RI Berpartisipasi di Darkmofo Festival Tasmania

karimata

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kedua dari kanan) (Ist)

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bekerja sama dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Melboune berpartisipasi dalam Darkmofo Festival, yang berlangsung  di Kota Hobart, Tasmania, Australia pada 10-21 Juni 2016.

Keikutsertaan Indonesia dalam festival musim dingin yang diselenggarakan Museum of Old and New Art sebagai upaya mempromosikan pariwisata Indonesia di wilayah Asia Pasifik khususnya Australia sebagai pasar utama.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik kegiatan promosi Wonderful Indonesia di Darkmofo Festival serta berbagai acara di kota-kota besar Australia dalam rangka meningkatkan awareness masyarakat Australia serta mendorong kunjungan wisman ke Indonesia.

“Australia pasar utama kita, berada di urutan keempat setelah Singapura, China, dan Malaysia. Pada Januari-April tahun ini jumlah kunjungan wisman Australia mencapai 354.992 wisman atau tumbuh 4,17 persen,” kata Menpar Arief Yahya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Rabu (22/6/2016).

Darkmofo Festival merupakan festival yang menyatukan pertunjukan beragam seni, yakni musik, film, tarian, teater, dan kuliner dan berlangsung di berbagai tempat seperti museum, galeri seni, city hall, bangunan bersejarah, theater, dan lain sebagainya.

Festival berkonsep serba gelap ini kian tahun kian ramai dikunjungi wisatawan. Tahun lalu sebanyak 276.000 orang datang ke Tasmania hanya untuk mengunjungi Darkmofo dan tahun ini ditargetkan sebanyak 300.000 wisatawan.

Partisipasi Indonesia dalam Darkmofo Festival dengan menampilkan kesenian Ogoh-Ogoh dari Bali dan tari Bambu Gila dari Maluku yang berlangsung 19 Juni 2016.

Selain itu menampilkan gamelan dan booth untuk menjual makanan khas Indonesia. Pada kesempatan itu disosialisasikan juga kebijakan bebas visa kunjungan singkat bagi para warga Australia.

Tahun lalu jumlah kunjungan wisatawan Australia ke Indonesia sebanyak 1.051.141 orang atau sekitar 6,8 persen dari total outbound wisman Australia yang mencapai 16,5 juta wisman.

Sementara tahun ini target kunjungan wisman Australia sebanyak 1,4 juta dengan destinasi utama yang sering dikunjungi  adalah Bali, Jakarta, NTB, Jawa Barat, dan Yogyakarta. (Gabriel Bobby) 

About author



You might also like

Investments

NTB Kian Dilirik Investor

LA Hadi Faishal (Ist) Pariwisata semakin menjadi primadona di Nusa Tenggara Barat (NTB). Investor pun semakin tertarik untuk membangun hotel di Lombok. “Ini di luar dugaan saya. Begitu gencarnya investor

Slideshow

Sambut Natal dan Tahun Baru Bersama Nabella Salon

Nabella Salon & Sulam (Ist) Tak terasa sudah masuk Desember. Dan, bulan ini identik dengan perayaan Natal dan menyambut Tahun Baru sehingga banyak orang, termasuk masyarakat urban yang biasanya berupaya

Heritage

Bali Singkirkan Phuket untuk Terpilih Jadi Tempat Berpesta Terbaik 2015

Pantai Kuta di Bali (Ist) Pantai Kuta, Bali menjadi tempat terbaik sepanjang 2015 lalu untuk berpesta versi website Condenast Traveler. Adapun hasil tersebut berdasarkan pilihan pembaca Condenast Traveler. Dalam keterangan

Travel Operator

Putri Pariwisata Indonesia Bantu Pemerintah Promosikan Pariwisata Nusantara

Founder and Chairman ELJOHN Pageants Johnnie Sugiarto (ketiga dari kanan) (Ist) Putri Pariwisata Indonesia akan turut serta mempromosikan pariwisata negeri ini dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Tanah Air.

Travel Operator

Traveling ke Pandeglang, Sunset of Java

Sunset yang indah di Tanjung Lesung (Ist) Pandeglang yang terletak di Banten rupanya menyimpan pesona pariwiata yang bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Ya, Pandeglang disebut sebagai Sunset of

Slideshow

‘Buwas Pasti Bersihkan Bulog’

Ucapan selamat untuk Komjen (Purn) Buwas dari Toto Hananta (Ist) Pengacara Tito Hananta menyampaikan apresiasi terhadap Komjen (Purn) Budi Waseso (Buwas) yang kini dipercaya sebagai sebagai direktur utama Perum Bulog.