Sail to Natuna Promosikan Natuna Sebagai Kawasan Wisata Geopark Nasional

Destinasi wisata di Pulau Semua (Ist)

Rally layar internasional Sail to Natuna yang digelar pada 10 hingga 15 Juni 2019 menjadi ajang untuk mempromosikan Natuna dan sekitarnya sebagai kawasan wisata Geopark Nasional.

Sebanyak 32 yachter (peserta) mancanegara yang ambil bagian dalam Sail to Natuna 2019 diajak untuk menikmati keindahan beberapa destinasi yang dikunjungi antara lain Batu Sindu, Pulau Senua, Masjid Agung Natuna, dan Alif Stone Park.

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati di Jakarta, Rabu (12/6/2019) mengatakan, luas kawasan yang dimiliki Natuna memang memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai Geopark Nasional.

Letaknya terbentang dari bagian selatan hingga ke utara, dan menutupi hampir separuh sisi timur Pulau Bunguran. Batuan granit di dalamnya menjadi daya tarik utama dari situs Geopark Natuna ini.

Yacht peserta Sail to Natuna (Ist)

“Konon, usia batuan granit tersebut sudah mencapai ratusan juta tahun. Sangat menarik untuk diteliti, setidaknya ada 8 geoside yang masuk dalam Geopark Natuna yaitu Pulau Akar, Batu Asah, Gunung Ranai, Pantai Gua, Kamak, Pulau Senua, Pulau Stanau, Senubing, dan Tanjung Datuk. Ini potensi wisata yang luar biasa,” katanya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Natuna Hardiansyah menambahkan, sertifikat penetapan atas status tersebut telah diterbitkan oleh Komite Nasional Geopark Indonesia di Pongkor, Kabupaten Bogor, Jawa Barat akhir November 2018 lalu.

Ia berharap, masuknya Natuna dalam jajaran Geopark Nasional menjadi nilai tambah bagi pariwisata lokal di wilayah itu dan sekitarnya.

Wisatawan menikmati traveling di Alif Stone (Ist)

“Ini menjadi kebanggaan kita bersama, umumnya masyarakat Kepulauan Riau. Karenanya, kita harus menyatukan persepsi agar status Geopark Nasional meningkat menjadi Geopark Dunia. Kita juga perlu melibatkan masyarakat, agar status ini berimbas pada peningkatan kesejahteraan warga,” katanya.

Kawasan Geopark Nasional ini semakin memantapkan posisi Kepulauan Riau sebagai salah satu destinasi wisata. Keberadaannya dapat menimbulkan efek domino positif yang dirasakan langsung oleh masyarakat. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Tour Package

Fesyen, Magnet Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

 Persiapan IMFW 2017 (Ist) Indonesia Modest Fashion Designer (IMFD) didukung Kementerian Pariwisata (Kemenpar) akan menyelenggarakan pameran dan fashion show dalam gelaran Indonesia Modest Fashion Week (IMFW) 2017 di Jakarta Convention

Nature

Promosi Pariwisata Indonesia itu Penting

Founder dan Chairman Jababeka Group SD Darmono (kanan) Promosi menjadi kata kunci untuk memperkenalkan Indonesia, termasuk destinasi wisata yang tersebar di Nusantara sehingga bisa menarik minat wisatawan mancanegara semakin banyak

SightSeeing

Festival Danau Sentani masih Murni

Suasana press conference FDS 2017 (Ist) Festival Danau Sentani selama ini banyak diminati wisatawan mancanegara, seperti turis dari Australia, dan Belanda. Demikian penjelasan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jayapura Chris

Festival

Batik, Pemersatu Rakyat Indonesia jadi Kebanggaan Masyarakat Dunia

Batik Lindy Ann (Ist) Batik memang tak bisa dibantah kini semakin digemari masyarakat dunia. Namun, batik juga disebut sebagai alat pemersatu rakyat Indonesia. “Batik menurut saya adalah pemersatu semua lapisan

Culture

Imelda Budiman Terkesan Pool Lumire Hotel

Imelda Budiman (Ist) Mrs Indonesia World Imelda Budiman menilai pool di Lumire Hotel & Convention Center Jakarta menarik sebab terlihat bernuansa Bali. Ia mengaku terkesan dengan Lumire Hotel. Imelda menyampaikan

Hotel

Erupsi Gunung Agung, Wisatawan Masih Bisa Traveling ke Destinasi Wisata Indonesia

Rainier H Daulay (Ist) Erupsi Gunung Agung yang ada di Bali tak perlu membuat industri pariwisata Indonesia panik sebab wisatawan, khususnya turis asing masih tetap bisa datang ke Indonesia untuk