‘Sabang adalah Destinasi Wisata Bahari Dunia’

WhatsApp Image 2018-04-16 at 11.22.39

Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Dwisuryo Indroyono Soesilo (tengah)

Sabang Marine Festival (SMF) 2018 dipastikan diikuti sebanyak 22 kapal yacht dari mancanegara. Event tersebut berlangsung di Sabang, Aceh pada 26 hingga 30 April 2018.

Kegiatan SMF 2018 memasuki tahun ke-4, yang mengangkat tema ‘Sabang-Golden Marine Tourism Triangle’. Akan menjadi sarana yang efektif mempromosikan Sabang sebagai destinasi marine tourism kelas dunia sekaligus mendorong pertumbuhan kawasan segitiga emas, yaitu Indonesia-Malaysia-Thailand (IMT- GT).

Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Dwisuryo Indroyono Soesilo mengatakan, Sabang Marine Festival 2018, menempuh jalur pelayaran meliputi, Sabang (Indonesia)-Phuket (Thailand)-Langkawi (Malaysia).

Menjadi momentum yang tepat untuk mendorong kerjasama tiga negara (Indonesia, Malaysia, dan Thailand) dalam kerangka IMT GT. “Kerja sama IMT GT dapat dimulai dari kerja sama marine tourism, antara lain diwujudkan dalam Sabang Marine Festival 2018,” kata Indroyono Soesilo didampingi Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) Sayid Fadhil dalam jumpa pers di Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kemenpar, Senin (16/4/2018).

Menurut Indroyono Soesilo, Indonesia mempunyai potensi yang luar biasa dibidang wisata bahari, sehingga pemerintah memberi perhatian serius untuk pengembangan, di antaranya melalui deregulasi serta peningkatan fasilitas pendukungnya.

“Kita menargetkan wisata bahari akan memberikan kontribusi sebanyak 4 juta wisatawan mancanegara (wisman), 500 ribu di antaranya wisman kapal pesiar (cruise) dari target 20 juta wisman pada 2019,” kata Indroyono Soesilo. Kemudahan perizinan masuknya kapal yacht dan cruise sebagai salah satu yang mendorong meningkatnya kunjungan wisman.

Marine tourism di Indonesia, termasuk yang memperoleh kemudahaan pelayanan karantina, pelabuhan, imigrasi, bea dan cukai, serta administrator pelabuhan (QICP). “Pelayanan QICP untuk event SMF 2018 dilakukan dalam kantor layanan satu pintu supaya lebih cepat,” kata Indroyono.

Ia mengatakan, Sabang adalah destinasi wisata bahari kelas dunia. Sementara Kepala BPKS Sayid Fadhil mengatakan, tujuan penyelenggaraan SMF 2018 selain meningkatkan kunjungan wisman ke Sabang juga dalam rangka melahirkan jalur Regatta Yachting Golden Triangle SaPhuLa (Sabang, Phuket & Langkawi), sebagai jalur tiga destinasi dalam satu paket wisata.

“Phuket dan Langkawi sudah lama menjadi destinasi yacht dunia. Ratusan kapal ada di sana. Kita berusaha menarik ke Sabang,” kata Sayid Fadhil. Melalui event SMF 2018 akan menjadi momentum untuk melakukan kompetisi free diving kelas dunia, karena Sabang merupakan destinasi diving kelas dunia memiliki lebih dari 22 diving site sebagai salah satu daya tarik.

“Sebagai marine tourism kelas dunia, Sabang memproyeksikan tahun ini dikunjungi sebanyak 61 kapal yacht, 9 kapal cruise, dan 6.210 divers, total sebanyak 29 ribu wisman, sedangkan tahun 2019 akan meningkat menjadi 76 kapal yacht, 10 kapal cruise, dan 10.736 divers total sebanyak 38.681 wisman,” kata Sayid Fadhil.

Event SMF 2018 akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan antara lain Kenduri Laot, Art and Performance, Yachts Parade, Fun Bike, City Tour Sabang dan Banda Aceh, serta Launching Sabang Yacht Club. (Gabriel Bobby)



About author



You might also like

Destinations

Film Elang Promosikan Kepulauan Seribu

Imelda Budiman (Ist) Kepulauan Seribu di DKI Jakarta semakin gencar melakukan promosi. Tak salah memang lantaran Kepulauan Seribu yang masuk wilayah DKI Jakarta ini termasuk dalam 10 destinasi unggulan yang dikembangkan

Tourism

Turis Tiongkok Semakin Banyak ke Indonesia

Pulau Dewata, Bali menjadi tujuan utama wisatawan mancanegara ke Indonesia (Ist) Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan bahwa wisatawan mancanegara (wisman) yang mengunjungi destinasi Wonderful Indonesia mencapai 1,14 juta wisatawan. Itu

SightSeeing

Putri Pariwisata Indonesia 2016 Promosikan Wakatobi

Lois Merry Tangel (Ist) Putri Pariwisata Indonesia 2016 Lois Merry Tangel serius mempromosikan Wakatobi yang termasuk dalam 10 destinasi wisata prioritas atau yang lebih dikenal sebagai 10 Bali baru. Hal

Tourism

Kondisi Kerusakan Laut Masih Bisa Diperbaiki

President/CEO PATA Indonesia Poernomo Siswoprasetijo (batik biru) hadir dalam MoU Signing Blue (Ist) Kawasan perairan Indonesia selama ini masih menjadi target utama para pelaku penangkapan ikan secara ilegal (illegal fishing). Kementerian Kelautan

Heritage

BRI Dukung ASIAN GAMES 2018

Logo ASIAN GAMES 2018 (Ist) Manajemen bank pelat merah, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) memastikan mendukung penuh penyelenggaraan ASIAB GAMES 2018 yang diadakan di Indonesia dan digelar di Jakarta dan

Destinations

Mengembangkan Potensi Wisata Bahari di Merauke

Pantai Wendu (youtube) Sudah sejak lama Merauke yang terletak di Bumi Cendrawasih dikenal orang hingga ke mancanegara dengan budaya milik Suku Asmat. Namun, ketika terjadi pemekaran di tanah Papua, Kabupaten