Sambut ASIAN GAMES 2018, PATA Indonesia akan Ikut Promosikan Palembang

asian games 2018 palembang

Logo ASIAN GAMES 2018 (Ist)

DKI Jakarta dan Palembang di Sumatera Selatan dipercaya menjadi tuan rumah bersama penyelenggaraan ASIAN GAMES 2018. Event olah raga yang melibatkan negara-negara di kawasan Asia ini diperkirakan akan menyedot perhatian internasional sebab akan ada 45 negara yang akan mengikuti kegiatan olah raga prestisius untuk negara-negara di wilayah Asia.

Menariknya ASIAN GAMES 2018 dimanfaatkan Indonesia tak hanya sekadar untuk mengikuti sepak terjang atlet negara masing-masing, namun bisa membuat wisatawan mancanegara juga tertarik berkunjung ke destinasi wisata di Jakarta dan Palembang.

Karenanya PATA Indonesia Chapter akan ikut serta supaya penyelenggaraan ASIAN GAMES 2018, termasuk Palembang. Poernomo Siswoprasetijo, President/CEO PATA Indonesia Chapter menuturkan kepada patainanews.com di kantornya, Rabu (7/6/2017), PATA Indonesia akan ikut membantu mempromosikan Palembang agar semakin banyak wisatawan mancanegara yang akan datang ke Palembang.

Seperti diketahui, Palembang identik dengan Sungai Musi. Bahkan, Sungai Musi juga menjadi andalan Sumatera Selatan menjadi daya tarik wisatawn Nusantara dan wisatawan mancanegara untuk datang ke Palembang dan jalan-jalan di destinasi wisata lainnya di Sumatera Selatan.

Selama ini wisata kuliner yang terkenal khas Palembang, yakni pempek. Di Palembang ada Jakabaring, kawasan olah raga yang tergolong komplet. Berdasarkan catatan patainanews.com, Sumatera Selatan sebagai model nasional untuk sport tourism di negeri ini. Adapun Menteri Pariwisata Arief Yahya memilih Sumatera Selatan (Sumsel) sebagai role model destinasi sport tourism di Indonesia.

Arief Yahya sepakat menjadikan Sungai Musi sebagai ikon sport tourism. Bahkan, ia juga mengusulkan Musi Triboatton menjadi model sport tourism di Indonesia. “Saya tidak akan salah memilih Sumatera Selatan sebagai contoh,” ungkapnya kepada pers di Jakarta, Kamis (7/4/2016). Hal ini diungkapkan langsung Menteri Pariwisata Arief Yahya saat memberi sambutan dalam acara peluncuran ajang International Musi Triboatton 2016.

AY, sapaan akrab Menteri Pariwisata mengungkapkan perlu pembedaan khusus untuk lebih menjual Sumsel kepada wisatawan, terutama wisatawan mancanegara. “Kalau untuk Sumsel, kita sepakat Sungai Musi yang jadi ikonnya. Secara atraksi sudah bagus, kuliner bagus, budaya bagus. Nah kalau wisata man made, termasuk di dalamnya ada sport tourism, inilah yang jadi keunggulan Sumsel. Saya sering diskusi, bagaimana kalau Sumsel dikembangkan jadi model nasional untuk sport tourism,” ungkapnya.

Model nasional ini, menurutnya, yaitu seperti daerah percontohan atau role model, dimana Sumsel nantinya akan dikenal sebagai kota penyelenggara ajang-ajang wisata olahraga yang levelnya mendunia, seperti contohnya Asian Games hingga Moto GP.

Palembang juga dikenal selama ini dengan wisata kuliner khas, yakni pempek. Tak hanya itu, Palembang juga kuat dengan budaya dan kearifan lokal sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan berkunjung ke Palembang. (Gabriel Bobby)

About author



You might also like

World Heritage

‘Melalui KRIJA Indonesia, Turis Malaysia akan Jalan-Jalan ke Nusantara’

KRIJA Indonesia, boneka yang menggunakan pakaian adat khas Nusantara (Ist) Enny Kwan, pemilik Red Cherry Clay & Art Workshop menyatakan bahwa melalui KRIJA Indonesia, tak menutup kemungkinan turis asal negeri jiran,

Culture

Borobudur International Festival 2017 Sedot Perhatian Dunia

Launching BIF 2017 (Ist) Gaung Borobudur International Festival (BIF) 2017 dari Balairung Soesilo Sudarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta semakin mendunia. Tiga negara bakal ikut tampil di Magelang, Jawa Tengah pada

Hotel

Selepas Paskah, Jumlah Penumpang Pelabuhan Maumere Melonjak

Suasana penumpang di Pelabuhan Maumere (Ist) Puncak arus balik usai perayaan Hari Raya Paskah terjadi di Pelabuhan L Say, Maumere, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (29/3/2016).  Umat Katolik asal Nusa Tenggara

Culture

Wisman Tiongkok Paling Banyak ke Indonesia

Data wisman ke Indonesia (Ist) Berbagai upaya Menteri Pariwisata Arief Yahya berpromosi melalui skema DOT, matching antara destinasi, originasi dan timeline mulai terasa. Strategi marketing dengan pola BAS, branding, advertising,

World Heritage

Soppeng Gencar Promosi Pariwisata

Buku LembahWalennae  Soppeng yang ada di Sulawesi Selatan kini tengah gencar mempromosikan pariwisata untuk menarik minat kunjungan wisatawan Nusantara maupun turis asing. Karenanya dalam Archaeological Partnership Expose (APEX) Soppeng 2016

Cuisine

Menanti GMT 2016 di Palembang

Jadwal acara GMT 2016 di Palembang (Ist) Rabu, 9 Maret 2016, akan menjadi hari yang istimewa bagi Indonesia lantaran fenomena alam langka yang terjadi sekali dalam 350 tahun, gerhana mathari