‘Rakyat Itu Sumber Inspirasi dan Kekuatan TNI’

marinir 2
Persiapan sebelum mendaki (Ist)
Meski hujan menyiram Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, para  pecinta alam tetap bersemangat untuk mendaki. Semangat itu dipompa dari pembekalan Asisten Potensi Maritim KSAL Mayjen TNI Marinir Tommy Basari Natanegara.

“Rakyat itu sumber inspirasi dan kekuatan TNI. Kami senang bekerja sama dengan semua potensi bela negara, di aksi sosial bersih gunung,” kata Mayjen Mar Tommy dihadapan para pendaki yang akan mengikuti bersih gunung, di Cibodas, Jawa Barat, Sabtu (29/10/2016).

Adapun kegiatan bersih gunung ini dilaksanakan bertepatan dengan peringatan 88 tahun Sumpah Pemuda dan menyambut HUT ke-71 Korps Marinir serta HUT ke-52 Golkar di Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango, Jawa Barat pada 29-30 Oktober 2016.

Dengan melibatkan sekitar 400 orang yang terdiri atas pendaki gunung dari berbagai daerah, jurnalis peduli lingkungan, Karyawan Artha Graha Peduli dan 30 orang pendaki terbaik dari Satuan Taifib Korps Marinir dengan target menurunkan 1 ton sampah yang tak bisa diurai oleh proses biologi (Non biodegradable).

Selain mendaki, prajurit Korps Marinir TNI AL juga mengawal para pendaki sepanjang jalur pendakian Cibodas-Kandang Badak-Puncak Pangrango.

Kekompakan dan semangat juang ditularkan para prajurit Marinir kepada para peserta pendakian yang sangat antusias dan gembira dapat mendaki bersama Marinir.

Ketua Umum DPP Kosgoro 1957  Aziz Syamsudin yang hadir dalam pelepasan aksi pendakian gunung itu sangat terkesan dengan pola kerja sama organisasi pendaki gunung TRAMP dan Korps Marinir serta Kantor Berita Politik RMOL.

“Potensi kerja sama TNI dan pendaki gunung itu patut diacungi jempol. Sebab ini dapat menyatukan semangat kebangsaan. Saya di parlemen sering mengingatkan TNI agar merangkul elemen pemuda dalam ketahanan bangsa dgn aksi konservasi yg disukai pemuda,” jelas Aziz yang juga mantan pendaki gunung di masa sekolahnya.

Siaran pers yang diterima patainanews.com belum lama ini menulis, menurut Sekretaris Fraksi Partai Golkar, hujan dan kabut boleh turun di gunung, namun jangan sampai menghalangi pandangan tentang visi kebangsaan dan bela negara yang dilakukan para pemuda.

Acara pelepasan para pendaki tersebut dihadiri Komandan Brigif 2 Kolonel Mar FJH Pardosi, KomandanYon Angmor Brigif 2 Letkol Mar Rudianto, Wadanyon 4 Brigif 2 Mayor Mar Yulianto, Ketua Umum TRAMP Hendrata Yudha, dan Pimpinan Perusahaan RMOL Dar Edi Yoga. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Airlines

Mahasiswa STP Bandung ‘Kuliah’ di PATA Indonesia

President/CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswopraestijo (batik biru) berpose bersama dengan mahasiswa STP Bandung (Ist) Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung mencoba menggali ilmu pariwisata secara langsung dengan mendatangi PATA

Culture

Tanjung Lesung Hadir di Deep and Extreme Indonesia 2018

Berita Foto: Destinasi wisata Tanjung Lesung yang terletak di Pandeglang, Banten ikut serta mempromosikan keindahan destinasi wisata yang termasuk dalam 10 Bali baru ini di Deep and Extreme Indonesia 2018.

Heritage

Semarang Genjot Kunjungan Wisatawan

Kawasan Kota Lama Semarang (Ist) Pemerintah Kota Semarang, Jawa Tengah akan menggelar Pesona Semarang Great Sale dan Semarang Night Carnival 2016 mulai 16 April hingga 15 Mei mendatang. Menurut Ketua

Destinations

ICE di BSD City, Banten Jadi Venue PATA Travel Mart di Luar Bali

Press Conference PATA Travel Mart 2016 di Kementerian Pariwisata (Ist) Indonesia resmi terpilih menjadi tuan rumah PATA Travel Mart 2016 yang ke-39 pada saat PATA Travel Mart 2015 di Bangalore,

Hotel

Membangun UKM Dukung Pariwisata Indonesia

Irma Sustika (Ist) Usaha kecil dan menengah (UKM) di negeri ini terus berkembang. Menariknya UKM di Tanah Air rupanya banyak yang mendukung sektor pariwisata Indonesia. Dukungan dari UKM untuk pariwisata

Heritage

STP Bali Dorong Gastronomi sebagai Daya Tarik Pulau Dewata

Workshop dengan tema Gastronomi Sebagai Daya Tarik Destinasi di STP Bali (Ist) Gastronomi telah menjadi salah satu daya tarik Bali, bahkan UNWTO (Organisasi Pariwisata Dunia PBB) telah menetapkan Ubud sebagai