Riau Andalkan Bono

 

6207196698-83206fda01-ow

Wisatawan menikmati ombak Bono (Ist)

Riau resmi meluncurkan Calender of Event Riau 2017. Fenomena alam ombak Bono akan jadi andalan untuk menarik wisatawan, termasuk turis asing.

Acara peluncuran Calender of Event 2017 dihadiri Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Andi Rachman, begitu Gubernur Riau akrab disapa, mengatakan provinsi yang dipimpinnya punya banyak potensi wisata untuk dikembangkan, baik destinasi alam maupun budaya.

Terutama fenomena alam gelombang bono, yang konon hanya ada 2 di dunia, yaitu di Riau dan satu lagi di Amazon, Brasil. “Ombak Bono jadi pintu gerbang untuk mengenalkan atraksi budaya lain seperti bakar tongkang, pacu jalur, zapin api, Candi Muara Takus dan juga perang air di Pulau Meranti,” ujar Andi Rachman kepada wartawan, Kamis (16/3/2017).

Sementara Menpar Arief Yahya pun sependapat dengan Gubernur Riau. Menurut Arief, setiap daerah harus punya satu destinasi yang diunggulkan. Misalnya saja Danau Toba di Sumatera Utara, hingga Candi Borobudur di Jawa Tengah.

“Saya selalu sampaikan, setiap provinsi saya minta ada satu yang diunggulkan. Sekarang, Riau telah memilih Bono, yang nggak ada duanya di dunia. Ini jadi keunggulan Riau,” ujar Arief. Selain ombak Bono yang dikemas dalam Festival Bekudo Bono, ada 2 event besar lain yang di-launching dalam acara peluncuran Calender of Event Riau 2017.

Acara tersebut adalah Bakar Tongkang, dan juga pacu jalur. Keduanya merupakan atraksi budaya yang sudah bertahan secara turun temurun di Riau. Dari 3 event perpaduan alam dan budaya itu, Menpar Arief pun mencanangkan target yang tidak main-main.

1 juta turis ditargetkan liburan ke Riau sepanjang tahun 2017. “Angka kunjungan, turis wisnus 4 juta, turis asingnya katakanlah hanya 60-70 ribu. Itu angka yang sangat tidak pantas untuk sebuah provinsi seperti Riau. Saya targetkan 1 Juta, kami siap untuk membantu,” tutup Arief. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Culture

Presiden Jokowi Kunjungi Booth Batik Fractal

Presiden Jokowi mengunjungi booth Batik Fractal (Ist) Tak salah memang Presiden Jokowi menyempatkan diri untuk mengunjungi booth Batik Fractal ketika melakukan kunjungan kerja ke Bandung Creative City Forum (BCCF) pada

Airlines

Masa Depan itu Ada di Sektor Pariwisata

Menteri Pariwisata Arief Yahya foto bersama Chairman CNTA Li Jinzao beserta jajarannya dalam China International Travel Market (CITM) 2016 di Shanghai New International Expo Centre, Tiongkok 11-13 November 2016 (Ist)

Heritage

Presiden Jokowi Resmikan Kereta Bandara

Presiden Jokowi mencoba KA Bandara (Ist) Semangat Presiden Jokowi membangun Indonesia semakin terlihat. Pariwisata yang dijadikan core economy bangsa juga semakin terdengar dan terus viral. Semua sektor pun ikut support

Hotel

Samosir Kembangkan Destinasi Wisata

Turis asing ke Samosir (Ist) Pemerintah kabupaten Samosir di Sumatera Utara tampak serius mengembangkan dan mempromosikan destinasi wisata Pasir Putih Tandarabun, Pantai Parmonangan dan Pantai Langat guna meningkatkan kunjungan wisatawan.

Festival

HPN 2016 Harus Lambungkan Wisata Halal

  Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) (Ist) Salah satu upaya pemerintah Indonesia mengejar target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sebanyak 20 juta orang pada 2019 mendatang adalah dengan mempromosikan konsep wisata

Culture

Terobosan Cerdas, Presiden Bentuk Badan Otorita Pariwisata Borobudur

Presiden Jokowi (kemeja putih) (Ist) Presiden Jokowi memimpin rapat terbatas (Ratas) di Manohara, Kompleks Candi Borobudur, Jumat (29/1/2016). Apa lagi kalau bukan mengenai Percepatan Prmbangunan Daerah Pariwisata Nasional Candi Buddha terbesar di dunia