Salahgunakan Bebas Visa, Turis tak Kebal Hukum

kumham dan kemenpar

Penandatanganan MoU antara Kemenpar dengan Kemenkumham di Ruang Rapat Menteri Pariwisata Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta (19/7/2016) (Ist)

Kebijakan bebas visa untuk wisatawan 169 negara masuk ke Indonesia mendapat kritikan soal kekhawatiran disalahgunakan untuk bekerja.

Pemerintah menyebutkan ada ancaman hukum yang menanti. Menkum HAM Yasona H Laoly mengatakan turis yang mau berlibur akan mendapatkan bebas visa.

Sedangkan orang asing yang mau bekerja, diberikan visa yang berbeda, yaitu visa kerja. “Kita sudah punya aturan tentang hal itu dan melihat setiap izin visa yang masuk. Kalau yang resmi izin kerja, akan mendapat visa kerja,” kata Yasonna dalam penandatanganan MoU Pemanfaatan Data Keimigrasian Dalam Rangka Akselerasi Pembangunan Kepariwisataaan dan Perjanjian Kerjasama Tentang Dukungan Data Keimigrasian Dalam Akselerasi Pembangunan Kepariwisataan di Gedung Sapta Pesona, Kemenpar, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (19/7/2016).

Ketika terjadi turis menyalahgunakan bebas visa wisata dengan menjadi tenaga kerja ilegal, Yasona pun menjawab, “pihaknya sudah membentuk timpora (tim pengawasan orang asing) di setiap provinsi hingga kecamatan” Timnya bertugas untuk menerima aduan masyarakat jika ada tenaga kerja asing ilegal”.

“Misal di Banten yang kasus tahun lalu ada laporannya. Kita cek mereka dapat izin kerja atau tidak. Di beberapa tempat ada orang yang dikhawatirkan menjadi pekerja ilegal bahkan berdagang, tapi angkanya dibilang besar-besaran. Itu adalah disinformasi yang sangat dilebih-lebihkan,” urainya.

Yasona menjelaskan, setiap informasi yang diadukan masyarakat terkait pekerja tenaga asing ilegal akan dipelajari dan diinvestigasi oleh Timpora.

“Orang asing yang over stay dan visanya habis lalu bekerja, akan kita tindak sesuai undang-undang. Yang pasti dengan pembebasan visa, kita sama-sama membangun pariwisata Indonesia,” ujarnya. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

Culture

Turis Perancis Suka Surfing Ombak Bono

Kepala Dinas Pariwisata Riau Fahmizal Usman Turis dari Perancis rupanya juga suka surfing Ombak Bono di Sungai Kampar, Riau. Bahkan, turis dari Perancis menjadi orang yang pertama surfing di Bono

Tourism

Aneka Ragam Budaya, Daya Tarik Turis Asing ke Indonesia

Welcome Dinner Putri Pariwisata Indonesia 2016 (Ist) Keanekaragaman budaya negeri ini menjadi daya tarik paling besar bagi turis asing untuk berkunjung ke Indonesia. Demikian penjelasan Esthy Reko Astuti, Deputi Bidang

Slideshow

Tingkatkan Infrastruktur, Turis Asing Datang

Falentina Cotton (tengah) (Ist) Pemerintah dinilai perlu meningkatkan kualitas infrastruktur yang menunjang pariwisata Indonesia sehingga wisatawan asing, termasuk turis dari Tiongkok akan semakin tertarik datang ke negeri ini untuk berlibur.

World Heritage

Sambut ASIAN GAMES 2018, JAS Siapkan Bus Apron Lower Deck

Adji Gunawan, Direktur Utama JAS Airport Services tengah memberikan sambutan peluncuran 5 armada bus apron lowe deck di Bandara Soekarno-Hatta Penyelenggaraan ASIAN GAMES 2018 sudah di depan mata. Karenanya JAS

Heritage

Sering Traveling Jadi Punya Bisnis Ransel Anak yang Masuk Malaysia

Ayu Hermanu (kiri) (Ist) Bermula dari suka traveling bersama keluarga keliling berbagai destinasi wisata di Indonesia menimbulkan ide bisnis. Sosok satu ini jeli melihat peluang bisnis yang ada sehingga dirinya

All About Indonesia

Menteri ESDM Cek Kesiapan Terminal LNG Pelindo III

Menteri ESDM Sudirman Said meninjau kesiapan operasional Terminal LNG di Pelabuhan Benoa Bali (Ist) Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said meninjau kesiapan operasional Terminal LNG (liquefied natural gas) di