RI Kuasai Kontes Foto Wartawan ASEAN

kebakaran hutan

Ilustrasi kebakaran hutan (Ist)

Indonesia memborong empat hadiah kontes foto yang diselenggarakan Konfederasi Wartawan ASEAN dan Asosiasi Wartawan Vietnam di Hanoi, Vietnam, bersamaan dengan Sidang Umum CAJ dan perayaan ulang tahun ke-40 CAJ, Jumat (27/11/2015).

Adapun kontes foto yang diikuti lebih dari 100 foto itu bertema perubahan iklim. Empat foto dari tiga pewarta foto Indonesia dinyatakan keluar sebagai juara pertama, juara kedua, dan mendapatkan dua hadiah hiburan.

Pengumuman disampaikan oleh panitia di akhir peringatan HUT CAJ di Hotel Sofitel Hanoi. Sebagai juara pertama adalah karya pewarta foto Antara Nova Wahyudi, berjudul ‘Hutan Sumatera’.

Pemenang mendapatkan piagam dan uang tunai sebesar 1.000 dolar AS. Hadiah diberikan Sekjen ASEAN Le Luong Minh kepada Ketua bidang Luar Negeri Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Teguh Santosa.

Karya Nova Wahyudi yang berjudul ‘Kebakaran Hutan Sumatera Selatan’ juga dinyatakan sebagai juara kedua dan mendapatkan piagam serta uang tunai senilai 800 dolar AS.

Sekretaris Tetap CAJ Bambang Purwanto mewakili sang juara menerima hadiah. Dua karya pewarta foto Indonesia lainnya, Jusuf Widodo dan Dwi Pambudo, dinyatakan mendapat hadiah hiburan dan uang tunai senilai 200 dolar AS.

Direktur CAJ dari Indonesia Bob Iskandar mewakili kedua fotografer menerima hadiah.

Kebakaran Hutan Rugikan Pariwisata

Asap tebal akibat kebakaran hutan yang sempat menyelimuti sejumlah wilayah di Sumatera beberapa waktu lalu telah membuat sektor pariwisata mengalami kerugian.

Tak tanggung-tanggung, kerugian yang diderita sektor ini mencapai miliaran rupiah. Hal ini dikatakan Ketua Umum Asosiasi Biro Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Asnawi Bahar.

“Jumlah kunjungan turis ke Riau, Jambi, dan Sumatera Selatan yang dilanda kabut asap mencapai 5.000 orang setiap hari, kalau satu orang berbelanja Rp1 juta, maka dunia pariwisata kehilangan uang Rp 5 miliar per hari,” jelasnya belum lama ini.

Dikatakan Asnawi, jika kabut asap terjadi dalam jangka panjang akan menimbulkan dampak luar biasa, terutama pada sektor ekonomi kerakyatan dan usaha kecil dan menengah.

Karenanya Asita meminta pemerintah serius menanggulangi kabut asap karena yang akan terdampak adalah rakyat kecil. Menurutnya, saat ini Asita sedang menyiasati agar rencana kunjungan wisatawan ke Sumatera yang batal akibat kabut asap dapat ditunda, bukan dibatalkan.

“Tentu saja ini akan menambah beban karena harus dilakukan penjadwalan ulang penginapan, restoran hingga jasa pemandu wisata,” ujarnya.

Asnawi khawatir akibat kabut asap, target kunjungan 10 juta wisatawan mancanegara ke Tanah Air bisa tidak tercapai. Tidak hanya itu, kata Asnawi, target kunjungan wisata domestik sebanyak 275 juta perjalanan juga akan sulit tercapai dalam kondisi seperti ini.

Karena risikonya yang besar, ia meminta pemerintah harus terus mengawal pemadaman api yang menjadi sumber asap, tidak boleh setengah hati karena sudah 18 tahun hal ini terus berulang. (Gabriel Bobby)

 

 

 

 



About author



You might also like

Tourism

Target 17 Juta Wisman akan Tercapai di 2018

Tedjo Iskandar (duduk ketiga dari kanan) Target pemerintah untuk kunjungan wisatawan mancanegara yang mencapai 17 juta wisman pada tahun ini diperkirakan akan tercapai. Hal tersebut disampaikan Founder TTC Travel Mart

Airlines

Sinergi PT BRI dan Lion Group untuk Pariwisata Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya didampingi CEO Lion Group Edward Sirait dan Director of Consumer Business PT BRI Handayani PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah bank milik pemerintah. Kendati sebagai bank BUMN,

Heritage

Kapal Pesiar MS Silver Discover Sandar di Banyuwangi

Menyambut turis asing yang menggunakan kapal pesiar di Banyuwangi (Ist) Pertama dalam sejarah kapal pesiar MS Silver Discover sandar di Pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi, Jawa Timur. Kapal berbendera Bahama dengan

Cuisine

Mempromosikan Destinasi Wisata Jakarta Lewat Lenong Denes

Pementasan Lenong Lenong Denes ‘Putri Kembang Ronce’ (Ist) Pariwisata Indonesia selama ini tak bisa dipisahkan dari budaya khas Nusantara dan kearifan lokal lantaran wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia tak hanya

SightSeeing

Riau Andalkan Bono

  w Wisatawan menikmati ombak Bono (Ist) Riau resmi meluncurkan Calender of Event Riau 2017. Fenomena alam ombak Bono akan jadi andalan untuk menarik wisatawan, termasuk turis asing. Acara peluncuran

Indonesiaku

Wartawan, PR Saling Membutuhkan

Confederation of ASEAN Journalists (CAJ) dan ASEAN Public Relations Network (APRN) menandatangani nota kesepahaman (MoU Signing) disaksikan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informasi Rosarita Niken Widiastuti