Sadaya UNIKOM Melestarikan Budaya Nusantara

unikom

Sebagai bagian anak bangsa, Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) ikut melestarikan budaya Indonesia yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing untuk berkunjung ke negeri ini.

“Di UNIKOM ada unit kegiatan mahasiswa yang berbasis seni dan budaya. Unit kegiatan tersebut adalah Unit Seni dan Budaya (Saung Budaya/SADAYA) UNIKOM yang dibentuk tanggal 25 Februari 2008,” tutur Rektor UNIKOM Eddy Soeryanto Soegoto ketika dihubungi patainanews.com, Kamis (13/8/2015).

Sebagaimana diketahui, UNIKOM adalah perguruan tinggi yang ada di Bandung, Jawa Barat berbasis pada information and communications technology (ICT).

Meski begitu kampus ini tetap peduli untuk ikut serta melestarikan budaya milik negeri ini. Eddy, begitu ia biasa disapa, menjelaskan, Sadaya UNIKOM ikut melestarikan budaya tradisional Indonesia, seperti angklung, arumba, tari-tarian daerah, rampak kendang, serta perkusi yang dikolaborasikan dengan seni modern.

Ia mengatakan bahwa Sadaya UNIKOM memotivasi anggotanya untuk dapat berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan seni, baik di tingkat local, regional, nasional, maupun internasional.

“Banyak hal yang sudah dilakukan oleh Sadaya UNIKOM dalam mengangkat budaya Indonesia, misalnya pengisi acara dalam Japan, Osaka Study Abroad & Job Fair 2013 yang diselenggarakan oleh Osaka Prefectural Government, Osaka Prefectural Internalization Strategy Executive Committee dan UPI Bandung bertempat di Balai Kartini Jakarta,” paparnya.

Setiap tahunnya, lanjutnya, mengadakan Pentas Seni dalam rangka memperingati HUT Sadaya UNIKOM. “Pentas Seni dengan tema Harmoni Budaya dilaksanakan pada April 2015 dengan dihadiri oleh Direktur Pembinaan Kesenian dan Perfilman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, bertempat di Teater Tertutup Balai Pengelolaan Taman Budaya Provinsi Jawa Barat.

Bahkan, menurutnya, Sadaya UNIKOM juga pernah ke luar negeri untuk ikut serta memperkenalkan budaya Indonesia sehingga bisa menarik minat wisatawan asing untuk berkunjung ke negeri ini.

“Sebagai contoh Sadaya Unikom menjadi Wakil Indonesia dalam Pentas Seni Lestari yang diselenggarakan oleh Fuchun Community Club di Singapura pada tahun 2011,” ucapnya. (Gabriel Bobby)

 

 

 

About author



You might also like

Airlines

Nikmatnya Mie Celor 26 Ilir Palembang

Mie Celor 26 Ilir Palembang (Ist) Kuliner khas Palembang, Sumatera Selatan ternyata beragam. Tak hanya sebatas pempek yang sudah begitu terkenal, namun masih ada yang lain, yakni Mie Celor 26

Airlines

Summer Rainbow Holiday di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai

PT Jasa Angkasa Semesta (JAS) memyambut Emirates yang menambah frekuensi penerbangan ke Bali (Ist)  It’s summer time! Musim panas merupakan momen paling sempurna untuk berlibur di pantai. Menghadirkan suasana liburan musim

Tour Package

Indonesia Serius Sambut GMT 2016

Press Conference GMT 2016 (Ist) Fenomena alam yang langka, gerhana matahari total (GMT) 2016 yang terjadi pada 9 Maret mendatang tidak hanya dapat dilihat di daratan, namun juga dari laut

Festival

Wisman Perancis ke Bali Meningkat 10,09 Persen

Wisatawan mancanegara di Indonesia (Ist) Strategi pemasaran dan promosi yang dijalankan ke negara-negara eropa sukses besar. Sebut saja wisatawan mancanegara dari Perancis yang jumlahnya terus meningkat. Data terbaru dari Visit

World Heritage

Pesona Jember Fashion Carnaval, Karnaval Indonesia Diakui Dunia

JFC (Ist) Jember Fashion Carnaval (JFC) terus memesona. Memasuki edisi ke-16 pada tahun ini, karnaval fesyen pertama di jalan raya itu kian meneguhkan posisinya sebagai karnaval terbaik di Tanah Air.

Destinations

Murni Wisata Indonesia Raih Apresiasi di MATTA Fair 2017

Penghargaan untuk Murni Wisata (Ist) Pariwisata Indonesia kini semakin dikenal di dunia. Prestasi membanggakan terus ditorehkan sektor pariwisata negeri ini, termasuk menerima penghargaan di negeri jiran, Malaysia. Murni Wisata, travel