Revolusi Mental melalui GERAKAN1000 Hadir di Kepulauan Seribu

WhatsApp Image 2017-11-03 at 16.12.00

GERAKAN1000 di Kepulauan Seribu (Ist)

Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) sebagai suatu gerakan sosial bagi bangsa Indonesia bertekad mewujudkan tertanamnya nilai-nilai luhur keIndonesiaan sesuai tiga pilar Trisakti.

Revolusi Mental adalah perubahan secara cepat dalam cara pikir, cara kerja, cara hidup dan sikap serta perilaku bangsa Indonesia yang mengacu nilai-nilai strategis yaitu integritas, etos kerja dan gotong-royong berdasarkan Pancasila yang berorientasi pada kemajuan agar Indonesia menjadi negara yang maju, modern, makmur, sejahtera dan bermartabat.

Sejak resmi digulirkan dan terus berjalan dalam waktu dua tahun terakhir, GNRM terus menyebarkan gerakan sosial masuk ke semua lini lapisan. Sebagai Aksi Nyata implementasi nilai-nilai Revolusi Mental, telah ditetapkan lima gerakan perubahan yakni, Gerakan Indonesia Melayani, Gerakan Indonesia Bersih, Gerakan Indonesia Tertib, Gerakan Indonesia Mandiri dan Gerakan Indonesia Bersatu.

GNRM yang dikerjakan dengan cara yang kreatif dan bersinergi dengan kementerian dan lembaga lainnya ini menggelar kegiatan di Pulau Kelapa Dua, Kepulauan Seribu, dimana bentuk nyata GNRM yang terjabarkan dalam lima gerakan perubahan dapat dipahami dan dilakukan oleh masyarakat di Kepulauan Seribu, yang nantinya akan menjadi percontohan bagi daerah lainnya.

Revolusi Mental akan berhasil apabila dijalankan secara bersama-sama baik dari pemerintah, partisipasi dunia usaha, dunia pendidikan dan semua warga negara. Aksi nyata GNRM hari ini merupakan kegiatan lintas sektoral dari Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Daerah, dan Komunitas Masyarakat. Sesuai dengan semangat Revolusi Mental untuk meningkatkan budaya gotong-royong.            

Target sasaran acara ini adalah promosi seluruh pengembangan UMKM yang terintegrasi, serta menarik minat lebih banyak lagi dari para perusahaan baik lokal maupun asing untuk dapat berkontribusi mensukseskan GERAKAN1000 ini.

Program ini digagas menindaklanjuti keberhasilan Gerakan1000. Program kerja sama Kemenko PMK, Kemenko Maritim, Kemenko Perekonomian, Bank Indonesia, Bekraf, Taman Nasional Kepulauan Seribu (KLHK), Kemendikbud, Kemenpar, PATA Indonesia Chapter dan Provinsi DKI Jakarta dalam membangun Kepulauan Seribu sebagai salah satu target pengembangan destinasi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional.

Semangat Gotong-Royong kementerian dan lembaga ini untuk membangun bersama di Kepulauan Seribu dalam bidang pembangunan SDM melalui revolusi mental, rehabilitasi lingkungan laut melalui penanaman mangrove dan adopsi karang dan peningkatan ekonomi kreatif masyarakat di Kepulaun Seribu sektor kuliner dan budaya.

Aksi nyata ini diisi dengan laporan Ketua GERAKAN1000 Ivonny Zakaria yang menyampaikan seluruh hasil yang telah dikerjakan selama 1.5 tahun masa kerja setelah penandatanganan Deklarasi GERAKAN1000 di Pulau Pramuka, 31 Maret 2016 lalu bersama dengan 7 kementerian dan lembaga terkait meliputi  pameran hasil pengembangan UMKM kuliner, yakni enam produk kuliner oleh-oleh khas Kepulauan Seribu dan ekowisata sesuai dengan kebutuhan film layar lebar yang akan dibuat secara mandiri oleh anak-anak usia sekolah baik dari darat maupun pulau juga diisi Pertunjukan Tarian Tradisional dan Parade Kapal serta launching Paket Wisata Budaya dan Konservasi, dengan Aplikasi Penanaman 1000 Mangrove & 100 Bibit Karang sebagai alokasi dana CSR dari PT PROFESIONAL TELEKOMUNIKASI INDONESIA (Protelindo), launching Link Paket Wisata Budaya dan Konservasi serta oleh-oleh Kepulauan Seribu secara online melalui blibli.com dan program ITX dari Kemenpar, launching penggunaan Aplikasi Manajemen Keuangan UMKM Si Apik oleh Bank Indonesia dan juga pemberian name tag secara resmi untuk kru film layar Lebar Elang ‘Impian 1000 Pulau’ oleh kru darat (Sineas Muda Indonesia) oleh Naphtali Ivan sebagai Sutradara dan Jennifer sebagai Produser kepada tim pulau, khususnya Pulau Kelapa Dua yang diketuai oleh S Solehah Sari sebagai Line Producer.

Acara  yang mengambil lokasi di halaman Sekaya Maritim, Pulau Kelapa Dua ini juga memamerkan foto-foto hasil kegiatan GERAKAN1000 selama 1.5 tahun berjalan.  Juga dihadiri oleh London School of Public Relation (LSPR) sebagai sponsor Marketing & PR untuk kegiatan film layar Lebar Elang ‘Impian 1000 Pulau’, dan Pulau Macan yang berkontribusi sebagai sponsor khusus terkait Scene Ekowisata Kepulauan Seribu serta ASITA Jakarta sebagai asosiasi travel agent yang akan bekerjasama menjual Paket Wisata Budaya & Konservasi. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Cuisine

TV Perancis Terkesan Morotai

Keindahan Morotai (Ist) Kru TV Perancis terkesan dengan keindahan destinasi wisata di Morotai, Maluku Utara. Keindahan Morotai yang termasuk 10 Bali baru itu ternyata disukai wisatawan asal Eropa, termasuk turis

All About Indonesia

Dukung HPN 2017, Kemenpar Gelar Pameran dengan Dua Tema Berkelas

Logo HPN 2017 (Ist) Hari Pers Nasional (HPN) 2017 yang akan dilaksanakan di Ambon, Maluku pada 4 Februari hingga 10 Februari mendatang sepertinya akan semakin bertambah meriah. Itu setelah Kementerian

Nature

2017, Selamat HUT ke-2 patainanews.com

Logo patainanews.com Rutinitas dan keseriusan dalam memberikan informasi mengenai perkembangan dunia pariwisata nasional, budaya khas Nusantara, dan kearifan lokal di Tanah Air, serta investasi di Indonesia seakan membuat patainanews.com melupakan

SightSeeing

Hebat, Wonderful Indonesia Kalahkan Malaysia di Australia

Dua penghargaan yang berhasil diraih Indonesia dalam Travel Tourism Exhibition Awards di Sydney Australia. Dua penghargaan di Sydney itu terdiri dari kategori ‘Best Innovative Stand’ dan ‘10 sqm & Over.

Tour Package

Presiden Jokowi Mantu di Solo Ikut Promosikan Joglosemar

Pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution di Solo (Ist) Pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution itu adalah peristiwa budaya yang pasti mengundang perhatian dunia,

Slideshow

Melestarikan Nilai yang Terkandung dalam Songket Palembang

Songket Palembang (Ist) Palembang di Sumatera Selatan tak hanya dikenal dengan kuliner khas, seperti Pempek dan destinasi Pulau Kemaro lantaran masih ada daya tarik bagi wisatawan, yakni songket. Adapun songket