Sail Sabang 2017 akan Tingkatkan Kunjungan Wisatawan ke Aceh

 

WhatsApp Image 2017-03-29 at 12.03.09

Press conference Sail Sabang 2017 (Ist)

Pemerintah tengah menyiapkan gelaran internasional Sail Sabang 2017. Event internasional bagi para yachter kali ini menyasar sektor pariwisata.

Ajang tahunan ini diharapkan berjalan lebih baik sehingga kementerian dan lembaga terkait pun lebih awal menyiapkannya. Dan, suapaya lebih fokus pada sektor pariwisata, Kemenpar akan menjadi ketua nasional seperti terungkap dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (29/3/2017).

“Rakor pertama yang menjadikan Sail di Sabang pada 2017 telah diputuskan September tahun lalu. Keputusan rakor hari ini mengenai, lokasi puncak, logo secara resmi, dan tema,” kata Safri Burhanuddin, Deputi IV Bidang Kordinasi SDM, Iptek, dan Kemenkomaritim.

“Sail Sabang kali ini harus lebih baik karena persiapannya lebih cepat dilakukan. Sail Sabang akan fokus ke pariwisata dengan ketua panitia nasional dari Kemenpar,” ujarnya. Sementara Dadang Rizki Ratman, Deputi bidang Pengembangan Destinasi dan Investasi Kemenpar mengatakan bahwa Sail Sabang akan dimulai dai akhir November hingga awal Desember.

Agendanya akan berlangsung seminggu dan akan menyasar pada pengembangan destinasi di Sabang. “Mulai dari sekarang bisa ditulis bahwa acara ini akan dimulai dari tanggal 28 November hingga 5 Desember dengan puncaknya di hari terakhir,” kata Dadang.

“Agendanya pra sail hingga ke pasca. Sail ini pengembangan destinasi Sabang. Jadi festival yang satu minggu lamanya ini akan seterusnya kita kembangkan sehingga orang tertarik ke sana,” urainya. Efek pelaksanaan Sail Sabang kata Dadang tidak hanya bagi pulau itu saja.

Namun akan membantu perkembangan pariwisata di Aceh secara umum. “Bukan hanya Sabang yang akan terekspose, tapi juga Banda Aceh dan sekitarnya. Maka kita undang pula secara khusus negara-negara yang telah membantu perbaikan Aceh pasca tsunami. Itu bagian acaranya,” jelas Dadang.

Demi kesuksesan Sail Sabang, pihaknya terus bergerak mempromosikan ke luar negeri. Selama ini yang pada tiap tahunnya Sabang hanya dikunjungi sekitar 12 ribu-an wsiatawan diharapkan akan melonjak pada gelaran ini. “Di sana ada wisata pantai, menyelam, dan yacht. Jadi target kita 3 kali lipat atau 30 ribuan. Promosi sudah digencarkan dengan menempelkan atraksi, serta akses, sudah kita perbaiki. Dari segi SDM, kami sudah kerja sama dengan Pemda Aceh untuk menyiapkan guide menyelam dan sebagainya,” sebutnya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Heritage

Kartini dalam Pariwisata Indonesia

RA Kartini (Ist) Sosok RA Kartini begitu melekat dalam masyarakat Indonesia. Dan, selama ini rakyat negeri ini mengenal Kartini yang identik dengan perempuan yang memelopori perjuangan emansipasi wanita di Nusantara.

Tourism

Danau Toba Miliki Toilet Berkelas Bintang Lima

Toilet Bersih Bintang Lima di sekitar kawasan wisata Danau Toba (Ist) Toilet di sekitar destinasi Danau Toba sudah mulai berubah wajah. Pengolahan waste–nya menggunakan biotank yang ramah lingkungan. Kompositnya ditata

Slideshow

PT Pelindo III Perhatikan Sesama

Ketua tim dr Urip Murtejo bersama tim dokter operasi Bintang memberikan penjelasan mengenai operasi tumor gusi yang diderita oleh Shinwan Bintang Wiratama (Ist) BUMN PT Pelabuhan Indonesia III bersama tim

Tourism

7 yang Menarik untuk Wisatawan Berkunjung ke Sumsel

Kopi Bubuk Empat Lawang, kuliner khas Sumsel Menikmati Air Terjun Batu Betiang (Ist) Kapal tradisional berlayar di Sungai Musi  Kebetulan esok sudah masuk akhir pekan. Tak salah jika wisatawan berkunjung

Travel Operator

PHRI NTB Dukung Sumbawa Barat Kembangkan Pariwisata

Ketua PHRI NTB LA Hadi Faishal (kiri) berbincang bersama Bupati Sumbawa Barat W Musyafirin dan anggota DPR dapil NTB Kurtubi disela sela acara musrenbang provinsi NTB. Bupati  Kabupaten Sumbawa Barat W

Slideshow

Investor Timteng Minati KEK Tanjung Lesung

  Sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang terus berkembang pesat, Tanjung Lesung, Banten kian menarik di mata para investor. Salah satu investor yang belum lama ini berminat untuk berinvestasi di