PWI Kombinasikan Pers dan Kopi ke Korea Selatan

kopi nusantara 2
Ilustrasi Kopi Nusantara (Ist)
Rombongan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) memadukan pers dan kopi dalam lawatan ke Republik Korea Selatan. Kunjungan ke negeri ginseng ini adalah bagian dari kerja sama PWI dengan Asosiasi Wartawan Korea (AWK) yang sudah terjalin sejak lima tahun terakhir ini.

Memadukan pers dan kopi sengaja dipilih sebagai tema kunjungan. Pertama, untuk kembali memperkenalkan kopi sebagai salah satu komoditas utama Indonesia. Kedua, untuk memetik pelajaran berharga dari masyarakat pers Korea, khususnya, yang berhasil mempromosikan ginseng sebagai salah satu brand utama negara itu.

Begitu antara lain disampaikan Sekjen PWI Hendry Ch. Bangun yang memimpin delegasi PWI dalam keterangan yang diterima redaksi. “Masyarakat pers Korea Selatan memiliki cara yang terbukti jitu ikut mempromosikan ginseng ke seluruh dunia. Setelah itu, mereka berhasil mempromosikan produk-produk unggulan lain dari Korea Selatan seperti yang kita kenal sekarang ini,” ujar Hendri yang juga anggota Dewan Pers RI.

Dia menambahkan bahwa kopi yang dibawa berasal dari Aceh, Jambi, Pontianak, Tanjung Pinang, Bengkulu, Makassar, dan beberapa daerah lainnya. Kopi akan diberikan kepada institusi dan media yang dikunjungi dalam program ini. 

Selain Hendry, anggota delegasi PWI lainya adalah Ketua PWI Sumatera Utara Hermansjah, Ketua PWI Jambi Saman Muraki, Sekretaris PWI Kep. Riau Saibansah Dardani, Ketua PWI Yogyakarta Sihono, Ketua PWI Solo Anas Syahirul Alim, Ketua PWI Sulawesi Barat Naska Mahmud Nabhan, Sekretaris PWI Sulawesi Selatan Anwar Sanusi, Ketua PWI Kalimantan Barat Gusti Yusti Ismail, dan Ketua Bidang Luar Negeri PWI Pusat Teguh Santosa.  

Dalam kunjungan kali ini, delegasi PWI dijadwalkan berkunjung ke sejumlah media di Korea Selatan, seperti Hankook Ilbo. Selain itu juga ada rencana berkunjung ke fasilitas Olimpiade musim dingin yang akan diselenggarakan Februari 2018 mendatang.

“Perlu bagi kita mempelajari persiapan Korea Selatan menggelar event olahraga internasional sekelas Olimpiade ini. Apalagi dalam waktu dekat Indonesia juga akan menjadi tuan rumah Asian Games,” masih kata wartawan senior Kompas ini dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Rabu (13/11/2017).

Delegasi PWI juga direncanakan berkunjung ke Institut Konvergensi Teknologi Karbon. Selain itu, delegasi PWI direncanakan bertemu Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Korea Umar Hadi, dan Duta Besar Hubungan Internasional Kota Seoul Kim Chang Beom yang dikabarkan akan menjadi Dubes Korea di Indonesia dalam waktu dekat.

Pertemuan Dubes Umar Hadi dan Dubes Kim Chang Beom diharapkan dapat memperdalam pemahaman mengenai upaya-upaya kedua negara dalam meningkatkan kualitas hubungan bilateral. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Hotel

Catat Waktu Libur di Destinasi Wisata Indonesia

Kalender 2017 (Ist) Pemerintah diketahui pada tahun lalu sudah menandatangani Surat Keputusan Bersama berkaitan hari libur nasional tahun 2017. Secara keseluruhan, tercatat ada 20 hari libur nasional sepanjang tahun ini.

Tour Package

Branding Pengaruhi Kunjungan Wisman

Branding Indonesia ‘Wonderful Indonesia’ (Ist) Kunjungan wisatawan mancanegara sepertinya tak bisa lepas dari pengaruh branding yang kuat. Menteri Pariwisata Arief Yahya menilai ‘Wonderful Indonesia’ kini semakin populer dalam benak wisatawan

All About Indonesia

Alumni SMA Jakarta Bersatu Gelar Nobar Debat Capres Pertama

Berita Foto: Nonton bareng (Nobar) debat Capres-Cawapres pertama menjelang Pilpres 2019 pada Rabu, 17 April mendatang digelar di sejumlah tempat di Jakarta. Informasi yang diperoleh patainanews.com dari tim kampanye nasional

Tour Package

Menteri Pariwisata Hadir di Festival Barong Ider Bumi

Bupari Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dan Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menghadiri Festival Barong Ider Bumi yang diselenggarakan pada Sabtu,

Travel Operator

Pigijo, Panduan untuk Traveler Berlibur

Dody Johanjaya (kiri) Di era milenial ini semua orang ingin pergi berlibur ke beragam destinasi wisata di Indonesia. Turis asing dan wisatawan Nusantara memang tak dipungkiri menyukai keindahan alam Nusantara,

Festival

Putra Putri Pariwisata Nusantara 2018 Promosi Digital Destination Pariwisata Indonesia

Suasana malam grand final Putra Putri Pariwisata Nusantara 2018 Pemenang Putra Putri Pariwisata Nusantara 2018 akan ikut membantu pemerintah dalam upaya merealisasikan target kunjungan 17 juta wisatawan mancanegara pada tahun