diceritakan. Tak hanya itu, sejarah Ibukota negeri ini juga tak kalah

Culture

‘Pemerintah Perlu Strategi Khusus untuk Pariwisata Bali’

Wisatawan di Bali (Ist) Pemerintah diharapkan memiliki strategi khusus untuk mempromosikan pariwisata Bali hingga ke mancanegara sebab Pulau Dewata masih menjadi andalan pariwisata Indonesia untuk mendatangkan wisatawan mancanegara (wisman) ke

Slideshow

Pelindo III Kembangkan Pariwisata di Lembar

Logo Pelindo III (Ist) Pemerintah kabupaten Lombok Barat menggandeng PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III untuk mengembangkan potensi pariwisata di Lombok Barat. Dan, manajemen PT Pelindo III akan mengembangkan pariwisata di

Festival

Pemerintah Target Turis Australia ke Maluku

Pantai Natsepa di Maluku (Ist) Pemerintah berupaya bisa meningkatkan kunjungan turis dari Australia ke Maluku. Hal tersebut dikatakan Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Wisata Nusantara Esthy Reko Astuti di Ambon, Maluku dalam

Cuisine

FMIPA UI Wisata ke Cirebon

Rombongan FMIPA UI wisata ke Cirebon (Ist) Rombongan FMIPA Universitas Indonesia (UI) wisata ke Cirebon, Jawa Barat. Selain itu, selama di Cirebon rombongan FMIPA UI juga melakukan capacity building. Menurut Ninik

Hotel

Sinergi Memukau Desainer Cilik Akeyla dengan Batik NengMas

Poetrie Hanjani, pemilik Batik NengMas (kiri) bersama desainer cilik yang lagi naik daun, Akeylanaraya Alyandina  (Ist) Batik khas Nusantara yang merupakan kain tradisional asli Indonesia selama ini memang dikenal menjadi salah