PWI Lakukan Diplomasi Pers ke China Bahas Sejumlah Isu Penting Dua Negara dan Keamanan Kawasan

pwi di tiongkok

Delegasi PWI ke Tiongkok (Ist)

Delegasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) berangkat ke Republik Rakyat China untuk melakukan serangkaian pembicaraan, baik dengan partner Persatuan Wartawan Tiongkok (All China Journalist Association/ACJA), media massa, maupun dengan kalangan pemerintah, khususnya Kementerian Luar Negeri China.

Menurut Ketua Bidang Luar Negeri PWI Teguh Santosa yang menjadi pimpinan delegasi, dalam pertemuan-pertemuan itu pihaknya akan membicarakan beberapa persoalan terkait hubungan Republik Indonesia dan Republik Rakyat China (RRC), isu keamanan kawasan, dan yang tidak kalah penting mempelajari perkembangan ICT di negeri Panda itu.

“Kunjungan ini akan kami manfaatkan untuk bertukar pikiran dengan partner kami dalam hal praktik pers dan perkembangan ICT di China. Beberapa isu mengenai hubungan kita dan RRC yang sedang mengemuka, seperti hubungan dagang, proyek infrastruktur, tenaga kerja China, juga kasus perairan Kepulauan Natuna yang sempat heboh beberapa waktu lalu,” ujar Teguh Santosa dalam keterangan sebelum berangkat ke Beijing, Kamis (24/11/2016).

“Juga penting bagi kita mendapatkan gambaran yang utuh mengenai perkembangan ICT yang begitu pesat di China. Sejauh ini China terlihat bisa menyelaraskan antara praktik media dan pertumbuhan ekonomi, terlepas dari berbagai kritik dari dunia luar dalam hal demokrasi,” sambung Teguh yang juga dosen Hubungan Internasional di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah dan London School of Public Relations (LSPR).

Selain ke Beijing, delegasi PWI dijadwalkan berkunjung ke Hangzhou dan meninjau perkebunan An Ji. Dari Hangzhou rombongan PWI akan berangkat menuju Shanghai dengan kereta api cepat.

“Di Shanghai kami akan mengunjungi Perhimpunan Islam Shanghai dan Masjid Xiao Tao Yuan. Ini kesempatan yang baik pula untuk mempelajari sejarah dan perkembangan Islam di China,” ujar Teguh yang juga Wakil Rektor Universitas Bung Karno (UBK).

Delegasi PWI terdiri dari sembilan orang yang sebagian besar adalah pimpinan PWI di daerah. Mereka adalah Ketua PWI Jawa Timur Akhmad Munir, Sekretaris PWI Papua Alberth Yomo, Ketua PWI Kalimantan Selatan Faturrahman Jamhari Samad, Ketua PWI Sulawesi Tengah Mahmud Matangara, Dewan Penasihat PWI Kalimantan Selatan Rusdi Effendi Abdurrachman, dan Ketua PWI Lampung Supriyadi Alfian.

Dua Direktur Confederation of ASEAN Journalist (CAJ) Bob Iskandar dan Dar Edi Yoga juga ikut dalam perjalanan ini. Menurut Teguh, rencana kunjungan delegasi PWI ke China sudah digagas sejak tahun lalu, tepatnya bulan Juni 2015, saat dirinya bertemu di Konferensi Perdamaian Dunia yang diselenggarakan Asosiasi Jurnalis Korea (AJK) di Seoul.

“Delegasi ACJA sudah mengunjungi PWI beberapa bulan lalu. Jadi ini adalah kunjungan balasan kami,” demikian Teguh dalam siaran pers yang diterima patainanews.com pada akhir pekan lalu. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Heritage

Kukar Gelar International Folk Arts Festival

Asdep Pengembangan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar (tengah) Putu Ngurah memimpin Press Conference Erau Adat Kutai & 4th International Folk Arts Festival (EIFAF) di Gedung Sapta Pesona Kemenpar, Jakarta, Jumat

Heritage

Gowes di Cirebon

Start Family Fun Bike ‘Tour de Keraton Kasepuhan’ (Ist) Daya tarik Cirebon tak kalah dengan destinasi lainnya. Kini semakin banyak wisatawan, baik turis domestik maupun wisatawan mancanegara tertarik untuk berkunjung ke

Tour Package

Asita Yogyakarta Andalkan Teknologi Kembangkan Pariwisata

Potensi Wisata Goa Pindul di Daerah Istimewa Yogyakarta Asosiasi Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kini dipimpin nakhoda baru. Dan, ia pun mengusung visi menjadikan Asita sebagai motor

Festival

ASITA Minta OTA dan Airlines Sinergi dan Tumbuh Bersama

Ketua Dewan Pengurus Pusat ( DPP) Association of the Indonesian Tours & Travel Agencies (ASITA) Asnawi Bahar dan  Nunung Rusmiati, Sekjen DPP ASITA (kanan) (Ist) Association of the Indonesian Tours &

Airlines

Membangun Bisnis Budaya Indonesia, Ikut Menggerakkan Ekonomi Negeri

Kebaya pun bisa dipakai ibu hamil (Ist) Pariwisata Indonesia dan budaya khas negeri ini tak bisa dipungkiri selama ini saling melengkapi sebab budaya yang tersebar di Tanah Air menjadi daya

Destinations

Jangan Lupa Menikmati Wisata Kuliner Nusantara

Sate, kuliner Nusantara yang populer (Ist) Wisata kuliner Nusantara tak boleh dilupakan wisatawan ketika berkunjung ke berbagai destinasi yang ada di Indonesia. Nikmati beragam kuliner memikat asal Indonesia dalam Festival