Riau Andalkan Bono

 

6207196698-83206fda01-ow

Wisatawan menikmati ombak Bono (Ist)

Riau resmi meluncurkan Calender of Event Riau 2017. Fenomena alam ombak Bono akan jadi andalan untuk menarik wisatawan, termasuk turis asing.

Acara peluncuran Calender of Event 2017 dihadiri Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Andi Rachman, begitu Gubernur Riau akrab disapa, mengatakan provinsi yang dipimpinnya punya banyak potensi wisata untuk dikembangkan, baik destinasi alam maupun budaya.

Terutama fenomena alam gelombang bono, yang konon hanya ada 2 di dunia, yaitu di Riau dan satu lagi di Amazon, Brasil. “Ombak Bono jadi pintu gerbang untuk mengenalkan atraksi budaya lain seperti bakar tongkang, pacu jalur, zapin api, Candi Muara Takus dan juga perang air di Pulau Meranti,” ujar Andi Rachman kepada wartawan, Kamis (16/3/2017).

Sementara Menpar Arief Yahya pun sependapat dengan Gubernur Riau. Menurut Arief, setiap daerah harus punya satu destinasi yang diunggulkan. Misalnya saja Danau Toba di Sumatera Utara, hingga Candi Borobudur di Jawa Tengah.

“Saya selalu sampaikan, setiap provinsi saya minta ada satu yang diunggulkan. Sekarang, Riau telah memilih Bono, yang nggak ada duanya di dunia. Ini jadi keunggulan Riau,” ujar Arief. Selain ombak Bono yang dikemas dalam Festival Bekudo Bono, ada 2 event besar lain yang di-launching dalam acara peluncuran Calender of Event Riau 2017.

Acara tersebut adalah Bakar Tongkang, dan juga pacu jalur. Keduanya merupakan atraksi budaya yang sudah bertahan secara turun temurun di Riau. Dari 3 event perpaduan alam dan budaya itu, Menpar Arief pun mencanangkan target yang tidak main-main.

1 juta turis ditargetkan liburan ke Riau sepanjang tahun 2017. “Angka kunjungan, turis wisnus 4 juta, turis asingnya katakanlah hanya 60-70 ribu. Itu angka yang sangat tidak pantas untuk sebuah provinsi seperti Riau. Saya targetkan 1 Juta, kami siap untuk membantu,” tutup Arief. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Nature

Kapal Pesiar Belanda Bawa Wisman

Kapal Pesiar Volendam (Ist) Kapal pesiar mewah asal Negeri Kincir Angin, Belanda, Volendam bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara pada hari ini (7/1/2016). Kapal ini membawa 1400 wisatawan mancanegara (wisman)

Slideshow

Melihat Peruntungan di Tahun 2016

Logo President University (Ist) Komunitas Keluarga Mahasiswa Buddhist (KMB) Ashokavardhana President University mengadakan kegiatan Tahun Baru China yang biasa disebut Cap Gomeh bertajuk ‘Light up the Spirit of Chinese New

Slideshow

Tanjung Lesung Berjaya dalam Lomba Menulis Wisata Bahari 2016

Para pemenang lomba menulis wisata bahari Anugerah Pesona Bahari Indonesia 2016 (Ist) Pesona Tanjung Lesung di Banten yang termasuk destinasi wisata bahari favorit di Nusantara yang diminati wisatawan ternyata menarik untuk

Slideshow

Jazz di Kota Lama Semarang, Eva Celia Pilih Menginap di Horison NJ Semarang

Eva Celia (Ist) Penyanyi Eva Celia ternyata memilih Hotel Horison NJ Semarang ketika mengisi acara jazz di Kota Lama Semarang. Hal tersebut disampaikan Titien Soendowo, Owner Representative Hotel Horison NJ

Tourism

Kampung Budaya Ramah Anak Lestarikan Batik

Pameran Lukisan dan Membatik di Kampung Budaya Ramah Anak (Ist) Kain tradisional khas Nusantara, seperti batik memang terus dilestarikan masyarakat Indonesia sebab wisatawan menyukai batik.  Tak ketinggalan Halimah Munawir yang

Tourism

grandkemang U-NEON NIGHT

Foto bersama dalam acara grandkemang U-NEON NIGHT (Ist) grandkemang Hotel Jakarta menyelenggarakan acara tahunan Corporate Gathering di Magzi Ballroom, grandkemang Hotel Jakarta. Acara tahunan ini yang digelar pada Jumat (19/2/2016) diadakan