PWI Lakukan Diplomasi Pers ke China Bahas Sejumlah Isu Penting Dua Negara dan Keamanan Kawasan

pwi di tiongkok

Delegasi PWI ke Tiongkok (Ist)

Delegasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) berangkat ke Republik Rakyat China untuk melakukan serangkaian pembicaraan, baik dengan partner Persatuan Wartawan Tiongkok (All China Journalist Association/ACJA), media massa, maupun dengan kalangan pemerintah, khususnya Kementerian Luar Negeri China.

Menurut Ketua Bidang Luar Negeri PWI Teguh Santosa yang menjadi pimpinan delegasi, dalam pertemuan-pertemuan itu pihaknya akan membicarakan beberapa persoalan terkait hubungan Republik Indonesia dan Republik Rakyat China (RRC), isu keamanan kawasan, dan yang tidak kalah penting mempelajari perkembangan ICT di negeri Panda itu.

“Kunjungan ini akan kami manfaatkan untuk bertukar pikiran dengan partner kami dalam hal praktik pers dan perkembangan ICT di China. Beberapa isu mengenai hubungan kita dan RRC yang sedang mengemuka, seperti hubungan dagang, proyek infrastruktur, tenaga kerja China, juga kasus perairan Kepulauan Natuna yang sempat heboh beberapa waktu lalu,” ujar Teguh Santosa dalam keterangan sebelum berangkat ke Beijing, Kamis (24/11/2016).

“Juga penting bagi kita mendapatkan gambaran yang utuh mengenai perkembangan ICT yang begitu pesat di China. Sejauh ini China terlihat bisa menyelaraskan antara praktik media dan pertumbuhan ekonomi, terlepas dari berbagai kritik dari dunia luar dalam hal demokrasi,” sambung Teguh yang juga dosen Hubungan Internasional di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah dan London School of Public Relations (LSPR).

Selain ke Beijing, delegasi PWI dijadwalkan berkunjung ke Hangzhou dan meninjau perkebunan An Ji. Dari Hangzhou rombongan PWI akan berangkat menuju Shanghai dengan kereta api cepat.

“Di Shanghai kami akan mengunjungi Perhimpunan Islam Shanghai dan Masjid Xiao Tao Yuan. Ini kesempatan yang baik pula untuk mempelajari sejarah dan perkembangan Islam di China,” ujar Teguh yang juga Wakil Rektor Universitas Bung Karno (UBK).

Delegasi PWI terdiri dari sembilan orang yang sebagian besar adalah pimpinan PWI di daerah. Mereka adalah Ketua PWI Jawa Timur Akhmad Munir, Sekretaris PWI Papua Alberth Yomo, Ketua PWI Kalimantan Selatan Faturrahman Jamhari Samad, Ketua PWI Sulawesi Tengah Mahmud Matangara, Dewan Penasihat PWI Kalimantan Selatan Rusdi Effendi Abdurrachman, dan Ketua PWI Lampung Supriyadi Alfian.

Dua Direktur Confederation of ASEAN Journalist (CAJ) Bob Iskandar dan Dar Edi Yoga juga ikut dalam perjalanan ini. Menurut Teguh, rencana kunjungan delegasi PWI ke China sudah digagas sejak tahun lalu, tepatnya bulan Juni 2015, saat dirinya bertemu di Konferensi Perdamaian Dunia yang diselenggarakan Asosiasi Jurnalis Korea (AJK) di Seoul.

“Delegasi ACJA sudah mengunjungi PWI beberapa bulan lalu. Jadi ini adalah kunjungan balasan kami,” demikian Teguh dalam siaran pers yang diterima patainanews.com pada akhir pekan lalu. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Travel Operator

Jakarta Menyenangkan tapi Panas

Anis dan Iffa (kanan), dua turis asal Malaysia ketika traveling di Jakarta dan berpose di Monas (Ist) Wisatawan mancanegara (wisman) semakin banyak yang berkunjung ke Indonesia. Target Presiden Jokowi mendatangkan

Destinations

Sulut ‘The Rising Star’ Sektor Pariwisata

Launching Calendar of Event Sulawesi Utara 2019 (Ist) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dinobatkan sebagai The Rising Star sektor pariwisata Indonesia karena mampu mendorong pertumbuhan kinerja pariwisatanya hingga 600 persen dalam

World Heritage

Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam PATA Travel Mart 2016 di ICE

Menteri Pariwisata menulis “PATA… Happy 65th Anniversary… Arief Yahya… Wonderful Indonesia”. Begitu ucapan Arief Yahya seperti tertulis di papan ketika dirinya menuliskan ucapan ulang tahun ke-65 PATA. (Ist) Ucapan ulang

Cuisine

Festival Pesona Selat Lembeh 2019 Promosikan Bitung Destinasi Wisata Bahari

Menteri Pariwisata Arief Yahya hadir dalam Festival Pesona Selat Lembeh 2019 (Ist) Festival Pesona Selat Lembeh 2019 yang digelar di Kota Bitung, Sulawesi Utara (Sulut) diharapkan mampu mempromosikan Bitung sebagai

Travel Operator

Pentingya Promosi Pariwisata Indonesia Melalui Media Digital

Menteri Pariwisata Arief Yahya (Ist) Menteri Pariwisata Arief Yahya membuka seminar TripAdvisor Insight Forum, A Workshop for Digital For Destinations yang diadakan Kementerian Pariwisata bekerja sama dengan TripAdvisor di Balairung

Slideshow

Ke Cirebon, Menginap di Hotel Neo Samadikun Terbaik TripAdvisor

Gifta Oktavia Rappe (Ist) Cirebon di Jawa Barat ternyata tak kalah menarik dengan destinasi lainnya di Indonesia. Bagi wisatawan yang ingin jalan-jalan ke Cirebon tak perlu menunggu lama ketika musim