Sambut ASIAN GAMES 2018, PATA Indonesia akan Ikut Promosikan Palembang

asian games 2018 palembang

Logo ASIAN GAMES 2018 (Ist)

DKI Jakarta dan Palembang di Sumatera Selatan dipercaya menjadi tuan rumah bersama penyelenggaraan ASIAN GAMES 2018. Event olah raga yang melibatkan negara-negara di kawasan Asia ini diperkirakan akan menyedot perhatian internasional sebab akan ada 45 negara yang akan mengikuti kegiatan olah raga prestisius untuk negara-negara di wilayah Asia.

Menariknya ASIAN GAMES 2018 dimanfaatkan Indonesia tak hanya sekadar untuk mengikuti sepak terjang atlet negara masing-masing, namun bisa membuat wisatawan mancanegara juga tertarik berkunjung ke destinasi wisata di Jakarta dan Palembang.

Karenanya PATA Indonesia Chapter akan ikut serta supaya penyelenggaraan ASIAN GAMES 2018, termasuk Palembang. Poernomo Siswoprasetijo, President/CEO PATA Indonesia Chapter menuturkan kepada patainanews.com di kantornya, Rabu (7/6/2017), PATA Indonesia akan ikut membantu mempromosikan Palembang agar semakin banyak wisatawan mancanegara yang akan datang ke Palembang.

Seperti diketahui, Palembang identik dengan Sungai Musi. Bahkan, Sungai Musi juga menjadi andalan Sumatera Selatan menjadi daya tarik wisatawn Nusantara dan wisatawan mancanegara untuk datang ke Palembang dan jalan-jalan di destinasi wisata lainnya di Sumatera Selatan.

Selama ini wisata kuliner yang terkenal khas Palembang, yakni pempek. Di Palembang ada Jakabaring, kawasan olah raga yang tergolong komplet. Berdasarkan catatan patainanews.com, Sumatera Selatan sebagai model nasional untuk sport tourism di negeri ini. Adapun Menteri Pariwisata Arief Yahya memilih Sumatera Selatan (Sumsel) sebagai role model destinasi sport tourism di Indonesia.

Arief Yahya sepakat menjadikan Sungai Musi sebagai ikon sport tourism. Bahkan, ia juga mengusulkan Musi Triboatton menjadi model sport tourism di Indonesia. “Saya tidak akan salah memilih Sumatera Selatan sebagai contoh,” ungkapnya kepada pers di Jakarta, Kamis (7/4/2016). Hal ini diungkapkan langsung Menteri Pariwisata Arief Yahya saat memberi sambutan dalam acara peluncuran ajang International Musi Triboatton 2016.

AY, sapaan akrab Menteri Pariwisata mengungkapkan perlu pembedaan khusus untuk lebih menjual Sumsel kepada wisatawan, terutama wisatawan mancanegara. “Kalau untuk Sumsel, kita sepakat Sungai Musi yang jadi ikonnya. Secara atraksi sudah bagus, kuliner bagus, budaya bagus. Nah kalau wisata man made, termasuk di dalamnya ada sport tourism, inilah yang jadi keunggulan Sumsel. Saya sering diskusi, bagaimana kalau Sumsel dikembangkan jadi model nasional untuk sport tourism,” ungkapnya.

Model nasional ini, menurutnya, yaitu seperti daerah percontohan atau role model, dimana Sumsel nantinya akan dikenal sebagai kota penyelenggara ajang-ajang wisata olahraga yang levelnya mendunia, seperti contohnya Asian Games hingga Moto GP.

Palembang juga dikenal selama ini dengan wisata kuliner khas, yakni pempek. Tak hanya itu, Palembang juga kuat dengan budaya dan kearifan lokal sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan berkunjung ke Palembang. (Gabriel Bobby)





About author



You might also like

Tourism

Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta, Fasilitas Baru yang Belum Sempurna

Ilustrasi Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Ist) Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten memang sudah resmi beroperasi sejak 9 Agustus 2016 setelah mengalami penundaan pada 20

Travel Operator
Tourism

Lombok, Wakil Indonesia dalam World Halal Travel Awards 2015

Wisatawan di Lombok (Ist) Indonesia memang diakui sebagai destinasi yang penuh pesona oleh wisatawan asing. Dan, Lombok yang ada di Nusa Tenggara Barat menjadi wakil negeri ini dalam ajang World

Tour Package

Wisata Halal di Indonesia Bukan Sekadar Branding

Turis asing menyatu dengan warga setempat di Gili Trawangan, Lombok (Ist) Indonesia selama ini dikenal sebagai negara dengan penduduk mayoritas Muslim sehingga harus bisa menjadi pelopor produk halal internasional karena

Hotel

Caffeinesia Campaign, Nikmatnya Kopi Nusantara

Caffeinesia Campaign (Ist) Orang Indonesia selama ini dikenal memiliki kebiasaan minum kopi yang sudah menjadi budaya yang turun temurun. Dan, budaya ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat negeri

SightSeeing

Jaga Ciri Khas yang Beda, Industri Pariwisata Nasional Maju

Kompleks Candi Prambanan (Ist) Sebenarnya budaya bagi masyarakat itu bukan soal suka atau tidak suka tapi menjadi bagian yang menyatu dalam hidup individu maupun masyarakat. Jadi, kalau industri pariwisata Indonesia