Sadaya UNIKOM Melestarikan Budaya Nusantara

unikom

Sebagai bagian anak bangsa, Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) ikut melestarikan budaya Indonesia yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing untuk berkunjung ke negeri ini.

“Di UNIKOM ada unit kegiatan mahasiswa yang berbasis seni dan budaya. Unit kegiatan tersebut adalah Unit Seni dan Budaya (Saung Budaya/SADAYA) UNIKOM yang dibentuk tanggal 25 Februari 2008,” tutur Rektor UNIKOM Eddy Soeryanto Soegoto ketika dihubungi patainanews.com, Kamis (13/8/2015).

Sebagaimana diketahui, UNIKOM adalah perguruan tinggi yang ada di Bandung, Jawa Barat berbasis pada information and communications technology (ICT).

Meski begitu kampus ini tetap peduli untuk ikut serta melestarikan budaya milik negeri ini. Eddy, begitu ia biasa disapa, menjelaskan, Sadaya UNIKOM ikut melestarikan budaya tradisional Indonesia, seperti angklung, arumba, tari-tarian daerah, rampak kendang, serta perkusi yang dikolaborasikan dengan seni modern.

Ia mengatakan bahwa Sadaya UNIKOM memotivasi anggotanya untuk dapat berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan seni, baik di tingkat local, regional, nasional, maupun internasional.

“Banyak hal yang sudah dilakukan oleh Sadaya UNIKOM dalam mengangkat budaya Indonesia, misalnya pengisi acara dalam Japan, Osaka Study Abroad & Job Fair 2013 yang diselenggarakan oleh Osaka Prefectural Government, Osaka Prefectural Internalization Strategy Executive Committee dan UPI Bandung bertempat di Balai Kartini Jakarta,” paparnya.

Setiap tahunnya, lanjutnya, mengadakan Pentas Seni dalam rangka memperingati HUT Sadaya UNIKOM. “Pentas Seni dengan tema Harmoni Budaya dilaksanakan pada April 2015 dengan dihadiri oleh Direktur Pembinaan Kesenian dan Perfilman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, bertempat di Teater Tertutup Balai Pengelolaan Taman Budaya Provinsi Jawa Barat.

Bahkan, menurutnya, Sadaya UNIKOM juga pernah ke luar negeri untuk ikut serta memperkenalkan budaya Indonesia sehingga bisa menarik minat wisatawan asing untuk berkunjung ke negeri ini.

“Sebagai contoh Sadaya Unikom menjadi Wakil Indonesia dalam Pentas Seni Lestari yang diselenggarakan oleh Fuchun Community Club di Singapura pada tahun 2011,” ucapnya. (Gabriel Bobby)

 

 

 

About author



You might also like

Destinations

Salak Merah Khas Padang Sidempuan

Daging Salak berwarna merah khas Padang Sidempuan (Ist) Tak salah jika menyebut Padang Sidempuan sebagai Kota Salak lantaran tidak sedikit kebun salak di daerah di Sumatera Utara itu. Berkat komoditas

All About Indonesia

President University Bentuk Klub Protokol

Vice Rector III President University Agus H Canny (keempat dari kanan) (Ist) President University semakin menarik bagi mahasiswa lantaran kampus ini meresmikan berdirinya Klub Protokol tepat satu minggu setelah meresmikan

All About Indonesia

Teguh Santosa Imbau Trump Hentikan Tekanan AS ke Korea Utara

Teguh Santosa (Ist) Suasana positif ke arah perdamaian di Semenanjung Korea terganggu. Seperti sudah diduga sebelumnya, gangguan terutama datang dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Hal itu disampaikan Sekjen Perhimpunan

Culture

Whitesky Aviation Luncurkan Helicity untuk Indonesia

Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan CEO PT Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja (Ist) Menjawab kebutuhan perkembangan transportasi yang kian pesat, PT Whitesky Aviation meluncurkan Helicity (Helicopter

Slideshow

Vote Indonesia Jadi Surga Dunia

Raja Ampat di Indonesia (Ist) Patenkan Indonesia sebagai destivasi underwater terbaik di dunia! Karena faktanya memang bawah laut Indonesia diciptakan Tuhan untuk juara dunia. Kalau pun banyak media massa yang

Destinations

FKN 2018 Perkuat Komitmen Kabupaten Sumenep Sebagai Kota Pariwisata

FKN 2018 (Ist) Sebagai upaya dan membangun komitmen Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur untuk menjadikan pariwisata sebagai leading sector terus dikumandangkan. Salah satunya dengan menggelar berbagai event sebagai atraksinya. Abuya