Sambut Obama, Kemenpar Siap Promosi Pariwisata di Times Square

obama

Barack Obama (Ist)

Setelah Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud berkunjung ke Indonesia kini giliran mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama yang dijadwalkan datang ke Indonesia. Dari paparan Menteri Pariwisata Arief Yahya,  Barack Obama akan menyampaikan pidato kunci dalam Kongres Diaspora Indonesia ke-4 pada 1 Juli 2017 di Mall Kasablanka, Jakarta.

“Beberapa waktu lalu itu disampaikan secara Informal oleh pak Dino Patti Djalal. Saya ikut diminta bergabung jika Barack Obama berkunjung ke Indonesia. Tentu kita akan memanfaatkan Barack Obama sebagai
endorser gratis walaupun saat ini beliau sudah tidak lagi menjadi kepala negara,” kata Menpar Arief Yahya, Rabu (21/6/2016).

Segala hal yang terkait penyambutan akan disiapkan dengan sebaik-baiknya. Nuansanya sama dengan momen penyambutan Raja Salman di Jakarta dan Bali beberapa waktu lalu. “Barack Obama akan bernostalgia. Beliau juga akan menikmati makanan kesukaannya dan mengunjungi obyek-obyek wisata selama berada di Indonesia,” ucapnya dalam siaran pers yang diterima patainanews.com, Jumat (23/6/2017).

Meski akan berlibur ke Indonesia, menteri asal Banyuwngi mengaku tidak bisa men-drive kemana destinasi yang bakal dituju Presiden ke 44 Amerika Serikat itu. Yang bisa dilakukan, hanya mengikuti dan menyiapkan seperti kedatangan Raja Salman ke Bali. “Kalau feeling saya, pasti ke tempat yang dia suka. Sudah pasti ke Jakarta, Menteng. Hampir pasti begitu. Beliau kan pernah sekolah di SDN 1 Menteng, Jakarta Pusat. Kulinernya kemungkinan besar yang selalu diucap, yaitu nasi goreng, bakso, sate,” ucapnya.

Lantas bagaimana persiapan dari Kemenpar untuk menyambut kedatangan Barack Obama? Menpar Arief Yahya punya jurusnya. Marketeer of The Year 2013 versi MarkPlus itu mengaku siap promosi besar-besaran di Times Square, New York.

Jurusnya mirip-mirip seperti promosi besar-besaran di Al-Jazeera saat Raja Salman ke Indonesia. “Saat Raja Salman ke Indonesia harusnya anggaran setahun, tapi setengah tahun saya anggarkan saar 11 hari beliau ke sini. Itu lebih efektif karena ada momentum yang pas. Rumus yang sama bisa diterapkan saat Obama ke sini. Wonderful Indonesia akan promosi wisata di Times Square,” ucap menteri asal Banyuwangi itu.

Kebetulan, bukan ini saja Wonderful Indonesia membungkus Times Square New York. Sebelumnya, Kementerian Pariwisata tercatat pernah mempromosikan pariwisata Indonesia dengan memasang media luar ruang berupa billboard bergambarkan laut serta pulau-pulau di Raja Ampat pada Oktober 2016. Ada ikon-ikon pariwisata Indonesia lainnya yang terpasang seperti Pantai G-Land, Banyuwangi, Gebogan di Bali (perempuan membawa gebogan khas Bali) dan hewan komodo. Tempatnya pun sangat strategis. Setiap tahun ada sekitar 24 juta wisatawan mancanegara berkunjung ke sana. “Jadi kami pasang di sana, bukan hanya attract 300.000 turis Amerika, tapi ada seluruh orang dunia itu berkumpul di sana,” kata Menpar Arief Yahya.

Obama akan Sampaikan Pidato Kunci

Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Hussein Obama dijadwalkan akan berkunjung ke Indonesia akhir Juni 2017. Informasi yang diperoleh patainaneews.com dari Ayi Putri Tjakrawedana, seorang penulis wanita Indonesia belum lama ini, kehadiran Obama ke Indonesia berkaitan dengan Kongres Diaspora ke-4 yang akan diselenggarakan di Kota Kasablanka pada 1 Juli mendatang. “Obama selama ini adalah sahabat sejati Indonesia. Beliau adalah inspirasi bagi masyrakat Indonesia dan sekitar delapan juta orang Indonesia di luar negeri yang terhitung sebagai diaspora,” papar Dino Patti Djalal, ketua Board of Trustee Indonesian Diaspora Network Global (IDNG) dalam jumpa pers di Jakarta, Senin, 12 Juni 2017 lalu.

Adapun kongres akan berlangsung selama empat hari mulai 1 hingga 4 Juli 2017. “Kongres ini akan dihadiri masyarakat Indonesia dari seluruh penjuru dunia untuk membahas berbagai isu ekonomi dan sosio budaya dengan tujuan meningkatkan kehidupan masyarakat Indonesia di Tanah Air maupun luar negeri,” demikian kutipan siaran pada awak media massa yang diberikan oleh Meta Sukma selaku koordinator konferensi pers.

Obama, Endorser Gratis untuk Pariwisata Indonesia

Sebelumnya Menteri Pariwisata Arief Yahya menyampaikan bahwa Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama akan bernostalgia saat berkunjung ke Indonesia. Tak hanya itu, Obama disebut-sakan menikmati makanan kesukaannya dan mengunjungi obyek-obyek wisata selama berada di Indonesia.

“Kalau feeling saya, pasti ke tempat yang dia suka. Sudah pasti ke Jakarta, Menteng. Hampir pasti begitu (wisata sejarah). Makanan kesukaan Obama itu nasi goreng, sate, bakso,” kata Arief Yahya seusai buka puasa bersama Forum Wartawan Pariwisata di Jakarta, Selasa (20/6/2017).

Arief menjelaskan, tokoh dunia sekelas Obama bisa menjadi endorser gratis untuk promosi pariwisata Indonesia di seluruh dunia. Ia menyebut Obama juga dikabarkan akan berkunjung ke Candi Borobudur. Namun, Arief belum mengetahui secara detail jadwal liburan Obama selama di Indonesia. Belum tahu (ke mana saja berlibur). Tapi beberapa waktu lalu Pak Dino Pati Djalal menawarkan untuk bergabung menyambut Pak Obama,” katanya.

“Yang beliau (Obama) suka, kami ikutin (kemauannya),” tambahnya.  Adapun tempat yang bersejarah bagi Obama adalah SDN 1 Menteng, Jakarta Pusat. Obama sendiri pernah bersekolah di sana selama hampir dua tahun ketika ia tinggal di Jakarta.

Adapun Barack Obama dijadwalkan datang ke Indonesia lantaran diundang Presiden Jokowi untuk berlibur. Sejumlah agenda bakal dilakukan Barack Obama seperti makan malam di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat; menyampaikan pidato kunci dalam Kongres Diaspora Indonesia ke-4 pada 1 Juli 2017 di Mal Kasablanka,  Jakarta.

Obama juga akan bertemu dengan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X. Jadwal tersebut masih terus dikonfirmasi lebih lanjut oleh Dinas Komunikasi dan Informatika DIY. (Gabriel Bobby)

 

About author



You might also like

Culture

Peran Penting Promosi dalam Pariwisata Maumere

Patung Bunda Maria Segala Bangsa di Maumere menjadi daya tarik wisatawan (Ist) Promosi menjadi kata kunci untuk pariwisata Maumere. Setelah sempat diterjang tsunami pada 1992 silam.  Destinasi wisata Maumere di

Travel Operator

Ke Cirebon, Menginap di Hotel Neo Samadikun Terbaik TripAdvisor

Gifta Oktavia Rappe (Ist) Cirebon di Jawa Barat ternyata tak kalah menarik dengan destinasi lainnya di Indonesia. Bagi wisatawan yang ingin jalan-jalan ke Cirebon tak perlu menunggu lama ketika musim

Tour Package

Sumsel Menuju Destinasi Sport Tourism

Seorang anak kecil yang merupakan warga Tanjung Raya, Empat Lawang tampak antusias melihat persiapan peserta menjelang pembukaan Etape I International Musi Triboatton 2016 Pemerintah provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mampu menjawab

Slideshow

PATA Gandeng Equator Learning Luncurkan Alat Belajar Online untuk Travel Agent

Logo PATA (Ist) PATA telah bekerja sama dengan Equator Learning meluncurkan alat pembelajaran online untuk travel agent. Platform bernama Asia & Pacific Expert bertujuan memberikan agen mengenai informasi penting tentang

World Heritage

Menteri Pariwisata akan Meresmikan TIC

Menteri Pariwisata Arief Yahya (kiri) (Ist) Menteri Pariwisata Aroef Yahya memastikan akan meresmikan Tourist Information Center (TIC) di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Hal tersebut disampaikan Arief Yahya kepada wartawan dalam

Hotel

Pempek Tince, Pempek Presiden

Pempek Tince (Ist) Kuliner khas asal Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), pempek sepertinya digemari berbagai kalangan. Bahkan, Presiden RI pun menyukai pempek. Dan, yang terkenal adalah Pempek Tince. Plt Kepala Dinas Kebudayaan