Riau Andalkan Bono

 

6207196698-83206fda01-ow

Wisatawan menikmati ombak Bono (Ist)

Riau resmi meluncurkan Calender of Event Riau 2017. Fenomena alam ombak Bono akan jadi andalan untuk menarik wisatawan, termasuk turis asing.

Acara peluncuran Calender of Event 2017 dihadiri Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Andi Rachman, begitu Gubernur Riau akrab disapa, mengatakan provinsi yang dipimpinnya punya banyak potensi wisata untuk dikembangkan, baik destinasi alam maupun budaya.

Terutama fenomena alam gelombang bono, yang konon hanya ada 2 di dunia, yaitu di Riau dan satu lagi di Amazon, Brasil. “Ombak Bono jadi pintu gerbang untuk mengenalkan atraksi budaya lain seperti bakar tongkang, pacu jalur, zapin api, Candi Muara Takus dan juga perang air di Pulau Meranti,” ujar Andi Rachman kepada wartawan, Kamis (16/3/2017).

Sementara Menpar Arief Yahya pun sependapat dengan Gubernur Riau. Menurut Arief, setiap daerah harus punya satu destinasi yang diunggulkan. Misalnya saja Danau Toba di Sumatera Utara, hingga Candi Borobudur di Jawa Tengah.

“Saya selalu sampaikan, setiap provinsi saya minta ada satu yang diunggulkan. Sekarang, Riau telah memilih Bono, yang nggak ada duanya di dunia. Ini jadi keunggulan Riau,” ujar Arief. Selain ombak Bono yang dikemas dalam Festival Bekudo Bono, ada 2 event besar lain yang di-launching dalam acara peluncuran Calender of Event Riau 2017.

Acara tersebut adalah Bakar Tongkang, dan juga pacu jalur. Keduanya merupakan atraksi budaya yang sudah bertahan secara turun temurun di Riau. Dari 3 event perpaduan alam dan budaya itu, Menpar Arief pun mencanangkan target yang tidak main-main.

1 juta turis ditargetkan liburan ke Riau sepanjang tahun 2017. “Angka kunjungan, turis wisnus 4 juta, turis asingnya katakanlah hanya 60-70 ribu. Itu angka yang sangat tidak pantas untuk sebuah provinsi seperti Riau. Saya targetkan 1 Juta, kami siap untuk membantu,” tutup Arief. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Slideshow

Pemerintah Gencar Promosi Pariwisata Indonesia di Perancis

Promosi pariwisata Indonesia di Perancis (Ist) Promosi Indonesia di September tidak akan berhenti di acara TOP RESA. Mulai 26 hingga 30 September 2016, VITO bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata akan

Cuisine

Budaya Indonesia Dipuji dalam Pembukaan Olimpiade Rio

Kostum tim Indonesia saat pembukaan Olimpiade Rio 2016 (Ist) Keputusan tim Indonesia untuk tampil total dalam pembukaan Olimpiade Rio 2016 tidak sia-sia. Banyak media asing yang memuji penampilan kontingen Indonesia

Airlines

ICE Pantas Jadi Venue PATA Travel Mart 2016

Nawang Wulan (Ist) Indonesia Convention Exhibition (ICE) disebut sebagai gedung pameran dan pertemuan terbesar di Indonesia, dan menjadi salah satu yang terbesar di Asia. Adapun gedung prestisius berskala internasional ini

Cuisine

Menanti International Sungailiat Triathlon 2017

Gubernur Bangka Belitung Rustam Effendi dan Bupati Bangka Tarmizi Saat berpose bersama peserta Sungailiat Triathlon 2016 (Ist) Pemerintah bersama pemerintah provinsi Bangka Belitung dan pemerintah kabupaten Bangka sepakat untuk membuat

Airlines

JAS Siap Sukseskan ASIAN GAMES 2018

Logo ASIAN GAMES 2018 (Ist) Penyelenggaraan event olahraga prestisius di kawasan Asia, ASIAN GAMES 2018 di Indonesia diketahui akan melibatkan tuan rumah bersama, yakni DKI Jakarta dan Palembang, Sumatera Selatan.

Destinations

Miniatur Mongolia Ada di Tanjung Lesung

Suasana peresmian MCC di Tanjung Lesung (Ist) Manajemen PT Jababeka Tbk dan Kedubes Mongolia resmi memperkenalkan Little Mongolia bernama Mongolian Culture Center (MCC)  di Tanjung Lesung, Sabtu (26/11/2016). Adapun MCC bentuk perayaan